Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

Profil Afra, Lulusan UNIB dengan Segudang Prestasi



Nama saya Afra Wafiqah Azhar, seorang freshgraduate S1 Farmasi Universitas Bengkulu dengan minat yang besar pada bidang kefarmasian. Saya lahir dan besar di Kota Bengkulu pada tanggal 27 Oktober 2002. Saya anak pertama dari 3 bersaudara yang memiliki dua adik perempuan.

Pengalaman kecil saya yang rutin berobat ke dokter membuat saya memiliki minat yang besar pada bidang kesehatan khususnya kefarmasian. Saya terinspirasi oleh dokter masa kecil saya yang memiliki kepedulian yang tinggi terhadap pasien dan saya percaya pada setiap pengobatan yang diberikan ada masing-masing harapan kehidupan di dalamnya. Hal tersebut yang membawa saya memilih jurusan farmasi pada saat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan melanjutkan pendidikan tinggi di Program Studi S1 Farmasi Universitas Bengkulu.

Pada masa perkuliahan saya aktif menjalankan kegiatan akademik dan non akademik. Saya aktif mengikuti organisasi baik tingkat program studi, fakultas, maupun universitas. Saya pernah menjabat sebagai Bendahara Umum dan Dewan Pengawas Organisasi (DPO) Himpunan Mahasiswa S1 Farmasi, menjabat sebagai kepala bidang KOMINFO dan DPO UKM Seni FMIPA, mejabat sebagai Badan Pengurus Harian (BPH) UKM MSC FMIPA, Kepala Dinas Pendidikan Riset dan Teknologi BEM FMIPA, dan menjadi pengurus di UKM KOPMA Universitas Bengkulu. Dari pengalaman mengikuti organisasi tersebut saya belajar dan memiliki pengalaman bagaimana kita bisa berdampak untuk diri sendiri, orang sekitar, dan lingkungan. 

Semasa perkuliahan saya juga aktif mengikuti perlombaan. Keinginan saya untuk berkontribusi dalam dunia kefarmasian lebiih lanjut tercermin dalam partisipasi mengikuti perlombaan. Saya bersama tim meraih Gold Medal dan Silver Medal dalam perlombaan Karya Tulis Ilmiah (KTI) tingkat internasional yang diselenggarakan oleh IYSA dengan membawa topik kesehatan mengenai sediaan lulur krim antioksidan dan obat antidiabetes. Selain itu saya bersama tim juga pernah mendapatkan pendanaan pada program PKM Riset Eksakta pada topik pengobatan diabetes.

Saya yakin informasi-informasi mengenai topik kesehatan dan kefarmasian harus terus tersampaikan ke masyarakat oleh karena itu saya juga aktif mengikuti perlombaan poster, baik itu poster ilmiah maupun poster untuk umum. Pada perlombaan poster tersebut topik yang diangkat mengenai penyakit dan pencegahannya, pengobatan, dan hal-hal umum mengenai kesehatan. Beberapa prestasi yang saya raih pada perlombaan poster seperti Juara 2 Lomba Poster Ash-Syahdalah National Event Pharmacy VII UNIDA Gontor, Juara 3 Olimpiade Farmasi Indonesia Kategori Poster D3/S1 Farmasi UMY, Juara 1 Lomba Poster Provinsi HIMAFA STIKES Al-Fatah, juara favorit dan menjadi finalis di lomba poster ilmiah dan kefarmasian di ajang nasional.



World Health Organisation (WHO) mengungkapkan ada 9 pilar peran farmasi dalam pelayanan kesehatan, salah satu diantaranya adalah entrepreneur. Seseorang yang dapat menciptakan sesuatu yang baru agar menjadi nilai tambah dalam ekonomi. Berdasarkan hal tersebut membuat saya memiliki ketertarikan dalam dunia entrepreneurship atau kewirausahaan. Saya mengikuti perlombaan mengenai kewirausahaan dan beberapa prestasi yang saya raih seperti Juara 1 Lomba Socioprenerur Dies Natalis Fakultas Psikologi UMBY, Juara 2 Lomba Business Plan National Accounting Challange Fair XIV HIMASI UNIB, Juara 3 National Business Plan Competition  PHARMAKOFOREV HIMFAR UNSIKA, dan yang paling berkesan adalah mendapatkan pendanaan dalam program P2MW dan bersama tim terpilih menjadi peserta KMI EXPO XIV di Bali sebagai Delegasi dari Universitas Bengkulu. Saya dan tim berbaur, berinteraksi, melakukan kegiatan usaha di Bali bersama 492 tim lainnya dari seluruh perguruan tinggi negeri dan swasta yang ada di Indonesia.

Selain menekuni dunia kefarmasian, memiliki minat di desain grafis dan kewirausahaan, saya juga suka menulis dan mengabadikan momen melalui suatu bidikan. Saya suka menyampaikan pikiran lewat untaian bait puisi. Hal tersebut membuat saya memiliki prestasi yaitu Juara 1 Lomba Cipta Puisi Nasional Dies Natalis Hima Adminsitrasi Publik UNIB, Juara 3 Lomba Cipta Puisi Islami Fakulta MIPA, dan Juara Favorit Perlombaan Cipta Puisi Nasional. Selain itu saya juga suka mengabadikan momen melalui lensa kamera. Saya mengikuti lomba fotografi dan menjadi Juara 3 Lomba Fotografi Nasional MIPA EXPO. Pengalaman yang paling berkesan dalam dunia fotografi adalah ketika usaha saya untuk mengabadikan bunga indah dari Provinsi Bengkulu yaitu Rafflesia Arnoldi tidak sia-sia, karena saya berhasil mendapatkan Juara 3 dari ratusan peserta pada kegiatan Lomba Fotografi Subtema Bunga Indonesia yang diselenggarakan oleh HIMAGRON IPB.


Selain aktif di perkuliahan, organisasi, dan perlombaan, saya mendapatkan kesempatan berharga untuk menjadi salah satu awardee Djarum Beasiswa Plus 2022/2023 dari 521 Beswan Djarum seluruh Indonesia. Saya mendapatkan kesempatan untuk bisa berinteraksi dan berbagi pengalaman dengan rekan-rekan mahasiswa seluruh Indonesia melalui pelatihan soft skill yang diberikan Djarum Foundation. Saya mengikuti pelatihan Character Building di Bandung, Leadership Development di Yogyakarta, dan Nation Building di Semarang. Sungguh sebuah pengalaman berharga yang tak terlupakan!

Saya memiliki impian untuk menjadi seorang profesional di bidang kefarmasian dan memberikan kontribusi dalam meningkatkan derajat kesejahteraan masyarakat. Hal tersebut membuat saya tekun mengikuti kegiatan belajar di perkuliahan sehingga lulus dengan predikat pujian IPK 3,89. Tetapi saya menyadari, bahwa nilai diatas kertas saja tidaklah cukup untuk memberikan manfaat untuk masyarakat. Perlu banyak pengalaman yang terjun langsung di masyarakat. Saya mengikuti pengabdian masyarakat dibawah bimbingan dosen apt. Dian Handayani, S.Farm., M.Farm yang dilaksanakan di puskesmas sawah lebar mengenai Penyakit Diabetes Mellitus yang kemudian terbit menjadi publikasi ilmiah dengan judul Correlation of HbA1C and Lipid Profile Levels in Type 2 Diabetes Mellitus Patients at M Yunus Hospital. Selain itu saat menjadi delegasi Universitas Bengkulu dalam mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) Bilateral ITERA-UNIB di Pesisir Barat Lampung, saya mensosialisasikan aturan penggunaan obat melalui DAGUSIBU Obat yang kemudian dibawah bimbingan bapak Ir. Mugi Praseptiawan, S.T., M.Kom terbit menjadi publikasi ilmiah dengan judul Gerakan Cerdas Obat Melalui Sosialisasi Dagusibu Pada Masyarakat Pekon Cahaya Negeri Kecamatan Lemong Kabupaten Pesisir Barat Provinsi Lampung.

Masa perkuliahan saya ditutup dengan hal manis setelah saya dapat menyelesaikan penelitian dan skripsi saya dibawah bimbingan apt. Reza Pertiwi, S.Farm., M.Farm dengan judul Uji Toksisitas Subkronis Ekstrak Etanol Daun Merdeka (Chromolaena odorata (L.) R.M.King & H.Rob) Terhadap Fungsi Hati Pada Tikus Putih Jantan (Rattus norvegicus). Lulus dalam masa studi 3,5 tahun membuat saya bersyukur dan selalu ingin belajar lebih giat lagi. Semangat saya dalam bidang kesehatan dan kefarmasian bukan hanya sebagai kebutuhan akademis, melainkan sebagai panggilan jiwa untuk ikut serta dalam memperjuangkan derajat kesehatan masyarakat. Saya yakin bahwa setiap langkah kecil dalam upaya menjaga dan meningkatkan kesehatan dapat memberikan dampak besar dalam membentuk masa depan Indonesia yang lebih baik lagi.


Posting Komentar

0 Komentar