Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

Siap-siap !! 17 Mei, Pendaftaran SMMPTN Barat 2021 di Buka

 


Penerimaan mahasiswa baru pada jalur SMMPTN Barat akan di buka mulai 17 Mei hingga 21 Juni 2021. Tujuh belas PTN  tergabung dalam penyelenggaraan SMM PTN-BARAT 2021 ini. Salah satunya adalah Universitas Bengkulu. Sebanyak 1.302 kuota disediakan oleh Universitas Bengkulu pada jalur Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat Indonesia atau SMM PTN Barat Tahun 2021. Total 44 program studi dapat di pilih pada jalur ini di Universitas Bengkulu, yang terbagi menjadi 27 Program studi dalam Rumpun SAINTEK, sedangkan 17 prodi lainnya pada Rumpun Soshum. Beberapa hal yang perlu kamu siapkan menjelang pendaftaran SMMPTN Barat 2021 adalah : 

1. Daya Tampung Prodi  Universitas Bengkulu


Pada Rumpun SAINTEK, program studi Teknik Sipil dan Teknologi Industri Pertanian memiliki daya tampung terbesar dengan masing-masing sebanyak 36 kuota. Sedangkan program studi S1 Farmasi sebagai prodi dengan daya tampung paling sedikit yaitu sebanyak 9 Kuota.
 
Untuk Rumpun SOSHUM program studi ilmu Hukum  menempati urutan pertama daya tampung tertinggi dengan kuota sebnayak 135, disusul oleh S1 Akuntasi dengan 60 kuota. Sedangkan Prodi Kesejahteraan Sosial serta Perpustakaan dan sains Informasi menempati kuota paling sedikit dengan masing-masing sebanyak 21 kuota. Sobat ilook, kalian bisa gunakan ini sebagai salah satu strategi dalam memilih prodi agar peluang lulus nya lebih tinggi. 
 
2. Jadwal Pelaksanaan SMMPTN Barat 2021
 

Pendaftaran Peserta SMM PTN-BARAT pada tanggal 17 Mei - 21 Juni 2021, pukul 16.00 WIB .

Jadwal pelaksanaan UTBK SMM PTN-BARAT yaitu pada tanggal 28 Juni - 7 Juli 2021.

Pengumuman kelulusan pada tanggal 14 Juli 2021 mulai pukul 16:00 WIB.

 

3. Sistem Seleksi dan Kelompok Ujian

SMM PTN-BARAT 2021 merupakan seleksi calon mahasiswa baru jalur mandiri yang penyelenggaraannya dilakukan secara bersama antar perguruan tinggi negeri yang tergabung dalam BKS-PTN Indonesia Wilayah Barat. Penyelenggaraan seleksinya berdasar hasil ujian tulis berbasis komputer (UTBK) yang dilakukan secara bersama dibawah koordinasi panitia SMM PTN-BARAT.

Jenis ujian pada pelaksanaan SMM PTN-BARAT 2021 dibagi menjadi 2 (dua) sebagai berikut:
  1. Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek) dengan materi ujian TPS dan TKA Saintek (Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi).
  2. Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum) dengan materi ujian TPS dan TKA Soshum (Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi).

3. Syarat Pendaftaran 

·  Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C, harus memiliki ijazah.

·  Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2021, telah memiliki Surat Keterangan Lulus yang memuat sekurang-kurangnya informasi jati diri, pas foto yang bersangkutan, serta dibubuhi cap yang sah.

·  Peserta seleksi dalam kondisi kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu proses pembelajaran pada program studinya.

·  Ijazah adalah 3 tahun terakhir 2019, 2020, dan 2021

4. Prosedur Pendaftaran

  1. Pendaftaran SMM PTN-BARAT 2021 dilakukan secara online. Tata cara pendaftaran dapat dilihat di laman smmptnbarat.id
  2. Pengisian borang (formulir) pendaftaran ujian tulis dan portofolio dilakukan melalui website https://pendaftaran.smmptnbarat.id/ dengan cara memasukan seluruh data yang diperlukan secara benar.
  3. Pendaftaran dimulai sejak tanggal 17 Mei s.d. 21 Juni 2021, pukul 16:00 WIB, kemudian bagi para peserta ujian SMM PTN-Barat 2021 yang telah melakukan pembayaran biaya pendaftaran paling lambat pada tanggal 21 Juni 2021, pukul 16.00 WIB namun belum menuntaskan pengisian formulir pendaftaran secara online, diberi kesempatan untuk menyelesaikannya dan melakukan simpan permanen paling lambat tanggal 22 Juni 2021, pukul 14.00 WIB dan batas akhir cetak kartu peserta pada tanggal 22 Juni 2021, pukul 14.00 WIB.

Pada saat melakukan pendaftaran secara online, bagi peserta yang mengikuti SBMPTN 2021, diminta memasukkan nomor tes SBMPTN 2021 pada kolom yang disediakan.

Lain-lain

Biaya registrasi dan seleksi sebesar Rp 350.000,-

Peserta dapat memilih sebanyak-banyaknya 2 (dua) pilihan program studi pada satu PTN atau lebih. PTN pilihan pertama TIDAK HARUS menjadi lokasi mengikuti ujian tulis. Pada masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, lokasi ujian dipilih pada lokasi terdekat tempat domisili peserta saat ini

Peserta seleksi lulus pendidikan menengah, lulus SMM PTN-BARAT 2021, sehat, dan memenuhi persyaratan lain yang ditetapkan oleh masing-masing PTN penerima, termasuk besaran nilai UKT dan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) atau Biaya Pengembangan Institusi (BPI) yang besarnya dapat dilihat pada website perguruan tinggi masing-masing


Posting Komentar

0 Komentar