Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

Bangga, UNIB Terakreditasi International ACQUIN Pertama di Indonesia


Hallo sobat ilook!!!

Kabar gembira datang dari kampus kita, Universitas Bengkulu (UNIB) telah berhasil menerima hadiah akhir tahun dengan sangat membanggakan dari lembaga ACQUIN (The Accreditation, Certification and Quality Assurance Institute) yang berkantor pusat di Bayreuth, Jerman. UNIB menjadi institusi perguruan tinggi pertama dan satu-satunya di Indonesia yang telah terakreditasi internasional dari ACQUIN.

Lembaga akreditasi ACQUIN yang terdaftar pada EQAR (European Quality Assurance Register for Higher Education) ini telah menerbitkan sebanyak 69 sertifikat akreditasi internasional bagi program studi – program studi yang ada di Universitas Bengkulu, termasuk akreditasi internasional bagi Universitas Bengkulu sebagai institusi perguruan tinggi.

ACQUIN bertujuan untuk mengakreditasi program sarjana, magister, dan doktoral pada berbagai disiplin ilmu untuk memastikan program tersebut memiliki penjaminan mutu yang baik. 69 Sertifikat Akreditasi Internasional ACQUIN diberikan kepada seluruh Program Studi Sarjana (S1) dan Pascasarjana (S2/Magister dan S3/Doktor) yang ada di 8 (delapan) fakultas selingkung Universitas Bengkulu. Predikat sebagai “Program Studi Terakreditasi Internasional” bagi program studi yang menerima sertifikat ini akan berlaku selama maksimal 6 (enam) tahun.

Salah satu tujuan Universitas Bengkulu melaksanakan akreditasi internasional ini adalah dalam usaha mewujudkan visi lembaga yaitu “Menjadi universitas kelas dunia pada tahun 2025” dan misi lembaga yaitu “Mengembangkan pendidikan dan penelitian berkelas dunia; Menghasilkan karya berstatus Hak atas Kekayaan Intelektual (HKI); Melaksanakan pengabdian sesuai dengan kebutuhan masyarakat lokal, nasional, dan internasional; dan Mengembangkan sistem tata kelola universitas yang baik dan bersih”.

Setelah melalui proses dan berbagai tahapan panjang tersebut, akhirnya lembaga akreditasi internasional ACQUIN menerbitkan sertifikat dengan keterangan status “Terakreditasi” bagi 69 Program Studi di Universitas Bengkulu, termasuk Institusi Universitas Bengkulu. Penyerahan sertifikat kepada seluruh program studi dilakukan oleh Rektor UNIB, Dr. Retno Agustina Ekaputi, S.E, M.Sc, didampingi para Wakil Rektor dan Ketua Senat Universitas Bengkulu, pada seremoni di Gedung Serba Guna (GSG) UNIB Tanggal 11 Desember 2023.

“Congratulations! Alhamdulillah, terimakasih dan selamat untuk kita semua. Tentunya kita harus bangga karena UNIB menjadi satu-satunya institusi perguruan tinggi di Indonesia yang telah terakreditasi internasional ACQUIN, disamping sebagai perguruan tinggi paling banyak program studinya terakreditasi internasional. Oleh karena itu, UNIB adalah perguruan tinggi pelopor dalam hal akreditasi internasional ACQUIN di Indonesia. Keberhasilan ini patut kita syukuri dan dijadikan sebagai tonggak sejarah baru mengawali perjuangan mewujudkan UNIB Unggul dan lebih baik lagi ke depannya "ucap Dr. Retno Agustina Ekaputri selaku Rektor Universitas Bengkulu.

Dengan terakreditasi secara internasional tentu saja akan menarik calon mahasiswa baru dari berbagai daerah di Indonesia. 



Posting Komentar

0 Komentar