Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

Empat Trik jitu Presentasi, Biar Lancar Dosenpun Tersenyum Lebar

Hi sobat ilook, gimana kabarnya? Semoga sehat selalu dan tetap patuhi protokol kesehatan ya. Dunia perkuliahan sangat identik dengan presentasi, walaupun sekarang presentasinya melalui online. Tetap harus memberikan yang terbaik ya sobat.


Adakah sobat ilook disini yang saat melakukan presentasi grogi? Dag-dig-dug ser, udah kayak ketemu doi aja ya hehe terkadang materi yang sudah dihafal, jadi hilang karena grogi. Supaya tidak grogi lagi, yuk baca empat trik jitu yang bisa sobat ilook lakukan agar saat presentasi tidak grogi dan berjalan lancar. Empat trik jitu tersebut , yaitu :

1. Kuasai materi

sumber gambar : www.educenter.id

Sebelum melakukan presentasi, satu hal wajib yang harus dilakukan adalah memahami atau menguasai materi. Kita tidak perlu menghapal semua materi yang akan dipresentasikan karena ketika grogi, materi tersebut akan hilang. Tetapi ketika kita menguasai konsep dari suatu materi, maka apapun yang jadi pertanyaan audiens nantinya, kita sudah mempunyai konsep untuk menjawab pertanyaan tersebut. Jadi, kalau mau presentasi jangan sistem SKS (sistem kebut semalam) ya

 
2. Mencatat makna kosakata yang ambigu


Seringkali dalam membuat makalah kita menemukan kata-kata yang ambigu, yang jarang terdengar ditelinga. Contohnya, terintegrasi dan terinternalisasi. Kata-kata seperti ini akan menjadi pertanyaan audiens nantinya, sehingga kita perlu mencari maknanya terlebih dahulu supaya ketika ada pertanyaan menyangkut kosakata tersebut kita  sudah paham. Ketika kita paham, maka kita tidak gelagapan atau grogi dalam melakukan presentasi.


3. Gunakan pakaian paling nyaman.
 

sumber gambar : lifestyle.okezone.com

Saat mempresentaskan suatu materi, tentunya kita akan menjadi pusat perhatian, sehingga perlu bagi kita memperhatikan penampilan, entah itu sepatu, baju, gaya rambut ataupun jilbab. Ketika kita memakai pakaian yang nyaman dan sopan, akan menambah rasa percaya diri dalam mielakukan presentasi. Tidak harus bagus, yang penting rapi, sopan dan nyaman serta bersih, agar tidak mengusik mata audiens dalam memperhatikan materi yang dipresentasikan. Bayangkan jika kita memakai baju yang tidak rapi, atau kita sendiri tidak nyaman. Pasti akan mengganggu konsentrasi dalam mempresentasikan materi.


4. Berdoa

Kata pepatah orang yang berusaha tanpa berdoa adalah orang sombong. Berdoa adalah hal penting yang harus dilakukan sebelum melakukan kegiatan apapun, tak terkecuali presentasi.
Jadi, berdoalah ketika ingin melakukan sesuatu hal agar nantinya dapat dipermudah dan diperlancar segala kegiatan.

Nah sobat ilook, silahkan coba ya empat trik jitu ini. Supaya presentasi kalian lancar dan dosen kasih senyum lebar, semoga bermanfaat (S.A.P. & F.D.D)

Posting Komentar

8 Komentar

  1. Semangat kaka, bermanfaat sekalii

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama kakak, jan lupa berkunjung lagi ya 🤞

      Hapus
  2. Terima kasih tips nya, sangat membantu kami para mahasiswa yang sedang sibuk2 nya dengan presentasi hehe😊

    BalasHapus
  3. Good luck,, poin kedua meski kata ilmiah sssuaikan degan kata" mudah di pahami audien agar jalan diskusi lebih hidup dan menarik,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih masukannya kak, jan lupa berkujung kembali ya 😁

      Hapus
  4. Terimakasih kakak atas tips ya ,semangat kuliah online untuk kita semua 😊

    BalasHapus