Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

UNIB Bikin Bangga, PKK MB 2022 Pecahkan 2 Rekor Muri Sekaligus !

 

Sumber foto : Tim ilookpedia

Berbeda dari tahun sebelumnya, Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru UNIB tahun 2022  akan dilaksanakan secara luring (offline) setelah dua tahun sebelumnya dilaksanakan secara daring (online). PKKMB UNIB yang dilaksanakan pada hari Senin, 08 Agustus 2022 ini mengangkat tema ''Membentuk Karakter Mahasiswa Baru Universitas Bengkulu Sebagai Pembelajar Sejati, Berpikir Kritis, Kreatif, Inovatif, dan Bertanggung Jawab Menuju Universitas Bengkulu Unggul untuk Indonesia Hebat''.  Dan kegiatan ini diikuti oleh 4.318 mahasiswa-mahasiswi baru yang berada pada jurusan Vokasi dan S1.

Rektor  UNiversitas Bengkulu Dr. Retno Agustina Ekaputri,S.E,M.Sc, menjelaskan dalam sambutannya agar para mahasiswa baru dalam proses perkuliahan diharapkan mendapatkan pendidikan karakter, penanaman nilai-nilai (akhlak, etika, dan norma), peningkatan kapasitas diri, kemampuan untuk bersosialisasi masyarakat, serta menjalin relasi seluas mungkin, di luar capaian akademik. Beliau mengatakan,''Bahwa Proses pembelajaran di Universitas Bengkulu bukan hanya persoalan untuk mencari nilai yang baik. Memperoleh IPK tinggi harus disertai dengan penguasaan nilai-nilai norma kehidupan dan penguasaan softskill untuk bekal mahasiswa baru untuk siap terjun ke dunia kerja. '' ucapnya.

Sumber foto : Tim ilookpedia
 

Tahun ini juga menjadi hal yang sangat membanggakan bagi Universitas Bengkulu karena mencetak Rekor Muri pertama di Indonesia atas rekor mengenakan  Kebek Palak  (Ikat Kepala) Silur Padi terbanyak di Indonesia pada Kegiatan ini dilaksanakan dengan pemakaian  Kbek Palak  ( Ikat Kepala ) secara serentak oleh Mahasiswa Baru yang bertempat di stadion Universitas Bengkulu. Dan pada tahun ini juga Universitas Bengkulu telah berhasil menghadirkan Sosok Pemateri Nasional yaitu Najwa Shihab yang merupakan seorang jurnalis Kawakan, tuan rumah dari program Mata Najwa, sekaligus pendiri Narasi TV ini akan memberikan Materinya pada hari Kedua PKKMB berlangsung. 

Sumber foto : Tim ilookpedia

Serangkaian kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) ini akan berisikan mengenai hal-hal yang harus dipersiapkan oleh semua mahasiswa baru dengan bertujuan untuk memperkenalkan dan mempersiapkan Mahasiswa baru dalam proses transisi menjadi Mahasiswa yang dewasa dan mandiri, mempercepat proses adaptasi Mahasiswa dengan lingkungan yang baru, serta memberikan bekal untuk keberhasilannya menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi.  Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) merupakan wadah agar Mahasiswa baru diperkenalkan langsung dengan sistem pendidikan tinggi, paradigma perguruan tinggi, lembaga kemahasiswaan, serta mampu beradaptasi terhadap lingkungan kehidupan kampus dengan lebih baik.

Rektor Universitas Bengkulu juga berharap mahasiswa baru dapat mengoptimalkan kegiatan yang terkait dengan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, selain kegiatan akademik. Sambutan itu diakhiri dengan pesan kepada mahasiswa senior dan seluruh civitas akademika selingkung Universitas Bengkulu. 

Sumber foto : Tim ilookpedia

“Tolong (mahasiswa baru) dijaga dengan baik, kurangi perploncoan yang tidak mendidik di lingkungan kampus. Ajarkan nilai-nilai kebaikan kepada mahasiswa baru. Mereka adalah bagian keluarga besar kita yang baru.” tutup beliau.

Serta dalam mengusung semangat kemerdekaan Republik Indonesia yang sudah di depan mata, Rektor juga mengajak semua mahasiswa untuk bersatu dalam menghadapi tantangan yang ada. Pancasila menuntun kita untuk bersama-sama siap menghadapi kemajuan zaman serta tantangan global. Kita semua harus pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat untuk siap membawa Indonesia maju, Indonesia Hebat.

Sumber foto : Tim ilookpedia

 

Posting Komentar

0 Komentar