Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

Sudah Berapa Lama Berstatus Mahasiswa?


(jangan lupakan 7 sosok ini, mereka yang menemani masa kuliahmu)

Halo sobat Ilook! Bagaimana kabarmu hari ini, masih tetap menjalani protocol pencegahan covid19 kan? Semoga selalu sehat ya, agar nanti setelah pandemic selesai kita punya energi dan semangat baru untuk beraktivitas normal kembali. Ilook website juga masih semangat lho menyuguhkan artikel baru untuk kalian semua, jadi pantengin terus ya.

sumber : unib.ac.id

Jangka waktu masa perkuliahan normalnya 4 tahun, karena sudah berhasil menyelesaikan 8 semester seperti yang dianjurkan dalam buku panduan akademik perkuliahan. Bagi yang bisa menyelesaikan masa perkuliahan di waktu 3,5 atau 3,8 tahun bisa dikatakan golongan expert sih. Namun ada juga sebutan mahasiswa legend untuk yang menamatkan masa studinya lebih dari 4 tahun.
Tenang saja, kita semua sudah memiliki targetnya masing-masing. Setiap orang berhak untuk menentukan garis finishnya, jadi tidak perlu membandingkannya dengan orang lain. Mau seberapa cepat atau lama kah menamatkan masa studi, ada baiknya jangan lupakan beberapa orang ini ya. Siapa saja sih?
1.Ibu Kosan
            Ingat tidak sebelum memulai masa perkuliahan, kamu sibuk memilah bangunan sederhana yang biasa disewakan untuk para anak kos. Banyak dari mahasiswa yang merantau ke kota lain dan membutuhkan tempat tinggal selama beberapa tahun ke depan. Satu-satunya yang harus kamu temui adalah juragan kosan atau sering waktu berjalan kamu sering menyebutnya selaku baginda ratu kosan.
sumber : idntimes.com

            Ibu kos sudah berbaik hati mengizinkanmu untuk menempati kamar kos yang disewakannya. Kadang juga sering berbagi makanan ke semua anak-anak kosannya, belum lagi memberikan waktu tambahan untuk membayar bulanan kos. Tidak semua ibu kos itu hobinya ngomel-ngomel lho! Hayo, kamu akur kan sama ibu kos nya?

2.Tukang Photocopy
            Anak kuliahan tanpa tugas rasanya kurang afdol ya. Hari-hari mantengin laptop ataupun jari-jari yang sudah pegal karena laporan menumpuk. Selain Ibu kosan, ada lagi nih yang jasanya tidak boleh dilupain. Para karyawan di photocopy-an dengan senang hati lho membantu untuk merampungkan pekerjaanmu. Bahkan ada photocopy-an yang buka 24 jam full demi melayani para mahasiswa yang sibuk mengurusi tugas-tugasnya.

sumber : kepalaberpijar.blogspot.com

            Tak bisa dipungkiri, walaupun zaman sudah canggih tapi jasa mereka tetap dibutuhkan kan? Biarpun memang mahasiswanya sering ngomel karena diserobot antrian sama mahasiswa lain. Tenang teman-teman, kalem, yang punya urusan bukan hanya kamu lho! Kalau mau ketemu sama abang/mbak-mbak di photocopy-an harap bersabar ya.

3.Bude/Pak De Pemilik Warteg
            Kalau masalah perut biasanya sensitive nih, sensitive lambungnya kalau telat makan. Warteg menjadi tempat makan favorit para mahasiswa dari berbagai golongan kantong. Anak konglomerat sekalipun, tidak mau menyia-nyiakan kesempatan untuk bisa mencicipi rasanya makan di warteg bersama para mahasiswa low budget, hehe. Bahkan ada yang sudah ditawari dengan berbagai macam menu makanan jawabannya pasti selalu “mau makan di warteg aja, perutku udah klop sama makanan disana. Jadi enggak perlu repot untuk beradaptasi sama menu-menu baru. Apalagi yang mahal-mahal, takutnya gumoh”
sumber : finance.detik.com

            Nih, kenapa jangan ngelupain para pemilik warteg? Karena mereka sudah memenuhi kebutuhan panganmu. Apalagi sering dikasih diskon atau malah diizinkan untuk ngebon dulu. Asalkan pelanggan setianya masih bisa makan, dan bisa merampungkan tugas-tugas kuliahnya. Lihat, betapa baiknya para pemilik warteg ini.

4.Tukang Kopi dan Gorengan
            Kalau tadi katanya anak kuliahan tanpa tugas kurang afdol, ternyata ada yang lebih merasa kekurangan kalau belum ngopi dan makan gorengan. Bukan hanya saat mengerjakan tugas atau skripsi, tapi kopi dan gorengan biasanya dibutuhkan ketika kegiatan, event, ataupun rapat-rapat yang dilaksanakan pada malam hari. “kalau belum ngopi rasanya seret banget tenggorokan. Apalagi kalau belum nyomotin gorengan, kayak isi perut ada aja yang kurang” Kegiatan tanpa dua menu tersebut rasanya yang disuguhin di atas meja memang kurang ramai.

sumber : metube.id

5. Teman Sepermainan
            Katakanlah kamu memiliki jurusan yang berbeda dengan teman akrab atau dekatmu. Dari segi mata kuliah, tugas, ataupun laporan juga tentunya berbeda, tapi ingat mereka adalah salah satu support system yang hebat lho! Mereka memang tidak dapat membantumu secara fisik dalam pengerjaan segala tugas dan kewajiban di jurusanmu, tapi mereka bisa membantumu untuk mentrasferkan energi dan semangat, berbagi pundak untuk berkeluh kesah, bahkan membantumu dalam masalah finansial. Sejauh apapun kamu berpergian nanti, jangan lupa untuk kembali dan berterima kasih pada orang-orang yang kamu anggap berjasa dalam kehidupanmu.

sumber : carikos.com

6. Para Dosen, Terkhusus Dosen yang Pro Mahasiswa
            Wah memang ada yang bisa melupakan para dosen di kampus, padahal merekalah sosok yang sudah meluangkan waktu untuk berbagi ilmu dan pengalaman pada mahasiswanya. Bahkan tanpa dimintapun mereka dengan senang hati mengajarkan dan membimbing para mahasiswa tanpa imbalan apapun. Apalagi dosen yang pro mahasiswa, yang dengan leluasa bergabung dengan mahasiswa dari berbagai macam tingkah laku. Dosen yang turut bersemangat dengan segala ide, pendapat, dan tindakan yang dilakukan oleh mahasiswanya (dalam kegiatan positif).

 sumber : liputan6.com

7. Orang Tua
            Sosok ini yang benar-benar tidak mungkin dilupakan sepanjang hidupmu. Tak hanya menemani masa perkuliahanmu, mereka akan selalu berada di sampingmu dalam keadaan dan situasi apapun. Mereka yang tak kenal lelah demi membuatmu bahagia, bahkan hingga dirimu suksespun mereka tetap jadi orang pertama yang kamu butuhkan.

sumber : kesatu.co

            Doa orang tua adalah yang terbaik dan paling mujarab, keberhasilan yang telah kamu raih tak hanya berasal dari kerja kerasmu, mereka diam-diam turut menyumbangkan doa demi kesuksesanmu. Ucapkanlah ribuan terima kasih para kedua orang tuamu, mereka tak pernah mengharap balasan asalkan semua bisa bahagia dan selalu sehat, cukup itu yang menjadi kebahagiaan utamanya.
Gimana nih, ada yang bisa ngelupain sosok dari mereka? Susah ya, karena semuanya adalah bagian dari perjalanan hidupmu.




Posting Komentar

1 Komentar

  1. temen aku ngambil gorengan 25 bayarnya 15k. sampe diplototin ibu gorengan cuek aja dia. padahal udah keringet dingin

    BalasHapus