Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

Anak Kosan, Kamu Harus Kuat! Tapi Kalau Sakit, Ini Obatnya


Hallo sobat Ilook, masih dalam suasana hari raya idul fitri nih! Masih sibuk makan kue lebaran kan ? untuk anak kuliahan yang biasanya ngekos dan jauh dari orang tua, tetap jaga kesehatan ya. Oh, iya walaupun anak kosan identik dengan mie instant, mulai saat ini kurangi makan mie nya ya, lebih baik nabung buat beli makanan yang bergizi deh!

Oke, tulisan kali ini akan membahas tentang persiapan obat-obatan dikala tubuh kurang fit. Apalagi untuk sobat kost-an yang rentan sama berbagai jenis penyakit nih. Pernah nggak sih, lagi sakit tapi gak punya persediaan obat, keuangan lagi menipis, dan JOMBLO pula ckck. Kalau pernah kejadian, waduh repot juga ya. Selain repot sendiri pastinya bisa ngerepotin orang lain pula.  

Nah, untuk meminimalisirkan kejadian tersebut maka ilook website sudah sediakan penjelasan tentang jenis-jenis obat yang harus kamu siapin, yaitu :

1. OMA (Obat MAag) 

Obat Maag menjadi obat populer dikalangan anak kost-an. Ini menjadi penyakit ranking 1 yang dialami hampir semua anak kost-an.

"Sibuk sih, jadi sering telat makan"

"Alasannya telat makan, padahal emang gaada yang ngingetin buat makan"

Nasib, gini amat tinggal sendirian--

Jadi sobat Ilook jangan sampai si Oma ini ditinggalin ya, karena penting banget untuk pertolongan pertama pada lambung.

 

2. ODEBAPILA (Obat BAtuk PIlek Sakit KepaLA)

Ranking 2 setelah si Oma ada Odebapila. Awalnya sih migrain doang, tapi lama-lama temen-temennya nimbrung. Ada batuk, ada pileknya. Waduhh #coronatuh?  Bukan-- "heran deh netizen, batuk dikit corona, pilek dikit corona"

Odebapila ini laris diserbu ketika pergantian musim. Tapi ada juga yang memang bisa terkena ketika penyakitnya lagi musiman. Soalnya gampang tertular untuk tubuh dengan imun yang rendah. Maka dari itu, odebapila juga tak kalah penting untuk dipersiapkan.

3.OKA (Obat luKA)


Jangan mikirin tentang luka hati dulu deh, mentang-mentang lagi luka. "heran deh netizen baper amat!" Obat luka yang harus disiapin bukan yang mahal-mahal kok. Cukup sediain aja betadine, hansaplast sama alkohol dan kapas.

Biasanya kalau di kosan atau lagi kuliah pasti ada-ada aja yang buat kita terluka. Kena pisau, kena beling, kena gunting, kecelakaan yang buat organ tubuh kita jadi luka, hingga omongan netizen misalnya. #LUKABANGETBOS!

Biarpun harga terjangkau, si Oka ini jangan dipandang sebelah mata ya. Tetap harus disiapkan bahkan untuk luka sekecil apapun lho!

 

4. OGI (Obat Sakit GIgi)

Bisa dikatakan penyakit ini jarang dialami untuk para anak kost-an. Soalnya kalau anak kost-an lebih sering kemakan janji manis dibandingkan makanan yang manis ya? Ups!

Biarpun -lebih baik sakit gigi daripada sakit hati- katanya. Tetap mesti disiapin deh, kalau sudah kejadian sakitnya sampai ke ubun-ubun! Biar gak terkena sakit gigi, sering-sering sikat gigi ya. Bisa juga ditambah dengan obat kumur habis sikat gigi.


5. ODIRE (Obat DIaRE)

Diare adalah salah satu penyakit yang sering mampir juga buat sobat kost-an. Apalagi kalau kamu suka makan makanan pedas atau si doyan sambel petir, mercon, dan segala bentuk cabenya. Semua kegiatan bisa berabe kalau sudah kena diare. Haduh, capek kan kalau harus bolak balik kamar mandi? Kalau dibiarin terlalu lama kamu juga bisa dehidrasi dan pucat lho.

Diare juga bisa disebabkan oleh makanan yang kurang bersih, nah budayakan juga cuci tangan sebelum makan ya. Soalnya diare timbul karena banyak nya bakteri.

 

6.OID (Obat HaiD)

Kalau obat in khusus untuk kaum hawa yang ngekos ya. Cewek-cewek pasti tahu kegunaan obat ini, terutama yang sering perutnya terasa nyeri pas datang bulan. Obat ini ampuh banget buat nyembuhin nyeri haid dibandingkan harus nunggu sakitnya hilang sambil guling-guling gak jelas. Obat ini perlu disiapin kalau kalian gak mau kegiatan kuliah terganggu. Biasanya obat ini juga  gak terlalu mahal dan mudah didapatkan di apotik atau warung terdekat. Jadi walaupun haid itu Cuma satu bulan sekali, kamu tetap harus siapin obat ini buat jaga-jaga.

 

7. Obat lain-lain

Kenapa dinamakan obat lain-lain ? Nah, disini maksud dari obat lain –lain adalah obat yang setiap orang beda-beda kebutuhannya. Contohnya nih, kalian pernah sakit asma dan takut sakitnya kambuh lagi, jadi siapin obat asma ya.

Bukan Cuma yang sakit asma, yang pernah alergi makanan, yang punya penyakit kulit, penyakit mata, telinga atau penyakit yang lainnya yang spesifik seperti jantung sebaiknya membawa obat yang dibutuhkan ke kosan.

Jika obatnya habis atau lupa bawa, sebaiknya temen-temen membelinya di toko obat atau apotik terdekat, supaya jika penyakitnya kambuh , orang-orang sekitar kalian tidak bingung bagaimana cara membantu mengobati kalian.

 


Jadi, itulah beberapa jenis obat yang wajib disiapkan oleh anak kosan. dan sebaiknya kalian siapkan juga vitamin agar daya tahan tubuh kalian lebih kuat. Inget guys, sedia payung sebelum hujan. Sama hal nya dengan sedia obat sebelum sakit. Yuk, jaga kesehatan ya!

 

Posting Komentar

0 Komentar