Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

LIBURAN? YUK, JANGAN REBAHAN DOANG.

Sumber : behijab.com
Yeayy! Semester kali ini sudah berakhir.. Sobat Ilook yang sudah menuntaskan ujian akhirnya bakalan liburan kemana dan dimana nih? Pasti kalian sudah nge-list buat ngelakuin banyak hal di liburan tahun ini hingga 2020 nanti, atau masih ada yang bingung bakalan ngapain di hari liburmu? Waduh, gawat nih kalau lebih kurang sebulanan ini bakalan rebahan doang di rumah. Tenang, Ilook enggak akan membiarkan Sobat Ilook gegana di rumah aja kok. Artikel hari ini bakalan merekomendasikan beberapa hal yang bisa kamu lakuin untuk liburanmu, jadi simak baik-baik ya..

Biasanya liburan semester ganjil dihabiskan lebih kurang selama satu bulan, jadi kalian punya banyak waktu buat merefleksikan otak dari masalah perkuliahan. Kalian punya banyak kesempatan buat eksplore hal lain yang sekiranya belum bisa dituntaskan kala jadwal kuliah yang numpuk banget. Nah, Sobat Ilook jangan khawatir dengan membaca artikel ini kalian bakalan nemuin hal menarik buat dicoba pada saat liburan nanti.

1. Part Time Job
Liburan kali ini bisa dimanfaatkan untuk mencari penghasilan lho! Kalian bisa coba kerja paruh waktu di beberapa tempat, biarpun hasilnya enggak bisa langsung dapat banyak tapi setidaknya bisa mengisi waktu luang liburanmu. Kalian juga akan menambah pengalaman baru sebelum benar-benar memasuki dunia pekerjaan.
“eh ntar liburan kemana?”
“ke jalan yang benar”

2. Travelling
Siapa yang suka banget travelling? Pasti dong ya, kebanyakan suka banget buat travelling, apalagi dibiayain hehe—Ngomongin travelling, kalian pastinya punya tujuan destinasi masing-masing. Nah, travelling ini memang butuh biaya yang cukup besar, apalagi kalau berpergian di waktu liburan tentu harga yang diberikan bisa lebih mahal daripada hari-hari biasa. Buat yang mau travelling, harusnya sudah buat list sendiri sebelum liburan, kalian sudah punya tabungan lebih buat bisa melancong ke daerah yang dituju, kalau mau lebih irit ajak beberapa temanmu supaya akomodasi biaya penginapan, transportasi dan makanan masih bisa ditanggung bersama. Alias “patungan” itu lebih seru yo rek!

Ber-travelling ria bersama teman-teman pastinya punya banyak cerita menarik. Biarpun setelah itu bakalan lelah ataupun kantong jadi kosong, tapi liburan kalian bakalan luarbiasa kalau dibandingkan hanya tiduran di rumah., setuju gak tuh?
“jadi lo bakalan kemana nih?”
“gue mau ke Disney Land nih”
“lagak bener lo, biasa juga ke pasar malem”

3. Hiking
Nah, sama hal nya dengan travelling tadi—hiking juga perlu biaya yang cukup besar. Kalian tentu punya list buat pergi bersama pendaki yang lain dan menangguhkan puncak baru yang lokasinya cukup jauh dari tempat tinggalmu. Selain punya tabungan, hendaknya kalian punya relasi yang cukup banyak juga di lokasi tujuan agar nantinya masalah biaya masih bisa didiskusikan bersama. Namun jangan khawatir, ketika sudah punya niat masalah biaya pun pasti bisa diselesaikan.
“gimana kalau tahun ini kita ke Everest?”
“jangankan Everest, hati doi aja susah banget buat digapai”
“gue kasih usul ya Bambang, bukan minta lo curhat”

4. Asah Skill dan Kembangkan Hobi
Nah, kalau 3 rekomendasi di atas adalah liburan versi diluar rumah sekarang liburan di rumah saja juga tidak masalah kok. Asalkan tetap mengerjakan hal yang bermanfaat ya. Kamu bisa kembangkan hobi dan skill yang kamu punya di rumah. Bermacam-macam dong pastinya, ada yang hobi menulis, menari, menggambar, memasak, bernyanyi, dan lain-lain. Kalian bisa memanfaatkan waktu dirumah untuk terus meningkatkan kemampuan yang dimiliki, kalian punya kesempatan buat berlatih lebih fokus agar nantinya bisa menjadi lebih baik.

“hobi gue kalau enggak tidur ya makan”—“lo kembarannya koala?”
“hobi gue apaan ya? Kayaknya gue udah terbiasa buat nyaman sama elo deh”—“itu bukan hobi yaaaaa Panjul, itu gombal”
“gue mau asah skill bernyanyi gue, biar nanti nikahnya sama Marion Jola”—“jangan halu pagi-pagi Tong”

5. Bergabung dengan Komunitas
Semasa liburan, kalian juga bisa mencari pengalaman dan teman-teman baru lho. Dengan banyak komunitas yang bermanfaat tentunya kalian juga bisa bergabung bersama mereka, misalnya komunitas pecinta kura-kura, komunitas pustaka bergerak, dan yang lainnya. Disana kalian bakalan mendapatkan ilmu serta hal-hal baru yang mungkin enggak bisa didapatkan semasa perkuliahan.
“bingung nih liburan nanti mau ngapain”
“ikut gue yuk, ke komunitas pecinta Lee Min Ho”—“ogah, biar gini gue masih setia sama Mbak Awkarin”

6. Liburan : Menghabiskan Waktu Bersama Keluarga
Kebanyakan pastinya bakalan pulang ke kampung halaman saat liburan tiba. “Bilang sama Dilan, yang berat itu bukan rindu. Tapi ongkos buat pulang kampung”—hehe. Bagi anak rantau liburan itu bakalan dihabiskan bersama keluarganya, biarpun hanya di rumah mereka tetap senang karena hal ini tidak bisa dilakukan setiap harinya. Pokoknya, hari-hari bersama keluarga itu menjadi definisi kebahagiaan hakiki.
“lo bakalan pulang kampung kan?”
“iya, jangan ngarepin oleh-oleh!”
“hehe, enggak. Cuma mau kirim salam sama mertua gue”—“dih, ngarep”

7. Buat Usaha Kecil-Kecilan
Sebenarnya ini tidak hanya dilakukan saat liburan saja sih, namun sebagai rekomendasi kegiatan ini cocok untuk mengisi waktu luang liburanmu. Buat usaha kecil-kecilan sekaligus dapat penghasilan yang nantinya bisa digunakan untuk keperluan kuliah juga. Kalian bisa belajar untuk berbisnis, memanage uang, dan berpengalaman dalam mengembangkan usaha. Kalian bisa meminta saran pada orang-orang yang sudah ahli dalam bidangnya, sekaligus belajar banyak hal dari mereka.

8. Berkebun
Liburan kalian enggak hanya seputar jalan-jalan dan bisnis saja lho! Kalian juga bisa berkebun, menanam pohon, dan beberapa tanaman lainnya pada lahan kosong di halaman rumah. Selain dapat mengisi waktu luang, ini akan bermanfaat bagi keindahan dan kesejukan suasana rumah.
“sibuk bener, nanam apaan tuh?”
“pohon duit, biar cepet kaya”

Nah, itu tadi beberapa rekomendasi untuk Sobat Ilook yang bakalan menjalani masa liburannya. Selamat menikmati liburan! Semoga mendapatkan pengalaman dan cerita menarik dari liburanmu ya. Eitts! Jangan lupain nilai mata kuliah yang bakalan keluar di masa liburanmu, semoga portal kebanjiran nilai bagus ya, Aamiin. (Akf)

Posting Komentar

0 Komentar