Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

Aku, Kamu, Kita dan Lailatul Qadr

 


Hallo sobat Ilook, selamat menjalankan ibadah puasa bagi sobat ilook yang menjalaninnya. Tidak terasa ya 1 minggu ramadhan sudah kita lewati, semoga tidak ada satu detik waktupun yang kita lewati tanpa kecintaan dan rasa Syukur terhadapNya.

Tulisan kali ini akan saya awali dengan terjemahan sebuah ayat suci alqur’an “ _malam kemuliaan itu leb_ih baik darii seribu bulan.” [ Al-qadr : 3 ]

Sobat ilook, pernah mendengar tentang malam lailatul qadr belum? Sudah familiar pasti ya, karena Ramadhan sangat identik sekali dengan lailatul qadr. Secara istilah lailatul qadr diartikan sebagai malam kemuliaan, nah dibawah ini beberapa keistimewaan dari malam lailatul qadr, yaitu :

• Malam kemuliaan lebih baik daripada seribu bulan. 

Kenapa disebut satu malam yang lebih baik dari seribu bulan? Karena setiap hamba yang beribadah pada malam itu akan mendapatkan pahala sama dengan beribadah selama 1000 bulan. Lama bangetkan? 1000 bulan jika kita konversi ke tahun sekitar 84 tahun, nah kita hidup saja belum tentu sampai 80 tahun. Yuk berlomba-lomba mengejar malam ini teman-teman.

• Malam diturunkannya kitab suci Al-Quran

Lailatul qadr ini menurut sebuah hadis yang diriwayatkan Ibnu Abbas adalah malam diturunkannya Alquran dari lauh mahfudz ke baitul izzah (sebuah tempat yang ada dilangit) secara keseluruhan 30 juz. Setelah itu, barulah Al Quran diturunkan kepada Nabi Muhammad secara berangsur-angsur selama 22 tahun 22 bulan dan 22 hari ada juga yang mengatakan 23 tahun.

• Malam penuh rahmat dan keberkahan

Pada malam ini para Malaikat turun ke bumi, termasuk juga didalamnya Malaikat Jibril. Pada malam ini, bagi orang-orang yang sedang berdoa maka doanya akan dikabulkan.

• Lailatul qadr dirahasiakan Allah waktu kejadiannya

Kenapa? Karena kalau tidak dirahasiakan nanti malah beribadahnya cuma dimalam lailatul qadr saja lagi. Dalam beribadah pahala adalah bonus, sedangkan ibadah sendiri adalah ke mutlakan bagi kita seorang hamba yang  nothing tanpa Tuhan, bukan nothing tanpa doi ya teman-teman.

Jadi, mari kita optimalkan ibadah Ramadhan. Menghidupkan malam-malamnya dengan membaca alquran, berdzikir dan hal bermanfaat lainnya. Perbanyaklah melangitkan kidung-kidung doa, karena salah satu doa yang mustajab adalah doa orang yang berpuasa. Jangan lupa ya sobat ilook berdoa untuk dimudahkan dan diberkahi urusan perkuliahannya. Apalagi yang sedang mengerjakan skripsi nih, Ramadhan adalah momentum paling tepat untuk berdoa. Semoga amal ibadah kita diterima selama Ramadhan ini ya sobat ilook, dan seterusnya juga begitu. Aamiin. (NaraShinta)

Posting Komentar

8 Komentar

  1. Semoga kita bertemu malam lailatul qadr

    BalasHapus
  2. semoga kita di pertemukan dengan malam lailatul qadr pada ramadhan tahun ini, untuk semakin meningkatkan iman kita dan lebih baik kedepannya Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, semoga di ramadhan kali ini dapat di pertemukan dengan malam lailatul qadr 😇😇

      Hapus
  3. Semoga aku dan kamu berjodoh wkwk

    BalasHapus