Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

Project Mata Kuliah Bertaraf Internasional (Flip XXI)

Univeristas Bengkulu, Senin (7/6) merupakan puncak kegiatan Fun Learning Project 2021 (FLIP XXI) yang dilaksanakan oleh Mahasiswa semester 6 Pendidikan Bahasa Inggris UNIB secara online. Kegiatan ini merupakan proyek dari mata kuliah ELT Project semester 6 Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris UNIB yang diampuh oleh dosen Dra. Hilda Puspita, M.A. Acara yang telah dipersiapkan sejak bulan Februari ini mengusung tema Innovation in learning English to Accelerate Language Skills and Competencies dan dengan tagline "fly high with English". Dua kegiatan utama dalam kegiatan ini yaitu Virtual International Seminar dan Tiktok Competition.


Pukul 08.00 WIB acara dimulai oleh MC, Suri Aisyah dan dihadiri oleh peserta, panitia, dosen, dan juga pemateri. Ketua Panitia, Edrick Allen, menyampaikan terima kasih kepada seluruh partisipan untuk setiap cabang kegiatan yang telah berpartisipasi dan turut ambil bagian dalam kegiatan ini. Acara ini dibuka secara resmi oleh Koordinator Prodi S1 Pendidikan Bahasa Inggris UNIB, Ildi Kurniawan, M.Pd. dalam kata sambutannya. Acara pembukaan FLIP XXI ditutup dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh panitia dengan harapan semoga acara dapat berjalan dengan lancar hingga akhir. Pukul 08.30-09.00 WIB dilakukan penayangan video dokumenter UNIB untuk memperkenalkan tentang Universitas Bengkulu kepada peserta yang berasal dari berbagai provinsi di Indonesia dan juga peserta yang berasal dari luar negeri. 

     Pukul 09.00 WIB, kegiatan Virtual International Seminar on Innovation in English Teaching and Learning (SIETL) 2021 dimulai oleh moderator, Chelsea Larasati Yanwar. Tema yang dipilih dalam kegiatan seminar internasional ini yaitu, "Innovation in English Teaching and Learning Models and Media to Accelerate Language Skills and Competency". Turut hadir pula wakil rektor Universitas Bengkulu bapak Eric Syahrial yang memberikan opening speech dalam kegiatan ini. Dua orang pemateri dihadirkan dalam kegiatan Virtual International Seminar ini, yaitu George Ricketts, M.A., M.Ed. dan Alheru Akbar, S.Pd. Mr. George Ricketts merupakan warga negara Amerika Serikat yang saat ini menjadi dosen Bahasa Inggris di lima negara (Filipina, Indonesia, Iran, Jepang, dan China). Tidak hanya itu, beliau juga fasih berbahasa Indonesia dan bahasa Jawa. Sementara, Alheru Akbar merupakan alumni mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris UNIB yang saat ini sedang menempuh pendidikan di University of Leeds, Inggris.

      Kegiatan seminar ini tidak hanya berupa seminar biasa namun juga diiringi kegiatan Call for Paper, di mana peserta dapat mengirimkan artikel hasil penelitian mereka untuk dapat dipublikasikan dalam Proceeding SIETL 2021.

Seminar ini berlangsung selama lebih dari dua jam dan dihadiri oleh kurang lebih 120 peserta yang bergabung melalui Zoom Meeting. Para peserta merupakan siswa, mahasiswa, guru, dosen, serta masyarakat umum yang berasal dari berbagai instansi di Indonesia dan Luar Negeri. Pukul 11.00 WIB, kegiatan Virtual International Seminar telah selesai dilaksanakan.

Pukul 13.30 WIB kegiatan FLIP XXI kembali dilanjutkan dengan pengumuman pemenang lomba tiktok competition melalui siaran langsung (live) di Instagram @flip.xxi. Lomba yang diikuti oleh 20 peserta ini dilaksanakan sepenuhnya secara online dan telah dimulai sejak sebulan yang lalu. Pemenang lomba ini terbagi menjadi 5, yaitu juara 1, 2, 3, juara favorit dengan like terbanyak, dan juara video paling kreatif. Juara 1, 2, dan 3 mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan, sertifikat, serta voucher kursus bahasa Inggris selama 1 tahun di Colorado Course senilai 1,8 juta. Sementara juara favorit mendapatkan uang pembinaan dan sertifikat dari panitia pelaksana kegiatan. Seluruh peserta juga mendapatkan sertifikat kegiatan. Berikut pemenang Tik Tok Competition : 

Juara  1 : Moch Jaenaro (@zn_azk)

Juara 2 : Sheren Dara (@wizzledackerman)
Juara 3 : Rica Andopa (@ricaandopa)
The Most Favorite : Muhammad Agustiyan (@_tiyan04)

The Most  Creative : Neva Kurnia (@hahahahadid)


Sekitar pukul 14.00 WIB, acara live ig pengumuman pemenang lomba tiktok competition telah selesai. Dengan berakhirnya pengumuman pemenang lomba tiktok competition ini, maka berakhir pula rangkaian kegiatan Fun Learning Project 2021 ini.

Posting Komentar

8 Komentar