Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

TIPS LULUS KEDOKTERAN UNIB JALUR SNMPTN

Sumber: mizanpublishing.com

Hallo sobat ilook, gimana kabarnya? Semoga dalam keadaan baik ya. Gimana udah mulai bosan #dirumah aja?

Pas aktif kuliah doanya minta libur terus, tapi pas libur panjang malah pengen kuliah, Hayo siapa nih yang begini?

Ternyata libur panjang juga membosankan ya, iya kalo kamu tidak mengisi kekosongan dengan kegiatan yang bermanfaat. Selama belajar di rumah, kita bisa isi dengan berbagai aktivias menarik dan bermanfaat, nah salah satunya adalah pantengin website ilook unib, ada banyak informasi yang bermanfaat buat sobat ilook.

Diterima di PTN favorit tertentu merupakan impian hampir setiap siswa siswi lulusan SMA, SMK dan sekolah sederajat lannya bukan? Nah ternyata untuk dapat di terima di PTN tertentu ada perjuangan dan proses yang cukup panjang yang harus dilalui, kita harus mengikuti beberapa tes ataupun jalur seleksi yang sudah di selenggarakan oleh panitia. 

Ada 3 jalur seleksi yang bisa kita ikuti untuk bisa di terima di PTN favorit tertentu tiga jalur itu adalah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Seleksi Mandiri.

SNMPTN adalah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang menggunakan sistem undangan, dimana usaha yang bisa kamu lakukan hanya melakukan pengisian PDSS, verifikasi sampai dengan pendaftaran, sedangkan seleksi hanya menunggu pemeringkatan dari panitia. 

Menurut info SNMPTN 2020, SNMPTN ini diibaratkan sebagai sebuah permainan kartu, maka kartu yang jadi “modal” kamu adalah nilai raport kamu selama ini dan yang kedua adalah indeks sekolah kamu masing-masing. Oleh karena itu tentunya kamu memerlukan strategi khusus untuk menganalisa seberapa bagus nilai untuk bisa masuk ke jurusan yang diharapkan. 

Perlu diketahui bahwa nilai yang dibutuhkan untuk lolos SNMPTN ini adalah nilai dari semester awal hingga semester lima. Itu artinya jika kamu merasa sudah bersungguh-sungguh maka peluang untuk bisa lulus SNMPTN terbuka lebar.

Di kesempatan kali ini kita akan menghadirkan Informasi khusus  untuk jalur SNMPTN nih, sesuai judul nya sobat ilook akan disuguhkan tips bagaimana lulus SNMPTN Fakultas Kedokteran UNIB.

Sumber: Redaksi Ilook

Nah tips kali ini datang dari Imes Yekti Syahrani mahasiswa baru unib yang lulus jalur SNMPTN 2020. Imes yang menjadi panggilan akrabnya, berasal dari SMAN 2 Bengkulu Selatan. Berikut 12 tips nya, simak ya :

1. Restu orang tua
Sumber: islampos.com

Menurut Imes hal yang paling utama adalah restu orang tua. Karena ketika orang tua merestui impian kita maka insyaAllah jalan kita akan di permudah, selain itu pastinya dengan melakukan berbagai usaha juga.

2. Memiliki niat yang kuat dan konsisten
Sumber: unycommunity.com

Dalam melakukan hal apapun, semuanya pasti diawali dangan niat bukan? Nah imes menuturkan tips kedua yang di lakukan untuk dapat lolos jalur snmptn 2020 adalah memiliki niat yang kuat serta konsisiten. Karena ketika kita memiliki niat dan konsisten terhadap niat itu, kita akan terpacu untuk terus semangat berusaha menggapai niat yang sudah kita tanamkan sejak dari awal. Ketika kita tidak punya niat yang kuat dalam meraih sesuatu maka pasti kita akan mudah menyerah ketika ada banyak halangan yang harus kita temui saat berusaha meraih dan mwujudkan niiat kita.

3. Belajar bersama teman-teman
Sumber: daffaardhan.com

Menurut imes dengan belajar bersama teman-teman akan lebih membantu kita memahami pelajaran, dan pastinya dalam belajar bersama kita bisa saling berbagi ilmu serta kegiatan belajar tidak membosankan.

4. Target Nilai rapot yang bagus (semester 1-5)
Syarat pertama untuk bisa ikut jalur SNMPTN ini adalah nilai raport dari semester 1-5. Kamu harus punya nilai yang bagus dan stabil dari semester 1 sampai semester 5. Jika nilai kamu stabil, besar kesempatan untuk diterima di jurusan dan universitas yang kamu idamkan. Jadi hal ini penting untuk kamu perhatikan sejak awal masuk si SMA ,Tapi untuk kamu yang sudah terlanjur kelas 3 dan nilai kamu pas-pasan, masih ada kemungkinan lolos SNMPTN dengan cara lain yaitu menambahkan piagam prestasi atau sertifikat kegiatan.

5. Ikuti pelajaran tambahan di sekolah atau les privat
Sumber: jatim.tribunnews.com

Dengan mengikuti les privat maka dapat membantu meningkatkan kemampuan akademik kamu dalam mengikuti pelajaran di sekolah.

6. Fokus pada tujuan
Sumber: studilmu.com

Dengan fokus pada tujuan akan membuat kita selalu gigih dan pantang menyerah dalam mewujudkan impian kita. Ketika kita fokus pada tujuan kita, akan terus terpacu melakukan berbagai usaha dan akan terus berusaha bangkit meskipuan kita sering kali terjatuh.

7. Indeks sekolah
Kamu harus memastikan kalau sekolah mu memiliki akreditasi yang baik, terdaftar dan memenuhi kualifikasi sebagai sekolah bisa ikut serta dalam seleksi jalur SNMPTN

8. Perhatikan ketersediaan jurusan dan passing grade
Passing grade adalah suatu persentase nilai yang digunakan sebagai acuan yang harus di penuhi untuk dapat lulus,dimana penentuanya tergantung pada tiap-tiap jurusan dan PTN tertentu. 

Bisa jadi jika kamu memilih jurusan kedokteran di UNIB akan sangat besar standar kelulusan dari pada Kedokteran yang ada di UNSRI. Begitu juga dengan jurusan yang lainnya, pastikan kamu memilih passing grade jurusan yang rendah untuk memudahkan kamu untuk lulus dalam SNMPTN. Kedua faktor ini sangat mempengaruhi kamu agar dapat di terima di ptn impian mu lewat jalur snmptn, akan tetapu pastinya kamu harus lebih memfokuskan pada nilai-nilai yang menjadi syarat utama untuk Lulus SNMPTN Fakultas kedokteran.

9. Teliti memilih PTN pilihanmu
Sumber: cantik.tempo.co

Sebelum menentukan pilihan ptn yang akan menjadi tujuan mu, kamu haus memahami profil lengkap PTN tersebut dan agar kamu tidak salah dalam mengambil keputusan. Terkadang tidak sesuanya jurusan yang kamu pilih dengan peminatan di sma juga menjadi salah satu faktor penghalang untuk dapat lulus jalur snmptn ini. 

Jadi jika kamu ingin memilih jurusan kedokteran, pastikan kamu berasal dari jurusan IPA ya. Jika tidak sesuai peminatan di sma maka kesempatan kamu cukup tipis untuk di terima di jurusan kedokteran.

10. Jangan ragu memilih PTN yang sepi peminat
Kamu harus rajin mengakses seputar informasi yang terkait dengan data pendaftaran SNMPTN. biasanya di situs berita akan memuat beberapa jurusan ataupun PTN yang paling banyak dipilih oleh siswa secara nasional dan perguruan tinggi paling sepi peminat SNMPTN. Nah, dari data tersebut nantinya kamu bisa memilih PTN yang sepi peminat dan yang paling dekat dengan tempat tinggal kamu, sehingga kesempatan untuk kamu dapat diterima cukup besar

11. Perhatikan jumlah kuota penerimaan
Biasanya, setiap perguruan tinggi menyediakan kuota yang berbeda-beda untuk penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN. Jumlah kuota penerimaan ini merupakan salah satu faktor penting, karena akan mempengaruhi besarnya peluang diterima atau tidaknya kamu di jurusan yang dituju.

12. Melakukan konseling dengan guru BK
Sumber: www.timesindonesia.co.id

Kamu bisa melakukan konseling dengan guru BK mu, mengenai jurusan dan PTN yang akan menjadi tujuanmu. Dengan berkonsultasi kamu akan menyadari kemampuan dan persaingan pada jalur SNMPTN ini. Selain itu jika kamu melakukan konselting dengan guru bk, kamu akan  di arahkan memilih perguruan tinggi dan jurusan yang sesuai dengan nilai rapor yang kamu miliki.

13. Berdoa
Sumber: winnetnews.com

Doa dalah salah satu upaya yang sangat penting untuk membantu kita dalam melakukan hal apapun, karena ketika kita berusaha tapi lupa berdoa maka usaha kita tidak akan maksimal. Karena kita hanya manusia biasa, dan pasti kita butuh tuhan untuk mempermudah semua rencana kita. Setelah melakukan usaha juga berdoalah selalu untuk hasil yang terbaik atas perjuangan kamu dalam belajar, yaitu lulus dalam seleksi jalur snmptn.

Nah, itulah 12 tips dan trik ampuh untuk lolos SNMPTN Fakultas kedokteran unib. Semoga kamu bisa di terima di kampus impian. Untuk adik-adik kelas 10 dan 11, jalan kalian masih panjang. Cobalah perbaiki nilai lapor dan tambahkan lagi kegiatan dan prestasi mu jika ingin masuk universitas melalui SNMPTN. 

Jangan bosan untuk terus giat belajar dan berdoa ya. Jangan lupa untuk selalu berkunjung ke website ilook unib untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. (YMS)

Posting Komentar

2 Komentar