Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

TOP 5 JURUSAN PALING DIMINATI DI UNIVERSITAS BENGKULU


Halo sobat Ilook! Ada yang kangen sama artikel menarik di Ilook tidak? Pastinya dong ya, karena Ilook kembali hadir untuk menyuguhkan artikel buat semua sobat Ilook. Yeay!! Sebelumnya segenap Crew Ilook mengucapkan “Selamat Tahun Baru” semoga di tahun baru ini, kita diberikan energi baru, punya pola pikir baru, semangat baru, dan bikin gebrakan serta perubahan baru. Pokoknya tahun 2020 harus jadi lebih baik lagi dari tahun-tahun sebelumnya ya, tinggalkan yang buruknya bawa kembali sikap baik untuk bekal masa depan kelak. 

Ups! Kepanjangan deh mukadimmahnya, oke langsung saja nih. Kali ini Ilook akan memberikan artikel menarik buat para pembaca. Hmm, tahun 2020 artinya kita bakalan dapat adik baru lagi deh, yaitu angkatan 2020. Sudah siap belum punya adik yang unyu-unyu? Hehe. Mengingat tak lama lagi sudah banyak dibuka penerimaan mahasiswa baru, pasti pada penasarankan? Termasuk sama artikel yang satu ini. Ilook sudah merangkum Top 5 jurusan paling diminati di UNIB, mau tahu apa sajakah itu? Hmm, jurusan kalian termasuk ke dalamnya tidak ya?

1.Kedokteran
Tahun 2019, jurusan Kedokteran menempati posisi pertama dibandingkan jurusan lainnya. Jumlah peminat yang tercatat sebanyak 2.124 orang lho! Wah, banyak banget ya yang mau jadi dokter-keren deh. Tapi sayangnya, dari 2000 an itu hanya diterima sekitar puluhan saja, hmm buat adik-adik yang kemarin belum diterima jangan berkecil hati ya-kalian bisa berusaha lagi di tahun ini kok, semoga berhasil. Nah, kalau ngomongin jurusan Kedokteran nih, pasti banyak banget yang penasaran 

“memangnya kedokteran ngapain aja sih?”
“ah, kalau cuma suntik-suntik gue juga jago”
“dokter mah duitnya harus banyak”

Eits! Pada mikir begituan ya? Tunggu dulu, anak-anak Kedokteran punya alasan tersendiri untuk penjelasan dari rasa penasaran banyak orang tentang jurusan mereka. 

Faktanya, enggak semua yang berduit bisa kuliah di Jurusan Kedokteran, kita memang sudah diberikan rezeki masing-masing oleh Yang Maha Kuasa, dengan itu pula kita berhak memilih apa yang ingin kita capai dan apa yang ingin kita raih untuk masa depan kita. Kalau punya uang lebih, artinya itu bonus—Kita sudah seharusnya kan mensyukuri apa yang kita miliki dan dapatkan? Kuliah di Jurusan Kedokteran terbilang normal-normal saja, apalagi sekarang sudah pakai sistem penggolongan UKT. Tidak semua membayarkan uang kuliah setara dengan yang lain. Selain itu juga, ada banyak beasiswa yang bisa diambil oleh peminat untuk membantu perekonomian keluarga serta pembayaran uang kuliah, bisa untuk biaya sehari-hari atau keperluan kuliah di Kedokteran. Jadi, semua punya kesempatan yang sama untuk mengenyam ilmu di dunia Kedokteran. 

Faktanya, kuliah di Kedokteran itu lama, sistem belajar yang dipakai anak Kedokteran tentunya berbeda dengan fakultas yang lain. Mereka akan menghabiskan materi per-blok atau per-bagian dalam mingguannya, mereka juga tidak hanya mempelajari banyak teori tapi diiringi dengan praktik. Sebagai dokter yang hebat nantinya, mereka tidak hanya belajar di gedung kuliah saja. Banyak waktu tersita, bahkan sampai tidak tidur jika memang sudah masa-masa penugasan, praktik, ujian, pretest dan hal lainnya di dunia Kedokteran. Normalnya, gelar sarjana kedokteran bisa dicapai selama 4 tahun. Setelahnya akan menjalani masa coass di rumah sakit (mempraktikkan apa yang selama ini sudah di pelajari) selama 1,5 hingga 2 tahun. Tak hanya sampai disitu, lulus dari coass setelah disumpah dan bergelar dokter ada juga yang mewajibkan untuk menjalani masa Internship atau biasanya sama seperti KKN tapi 1 tahunan. Kalau dikalkulasikan sekitar 6 tahunan juga ya, belum lagi kalau ingin melanjutkan ambil spesialis, waduhh—

“enggak apa-apa, mas rela nungguin adek selesai ambil spesialis”—“uhuk!”

Faktanya, menjadi anak Kedokteran itu seru banget! Pandangan banyak orang mengenai anak Kedokteran itu, tak jauh dari kata susah, ribet, lama, pasti banyak waktu yang terbuang hanya untuk membahas masalah kedokteran. Tapi, selama enjoy menjalaninya semuanya seru banget! Anak Kedokteran harus hapal yang namanya semua nama latin dan anatomi tubuh. Bagian-bagian yang biasanya cuma kita lihat lewat mata saja, anak Kedokteran bisa lihat sampai ke bagian paling dalam. Hanya anak Kedokteran yang akan belajar bersama mayat, tahan kantuk 24 jam untuk memberikan pertolongan pada orang yang sakit, tetap happy biarpun sering ketinggalan jam makan siang, dan tetap tersenyum walaupun rasanya kepala ingin meledak.

“jangankan diperiksa, lewat senyumnya dokter aja sakit kepalaku jadi hilang lho”
“dok, bisa gak sembuhin sakit hatiku ini?”
“dok, aku enggak mau minta resep obat. Boleh ga kalau minta nomor dokter aja?”

Sumber: korea.iyaa.com

Itu dia beberapa fakta yang perlu diketahui dari seorang mahasiswa Kedokteran, buat kalian yang masih bertahan dengan sibuknya kuliah di Kedokteran tetap semangat ya! Buat yang belum keterima di jurusan Kedokteran, jangan lelah untuk terus berusaha.

2.Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kalau ngomongin pendidikan, pasti sudah banyak yang tahu dong. Kita tidak bisa lepas dari dunia pendidikan, wajib belajar 9 tahun, punya bonus waktu serta kesempatan untuk meneruskan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. PGSD ini menempati posisi kedua yang paling diminati di UNIB. Dengan jumlah peminat 2047 orang, membuat fakultas pendidikan memang terkenal paling padat nih mahasiswanya. Mau tahu gimana serunya jadi mahasiswa PGSD, simak yuk :

Faktanya, mahasiswa PGSD selalu berpenampilan rapi, setelah lulus nanti mahasiswa pendidikan ini akan mengemban tugas sebagai seorang guru. Memang sih, tidak seluruhnya namun lebih banyak untuk meneruskan rute dalam dunia pendidikan. Sebagai mahasiswa pendidikan, tentu harus berpenampilan rapi, semua yang dikenakan sebagai bawahan adalah pakaian bahan dasar tidak boleh jeans, untuk calon guru laki-laki rambutnya tidak boleh gondrong, serta belajar pakai sepatu heels kantoran atau sepatu pantofel.

Sumber: universitas pendidikan.com

Faktanya menjadi mahasiswa PGSD itu mendapat pahala lebih lho! Sebagai calon guru, tentunya mereka mempersiapkan diri untuk menjadi pribadi sebaik mungkin. Ilmu yang telah didapatkan semasa kuliah akan diaplikasikan kepada seluruh murid. Hal itu yang membuat mahasiswa PGSD banjir pahala, berbagi ilmu dan mengajarkannya kepada yang lain menjadi poin tambahan bagi calon guru. Selain itu juga sebagai calon guru, harus menjadi pribadi yang lebih sabar, bijaksana, dan sikap perhatian lho! Nantinya, para guru ini akan bersahabat dengan murid makanya untuk menghadapi masa-masa itu diperlukan persiapan yang matang. 

“bu guru tahu ga apa yang paling susah buat dipelajari di kelas ini?”
“apa?”
“belajar untuk melupakan manisnya senyum bu guru, hehe”
“etdah bocah! Belajar dari siapa lu”—sabar bu guru

Faktanya, mahasiswa PGSD adalah penghuni rutin perpustakaan, menjadi seorang guru tak hanya berhenti membahas 1 mata pelajaran saja, mereka harus memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas. Mahasiswa PGSD itu juga mempelajari bahan materi lainnya, tidak hanya pelajaran umum layaknya matematika atau bahasa Indonesia. Tetapi seperti kewarganegaraan, seni budaya, sejarah, dan materi lain yang juga harus dipahami oleh mahasiswa pendidikan. Tidak heran jika mereka rutin mengunjungi perpus untuk belajar dan membaca banyak buku sebagai bekal pengetahuan. Hayo, masih minat kan buat jadi mahasiswa PGSD?


3.Hukum
Jurusan Hukum berada di posisi ketiga paling diminati di UNIB, dengan jumlah peminat sebanyak 1673. Wah, pasti pada mau jadi Hakim, Pengacara, atau Jaksa di masa depan nih! Selain banyak peminat, jurusan Hukum banyak buka penerimaan juga lho, tidak heran jika nanti dalam 1 angkatan mahasiswanya bejibun. Bahkan tak jarang diantara mahasiswanya yang tidak mengenal satu sama lain karena memang banyak sekali mahasiswanya. Jadi, jangan bilang anak Hukum itu sombong ya guys! Anak Hukum tidak sedikit dari penjurusan IPA ataupun Bahasa, mereka lebih dituntut mengerti dan memahami daripada harus menghafal. Eits! Kalian jangan asal terka dulu ya, mahasiswa Hukum tidak hanya tentang materi opini atau fakta, tidak hanya tentang tuntut dan menghukum, tapi mereka juga belajar hitung-hitungan lho! Misalnya saja, di matakuliah Hukum Pidana yang ada materi tentang menghitung masa hukuman, denda, dan yang lainnya. Hmm, pernah denger yang satu ini kan? Anak Hukum identik banget sama paras yang cantik dan ganteng. Ini bukan karena pemaksaan yang cantik dan ganteng harus masuk jurusan Hukum sih, itu semua hanya bonus- YA GAK? 

Fakta lainnya, anak Hukum itu wajib punya KUHP, KUHP Perdata dan kitab undang-undang lainnya. Yah, harus wajib. Masa mau ngehukum orang tapi enggak ngerti tentang hukum—kan gawat tuh! Kalau lihat anak Hukum pasti berwibawa banget ya, apalagi waktu pakai jubah saat praktek sidang wih kelihatan banget deh kerennya. Mereka juga punya sikap tegas dan juga harus patuh pada setiap peraturan. Keputusan tidak boleh goyah dan harus mengikuti fakta terpercaya. Anak hukum itu sudah jelas ANTI HOAX! Hati-hati lho, nanti pada di hukum sama mereka hehe.

“jangan hukum aku yang sudah lama mengagumi mu ya kak”
“kak, aku rela disidang asal kakak yang jadi hakimnya”

Sumber: idntimes.com

4. Manajemen
Salah satu jurusan dari Fakultas Ekonomi ini menduduki posisi keempat paling diminati di UNIB, sebanyak 1.467 peminat yang ingin menjadi bagian dari Jurusan Manajemen. Hmm, anak Manajemen itu memangnya ngapain aja sih di kampus? Kebanyakan anak Manajemen itu pintar memanage, mulai dari waktu, kegiatan, dan juga duit. Pintarnya memanage atau mengatur menjadi kepuasan sendiri untuk kita, karena nantinya semua rencana dan kegiatan yang ingin dilakukan sudah tersusun teratur. Rata-rata mahasiswa Ekonomi berasal dari penjurusan IPS, tapi enggak sedikit juga dari IPA yang ingin mencoba dunia baru di jenjang perkuliahan. Kerjaannya anak Ekonomi memang enggak jauh-jauh dari hitungan dan juga tentang rumus. 

Faktanya lagi, anak Manajemen itu pintar berdebat. Semuanya di debatin biar nanti dapat solusi yang bener. Mereka enggak mau asal dapat jawaban untuk keputusan, pokoknya harus bener-bener sah dan bulat deh. Jadi, jangan main-main sama anak Manajemen, soal debat pasti diladenin. Berita mengenai anak Manajemen menjadi yang paling hits di kampus itu memang di benarkan oleh sebagian orang, bahkan pandangan dari jurusan lain sudah mengakuinya. Kenapa sih? Memang harus jadi anak Manajemen dulu baru bisa jadi anak hits? Anak Manajemen itu, rata-rata sudah tersugesti untuk berpenampilan baik dan juga harus show up di publik jadi tak heran jika penampilan harus menjadi poin utama dalam dirinya. Selain itu juga, karena memang sudah masuk dalam circle pergaulan yang hits, lebih kurangnya mereka akan tergabung disana. Mereka juga tidak lupa update tentang trend kekinian lho!

Faktanya juga, sebagai bagian dari anak Ekonomi Bisnis mahasiswa Manajemen ini mampu menciptakan lapangan pekerjaan, ilmu yang didapatkannya di perkuliahan bukan hanya sebagai bekal untuk mencari pekerjaan namun dijadikan dasar untuk membuka lapangan kerja. Alasan lainnya, karena mereka pintar menangkap peluang dan membaca situasi.

“irit mulu lo! Cuma bayar somay”
“biasa, Ekonomi”

Sumber: instagram.com/humanfebunib

5. Ilmu Komunikasi 
Nah top 5 yang terakhir ada Jurusan Ilmu Komunikasi dengan peminat 1.297, satu-satunya jurusan yang paling banyak diminati di Fakultas ISIP. Wah kalau jurusan yang satu ini bisa digambarkan hanya dengan satu kata deh—“KECE” kalian mau bergabung dengan anak-anak Ilkom lainnya? Buruan, biar ketularan kecenya. Hehe. 

Anak Komunikasi itu punya banyak ide kreatif dan inovatif, materi kuliahnya tidak hanya seputar iklan, film, jurnalis, public relations, TV atau media baru saja lho. Mereka juga belajar tentang sejarah sosial bahkan hingga ke politik Indonesia, bayangin aja betapa luasnya lingkup dari Ilmu Komunikasi. Makanya, Ilkom tidak hanya tentang bagaimana cara berkomunikasi, tetapi bagaimana juga cara mengimplementasikannya di lapangan nanti, menjalankan etika media dan juga berkomunikasi. Tak hanya itu anak Komunikasi juga berkesempatan untuk mewujudkan impiannya, bisa jadi news anchor, videographer, bekerja di media tv terkenal, jurnalis, sutradara, atau bahkan bisa jadi aktor lho!

Selain anak komunikasi jago dibidang jurnalistik, mereka juga ada peminatan Humas dan Politik loh. Peminatan Humas ini paling banyak yang minat karena peluang kerjanya cukup banyak.  Begitu juga untuk peminatan Politik, nah peminatan ini yang jago tentang analisis-analisis politik maupun strategi politik atau bisa di bilang belajar menjadi pakar politik. Hehehe disini mimin lebih banyakin porsi peminatan jurnalistik ya sobat ilook.

Fakta lainnya, anak Komunikasi itu adalah orang-orang yang terbuka, mereka bebas berekspresi, mereka punya gaya sendiri untuk mengungkapkan perasaan atau bagaimana berinteraksi dengan banyak orang, mereka terkenal dengan keramahannya, dan juga selalu update soal fenomena masa kini. Anak Komunikasi itu tergolong santuy sih, tapi serius. Bisa kocak pas lagi nongkrong, tapi serius pas lagi kerja. –asiap

Hmm, jadi anak Komunikasi itu harus tahan terhadap komentar absurd netizen lho! Tidak sedikit dari karya apapun yang dibuat oleh anak Komunikasi mendapati respon dari para netizen di luar sana, Mau bagus atau enggak, yang namanya netizen sudah pasti ngotot omongan itu harus bener! –dasar netizen. Tapi dengan cara itu, membuat anak Komunikasi jadi paham tentang segala fenomena yang terjadi disekitarnya, mereka juga menganggap netizen sebagai sahabat yang bisa membantu mereka untuk mengasah skill jadi lebih baik lagi. 

Heh! Udah lihat gimana ribetnya anak Komunikasi ketika turun ke lapangan? Bawain tripot, kamera, kadang butuh lighting juga, harus punya talent yang punya bakat memukau, kalau enggak punya talent khusus terpaksa jadiin diri sendiri sebagai talent, pakai jaket, topi, belum lagi kalau di lokasinya ramai atau tiba-tiba hujan. Kebayang kan repotnya? Tapi selama anak Komunikasi bisa enjoy, mereka tetap senang biarpun diterpa banyak cobaan dan ujian. Salut deh sama anak Komunikasi, jangan lelah untuk terus berkarya ya semangat!

“cut! Lu kurang greget marahnya, coba deh lebih marah lagi”
“cut!! Air mata lu kurang banyak tuh, coba tolong dibantu talentnya”
“cut!!! Lebih mesra dong, biar keliatan natural”
“LU AJA DEH YANG DISINI, GUE YANG MEGANG TOA TERUS TERIAK CUT”

Sumber: bengkuluexpress.com

Gimana nih sobat Ilook? Apa ada jurusanmu dari top 5 di atas? Hmm, mau itu top 5, 6, 7, 8, sampai 10 semua jurusan di UNIB itu bagus dan menarik kok. Sekarang apapun jurusannya yang penting kita semua semangat kuliah dan berusaha lulus dengan nilai memuaskan yaaa. (Akf)

Posting Komentar

1 Komentar