Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

Tips dan Trik Lolos Seleksi KKN Kebangsaan 2021

 Tips dan Trik Lolos Seleksi KKN Kebangsaan 2021

oleh : Oktaria Silviani, S.Pd


Hallooo pemuda bangsa, sang pejuang Kuliah Kerja Nyata Kebangsaan (KKN-K) 2021 ....

Apa itu KKN Kebangsaan? Mungkin terdengar asing bagi sebagian mahasiswa. Well, aku coba jelasin dikit ya :)

Kuliah Kerja Nyata Kebangsaan (KKN-K) adalah program Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang dilaksanakan setahun sekali secara bergantian oleh BKS-PTN di wilayah barat dan KPTN-KTI di wilayah timur, dengan melibatkan semua perguruan tinggi negeri di seluruh Indonesia. Tahun 2021 ini hanya 82 Perguruan Tinggi Negeri yang mengikuti KKN Kebangsaan Sedangkan KKN Bersama  di ikuti oleh 35 Perguruan Tinggi 

Nah, jadi KKN-K itu adalah KKN yang dilaksanakan dengan melibatkan seluruh PTN dari Sabang hingga Merauke, terdiri atas para duta kampus terbaik dan terpilih untuk bergabung dalam satu naungan. Keren banget kan? Jelasssss. Bertemu dengan orang-orang hebat dari berbagai PTN ternama di Indonesia :) siapa sih yang gak mau??? hehe
 
So, udah pada tau belum nih mengenai info pendaftaran KKNK 2021? Yap bener banget, sekarang Universitas Bengkulu sedang menyeleksi mahasiswa hebat untuk menjadi delegasi KKNK 2021 yang akan dilaksanakan di Provinsi Jambi. Are you the next?????

Untuk menjadi seorang delegasi tentunya harus kamu memiliki kemampuan dan prestasi, baik dibidang akademik maupun nonakademik yang dapat membuat " judges " melirik kamu. Sebagai alumnus KKNK 2019, aku punya beberapa tips dan trik yang mungkin bisa kamu ikutin berdasarkan pengalaman aku. Seleksi KKNK terdiri atas 3 tahap, yaitu:

1. Administrasi/Pemberkasan. 


Pada tahap ini kamu menyiapkan berkas-berkas persyaratan pendaftaran sebagai delegasi KKNK 2021. Biasanya yang minta adalah, pas foto, transkrip nilai dan sertifikat prestasi yang diperoleh selama kuliah. Kamu cukup melengkapi semua berkas sesuai dengan ketentuan.

2. Wawancara

(sumber gambar : lokerpintar.id)

Setelah kamu dinyatakan lolos pada tahap administrasi, maka kamu akan mengikuti seleksi tahap wawancara. Pada tahap ini kamu harus menunjukkan skill kamu dalam public speaking. Kamu harus bisa meyakinkan para judges agar bisa memilih kamu sebagai delegasi KKNK 2021. Ditahap ini juga kamu akan dilontarkan beberapa pertanyaan mengenai prestasi, keahlian, wawasan kebangsaan, hingga kepribadian kamu. Nah, jadi melalui pertanyaan-pertanyaan itu kamu harus menjawab dengan tegas dan meyakini judges bahwa kamu memiliki kemampuan dan layak untuk menjadi delegasi.

3. Tes Tertulis

 
Tahap terakhir adalah tes tertulis. Pada bagian ini kamu akan diuji dengan kemampuan akademik. Kamu harus menguasai materi tentang kebangsaan, agama, budaya, ilmu pengetahuan umum dan sosial, serta kemampuan bahasa asing. Jadi, tahap ini sifatnya bener-bener teori banget. So, kamu harus banyak membaca 😁

Okay, sekian tips dan trik dari aku yang mungkin bisa kamu ikuti untuk menjadi The Next Delegation of KKNK 2021 in Jambi. Jangan siakan kesempatanmu!

Prepare your self and good luck.

Posting Komentar

1 Komentar

  1. trimakasih kak. smoga aku bisa jadi salah satu peserta kknk 2021. aamiin

    BalasHapus