Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

Orasi Ilmiah Sustainable Ocean Economy oleh BAKAMLA RI dalam Rangka Dies Natalis Universitas Bengkulu ke-42

 

Rapat Senat Tebuka Orasi Ilmiah menjadi puncak rangkaian acara Dies Natalis Universitas Bengkulu ke-42, yang dibuka oleh Ketua Senat Universitas Bengkulu, Prof. Safnil, MA, Ph.D. Pada hari Rabu, 24 April 2024 di Gedung Serba Guna (GSG) Universitas Bengkulu. Kesuksesan Orasi Ilmiah kali ini, disampaikan oleh Laksamana Madya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr. Opsla, Kepala Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (BAKAMLA RI).

Laksamana Madya TNI Dr. Irvansyah, dalam orasinya yang bertemakan “Pemanfaatan Kekayaan Laut Indonesia untuk Pembangunan dan Kemakmuran Nasional Berlandaskan Prinsip Ekonomi Keberlanjutan (Sustainable Ocean Economy)”. Beliau membahas terkait dengan potensi laut Indonesia yang sangat besar diantaranya:

1.     Ekosistem terumbu karang Indonesia menyimpan 17 persen cadangan karbon biru dunia;

2.     Laut Indonesia adalah aset utama pariwisata nasional;

3.     UMKM adalah tulang punggung ekonomi Indonesia yang memberikan kontribusi lebih dari 61% dari PDB Indonesia dan menyerap tenaga kerja sebanyak 97%, dengan prevalensi tinggi berada di kawasan pesisir;

4.     Indonesia adalah produsen perikanan laut dan rumput laut terbesar kedua di dunia; dan

5.     Lamun dan mangrove Indonesia menyimpan sekitar 3,4 miliar ton karbon, lima kali lipat lebih besar dibandingkan dengan hutan tropis berbasis lahan.

Selain itu, Laksamana Madya TNI Dr. Irvansyah juga menyampaikan tentang tantangan di laut, ancaman keamanan di laut, dinamika lingkungan strategi, tata kelola kemaritiman, kebijakan kelautan, pengelolaan dan pengembangan ekonomi laut, permasalahan tata kelola kemaritiman, peran BAKAMLA RI selaku Coast Guard, dan lain-lain.

Rektor Universitas Bengkulu, Dr. Retno Agustina Ekaputri, S.E., M.Sc., dalam sambutannya menyampaikan bahwa acara Orasi Ilmiah menyambut Dies Natalis Ke-42 Universitas Bengkulu, dengan tema yang menginspirasi: “Unggul, Berbudaya, Berdaya Saing Internasional” dapat mewujudkan Visi dan Misi Universitas Bengkulu. UNIB telah menjadi lembaga pendidikan yang tidak hanya menghasilkan lulusan berkualitas, tetapi juga membentuk karakter yang tangguh dan berintegritas tinggi.

Melalui kurikulum yang terkini dan fasilitas pendukung yang memadai, kami berkomitmen untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan mencetak generasi emas yang siap bersaing di tingkat global. Kami percaya bahwa investasi dalam pendidikan adalah investasi terbaik yang dapat kita berikan untuk masa depan bangsa. Orasi Ilmiah ini menjadi salah satu kesuksesan perayaan Dies Natalis ke-42 Universitas Bengkulu”, ujarnya.

Acara Orasi Ilmiah Dies Natalis Universitas Bengkulu Ke-42 diakhiri dengan foto bersama dan penandatangan Nota Kesepahaman Kerjasama antara BAKAMLA RI dengan Universitas Bengkulu yang akan fokus pada bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Posting Komentar

0 Komentar