Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

Tim PPK Ormawa UKM Media Cendekia FP UNIB 2023 Gelar Pelatihan Pemanenan dan Pengaplikasian Ekoenzime di Desa Kampung Bogor Kepahiang

 


Hallo Sobat Ilook !!!

Disini udah kenal belum sama Tim PPK Ormawa dari UKM Medika Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu ?

Belum kenal ya ? Yok simak pembahasan dibawah ini !!

Tim PPK Ormawa dari UKM Medika FP ini merupakan salah satu dari 5 tim yang lolos pendanaan pada kegiatan  Program Penguatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa (PPK Ormawa) yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek mewakili Universitas Bengkulu.  Adapun tim ini beranggotakan 15 orang mahasiswa yang berasal dari berbagai program studi di fakultas pertanian universitas bengkulu dan tentunya tergabung dalam satu wadah pengembangan yaitu UKM Media Cendekia. Kegiatan dari Tim PPK Ormawa UKM Medika berfokus pada pengabdian dan pemberdayaan masyarakat khususnya di wilayah Desa Kampung Bogor Kepahing untuk dapat mengelola dan mengembangkan kembali potensi limbah kulit pisang sebagai Ekoenzim dan Bioetanol yang merupakan produk yang bermanfaat, memiliki nilai tambah, nilai jual, dan tentunya dapat bermanfaat bagi lingkungan masyarakat Desa Kampung Bogor.

Kegiatan Pelatihan Pemanenan dan Pengaplikasian Ekoenzim yang dilaksanakan pada sabtu (29/10) bertempat di Balai Desa Kampung Bogor merupakan rangkaian dari keseluruhan kegiatan utama yang telah dilakukan, dimana pada kegiatan ini Tim PPK dan masyarakat sekitar Desa melakukan pemanenenan hasil dari pembuatan ekoenzim yang telah dilakukan setelah melalui proses fermentasi selama 3 bulan lamanya. Kegiatan pemanenan ekoenzim ini bertujuan untuk mengetahui bagaiamana hasil ekoenzim yang telah dibuat oleh kelompok warga dimasing-masing dusun di Desa kemudian juga untuk memberikan arahan dan pengetahuan mengenai cara untuk pengaplikasian dari ekoenzim yang telah dihasilkan.

Pada kegiatan pelatihan ini Tim PPK memaparkan bagaimana tahapan pemanenan dan penerapan dari ekoenzim yang sudah di produksi sebagai pupuk cair organik yang kedepannya dapat masyarakat aplikasikan ke tanaman yang telah diberikan setiap dusunnya ataupun tanaman yang dimiliki oleh warga sekitar, serta pengaplikasian ekoenzim pada tanaman di Green House Kampung Bogor yang telah diaktifkan kembali oleh  Tim PPK Ormawa UKM Medika.

Pelaksaanaan pelatihan ini dihadiri oleh Kepala Desa Kampung Bogor, Perangkat Desa, Pemuda Karang Taruna, serta para warga desa dari seluruh dusun yang berada di Desa Kampung Bogor yaitu teridiri dari dusun 1 sampai dengan dusun 5 yang merupakan juga anggota dari kelompok-kelompok yang sudah dibentuk oleh Tim PPK Ormawa UKM Medika pada pelatihan pertama.

Pelatihan diawali dengan pembukaan serta pengarahan dari moderator, kemudian dimulai dengan pemaparan materi utama yaitu bagaimana pemanenan dan pengaplikasian dari ekoenzime atau pupuk cair organik dari Tim PPK Ormawa UKM Medika yaitu oleh Dandi Saputra sebagai pemaparan materi dan didemotrasikan secara langsung oleh Muthia Rahmadhani dan Hera Ariani sehingga warga dapat secara langsung mengamati setiap tahapan dari proses pemanenan dan pengaplikasian dari ekoenzim yang telah di produksi.

Tahap pemanenan dan pengaplikasian berlangsung dengan mengenalkan kepada masrakat Kampung Bogor bahwa pupuk cair (Ekoenzim) yang telah dibuat telah mempunyai nama produk yaitu “POGAR” yang merupakan singkatan dari Pupuk Organik Kampung Bogor, sehingga Kampung Bogor sendiri telah mempunyai produk pupuk cair sendiri dan dapat dikembangkan dan diproduksi untuk pemakaian masyarakat sekitar ataupun nantinya akan di perjualbelikan.

Setalah sesi pemaparan materi dan demostrasi, dilanjutkan dengan kegiatan gotong royong penyaringan ekoenzime dan pengisian polybag oleh para warga dan bersama tim PPK Ormawa. Kemudian tim juga membagikan bibit tanaman dan polybag untuk masyarakat melakukan penanaman serta bisa langsung mengaplikasikan produk pupuk cair yang telah warga buat sendiri.

Selanjutnya, pelaksanaan pemanenan daan pengisian ekoenzim di Balai Desa Kampung Bogor, Tim PPK Ormawa Medika melakukan pembagian anggota untuk melakukan tahap pemanenan di masing-masing dusung 1-5, dan ada juga anggota tim yang bekerjasama dengan ibu-ibu PKK untuk melakukan penanaman bibit serta pengaplikasian ekoenzim di Green House Kampung Bogor. 

Salah satu warga yang mengikuti pelatihan menuturkan “Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi kami warga Desa Kampung Bogor, limbah batang pisang yang awalnya tidak termanfaatkan akhirnya dapat kami olah menjadi ekoenzim yang ternyata dapat kami gunakan juga sebagai pupuk bagi tanaman, dengan proses pembuatan yang tidak terlalu sulit ternyata kami sudah dapat membuat pupuk organik sendiri dirumah. Terimakasih kepada Tim PPK yang telah memberikan pelatihan kepada kami”

Posting Komentar

0 Komentar