Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

JELANG MASUK PTN, KAMU MASUK LEWAT JALUR APA?

Halo sobat Ilook! Wah, sudah masuk bulan Maret aja nih.. ada apa ya di Ilook website kali ini? Tentunya, ada artikel baru yang sudah pasti menarik untuk dibaca oleh penggemar setianya Ilook website dong. Hari ini, Ilook website menyuguhkan artikel khusus untuk para calon mahasiswa baru atau murid-murid kelas XII akhir yang akan berjuang mendapatkan universitas impiannya. Hmm, kira-kira artikel tentang apa sih, yuk simak di bawah ini :

Bagi calon mahasiswa baru ada baiknya tahu mengenai beberapa hal yang menjadi informasi penting sebelum memilih universitas favoritnya. Baik itu Perguruan Tinggi Negeri ataupun Swasta, sebenarnya sama saja—maka dari itu ditegaskan tidak mengedepankan perbedaan antara keduanya, karena kita semua sudah punya impian masing-masing.Terkhusus bagi pejuang PTN kalian harus tahu nih, apa saja yang menjadi poin penting agar bisa lolos menuju universitas yang diimpikan.

1.    SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri)
Salah satu bentuk jalur seleksi penerimaan mahasiswa untuk memasuki perguruan tinggi negeri yang dilaksanakan serentak seluruh Indonesia. Seleksi ini dilakukan tanpa harus melalui mekanisme ujian tertulis dan/atau keterampilan. Sistem seleksi dalam jalur SNMPTN menggunakan nilai rapor dan piagam prestasi yang dimiliki oleh peserta, hal ini yang menjadi pertimbangan agar bisa lolos ke universitas yang diinginkan (Wikipedia)

“lu mah enak, kalau ngandelin nilai rapor udah pasti lolos”
“yoi, bahkan ye nilai lu itu lebih tinggi dari cita-cita gue bro”

Benar! Salah satu keuntungan terbesar untuk bisa lolos dari SNMPTN harus punya nilai yang bagus. Tidak harus selalu tinggi, asalkan stabil ataupun punya grafik meningkat setiap tahunnya dalam bidang jurusan yang akan kalian ambil. Jadi enggak heran dong, kalau anak-anak yang lolos lewat jalur SNMPTN sering juga disebut kalau mereka adalah “anak-anak kehokian” kalau bukan karena nilai rapor sudah pasti punya hoki yang gede.

Pada jalur SNMPTN ini sekolah dapat mengajukan semua siswa yang mengikuti ujian nasional pada tahun tersebut dengan syarat sekolah pendaftar memiliki NPSN dan siswa tersebut memiliki NISN. Jadi semua siswa bebas memilih jurusan apa yang dipilihnya untuk masuk ke universitas. Gunakan strategi paling mantap deh! karena ini kesempatan untuk semua siswa yang didaftarkan oleh sekolahnya langsung lho! Jangan disia-siakan ya teman-teman, barangkali memang berjodoh dengan pilihanmu.
“mau masuk mana lu?”
“FK Unpad oke nih kayaknya”
“dihhhhh, gegayaan banget! Lu kan anak IPS, kapan-kapan bisa jebol ke FK sih”
“kalau hoki mah, enggak akan jauh-jauh dari gue”

Sumber : info.beasiswa.id

2.    SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri)
Jalur Ujian Tertulis pada tahun 2013 berubah menjadi SBMPTN, jalur masuk SBMPTN ini menggunakan nilai hasil tes sebagai kriteria penerimaan siswa baru. Peserta jalur ujian tertulis terbagi ke dalam tiga kelompok, yaitu kelompok IPA, kelompok IPS dan kelompok IPC. Pembagian ini didasarkan atas persyaratan calon mahasiswa yang ditetapkan oleh universitas tujuan berdasarkan karakter dari masing-masing jurusan. Peserta yang memilih jalur ujian IPA dan IPS dapat memilih dua pilihan jurusan yang berbeda, sedangkan untuk IPC dapat memilih tiga jurusan yang berbeda - dengan minimal satu jurusan dalam kelompok IPA atau IPS namun di tahun 2013, seluruh jurusan dapat memilih 3 jurusan yang berbeda.  (Wikipedia)
Mekanisme SBMPTN ini dilakukan setelah penerimaan SNMPTN selesai, atau pengumuman SNMPTN sudah diumumkan kepada para peserta. Bagi calon mahasiswa baru yang berhasil lolos dalam jalur SNMPTN akan diarahkan kembali sesuai dengan prosedur univeritasnya, namun jika tidak peserta jangan kecewa karena kalian masih bisa berjuang melalui SBMPTN.
“gimana, aman?”
“belum beruntung, kayaknya SNMPTN bukan hoki gue”
“yaudah, coba SBM kali-kali lolos”
“itu sih pasti, karena gue enggak mau sia-siain kesempatan”
“lo masih mau coba FK Unpad?”—yang ditanya nyengir
SBMPTN dilaksanakan dengan ujian tertulis dan juga tes minat/bakat untuk beberapa jurusan yang dipilih. Hal ini mengharuskan peserta untuk berusaha lebih keras agar bisa lolos ke tahap selanjutnya. Udah enggak asing lagi deh, kalau anak-anak jebolan SBMPTN ini disebut sebagai “anak-anak berotak encer”. Mereka belajar habis-habisan supaya kejadian lalu tidak terulang lagi, bahkan ada yang ambil kelas bimbel dan gunain tips trik jitu supaya bisa dapat skor melampaui passing grade sesuai dengan jurusan yang dipilih.
“lo rajin amat sih, santai SBM masih lama”
“gue rajin gini, karena gue sadar masuk lewat SBM itu susah banget. Toh yang udah belajar mati-matian aja belum tentu masuk apalagi kalau gue santai terus kayak elo”
“dih, sekarang omongannya nyindir mulu”
Eits! Tapi tidak sedikit lho yang masih memperjuangkan SBMPTN walaupun mereka sudah lolos SNMPTN. Kenapa ya? – itumah gengsi doang, biar dikata anak pinter pas jebol SBMPTN. –alah itu mah bisa-bisa dia aja, soalnya temen satu gengnya pada ikutan SBM –malu dia mah, soalnya juara umum terus disekolah, masa masuk universitas cuma modal lolos SNMPTN.—dia mah ga enakan kalau cuma lolos karena hoki. Tunggu-tunggu! Terlepas dari semua alasan diatas, semuanya masih boleh ikutan SBMPTN kok biarpun mereka sudah berhasil lolos di SNMPTN. Bagi yang masih penasaran sama jurusan atau universitas favoritnya, kalian masih punya kesempatan untuk mengubah rute perkuliahan sesuai keinginan.
“lo bukannya udah keterima FK Unib?”
“udah sih, tapi gue masih penasaran sama FK Unpad”
“lu mau nyari apaan sih di Unpad sampe segitunya”

3.SMM-PTN Barat (Seleksi Masuk Mandiri Perguruan Tinggi Negeri)
Peraturan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 60 Tahun 2018 Pasal 3 ayat 3 menegaskan bahwa penerimaan mahasiswa baru program sarjana (S1) pada Perguruan Tinggi Negeri, (PTN) selain dilakukan melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN, dapat juga dilakukan melalui Jalur Mandiri yang diselenggarakan oleh masing-masing Perguruan Tinggi (smmptnbarat.id). Ada 18 PTN yang tergabung dalam SMM-PTN Barat ini salah satunya Universitas Bengkulu.
Program SMM PTN-BARAT 2020, pada dasarnya merupakan jalur seleksi mandiri oleh masing-masing perguruan tinggi yang teknis pelaksanaannya dilakukan secara bersama-sama. SMM PTN-BARAT adalah seleksi berdasarkan hasil ujian tulis dalam bentuk cetak (UTBC) atau kombinasi hasil ujian tulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa yang dilakukan secara bersama dibawah koordinasi panitia SMM PTN-BARAT. Mekanisme ini dilakukan setelah penerimaan SNMPTN dan SBMPTN.
Jadi,  bagi peserta yang tidak lolos di jalur SNM ataupun SBM masih ada peluang untuk masuk melalui jalur SMM ini. Tetapi, tidak semua PTN yang menyediakan jalur ini ya guys, kalian harus banyak cari tahu juga mengenai universitas yang kalian pilih, jikalau memang tidak lolos dikedua jalur sebelumnya apakah masih ada kesempatan untuk bisa masuk di jalur lain.
“jadi gimana, lolos FK Unpad?”
“belum, kayaknya gue bakal balik ke Unib aja deh. Ikutan SMM”
“gini nih, padahal dia udah lolos SNM kemarin masih aja ngotot buat ikutan SBM”
“ya namanya juga hidup bro, kaga ada yang tahu nasib”

Sumber : gambarkartun.pro

Ikutan SMM-PTN Barat? – udahlah gaapa-apa dari pada enggak kuliah. –duit lu banyak juga ya buat nembus kesini –gila, demi FK lu relain lewat jalur ini –lu mah udah dikasih yang enak malah mau ikutan SMM –NPM terakhir pasti ikutan SMM ya? HUSH! Ada aja ya bahasan buat omongin masuk PTN jalur apa, mau masuk PTN dari jalur mana apa aja selagi itu memang sesuai konteksnya perguruan tinggi yaaa bukan sebuah masalah. Artinya, calon-calon mahasiswa baru ini benar-benar punya keinginan dan tekad untuk masuk ke universitas dan jurusan favorit mereka. Jadi, tidak ada yang salah mau masuk lewat jalur apa—yang paling penting sekarang, terus berusaha, belajar, dan berdoa. Apapun yang menjadi keinginanmu akan terwujud, tuhan tahu apa yang baik untuk umatnya. Maka dari itu, jangan berputus asa ya! (Akf)

Posting Komentar

2 Komentar