Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

UTBK-SBMPTN Sudah Dekat? Lakukan 5 Hal Ini, Insyaallah Lolos!

UTBK-SBMPTN Sudah Dekat? Lakukan 5 Hal Ini, Insyaallah Lolos!
 

Halo sobat ilook! Apa kabar semuanya? Sudah hampir akhir Februari ya, pastinya kita udah sibuk belajar dan kuliah lagi kan? Wah udah lumayan sibuk juga dong! Bisa belajar lagi dan pastinya tetap melakukan kegiatan positif. Kalau sudah belajar lagi kayak gini, ada yang masih setia baca artikel tidak ya?

Biarpun lagi sibuk nih, boleh dong waktunya masih tetap diluangkan untuk hal- hal yang bermanfaat. Artikel ilook kali ini, akan membahas tentang kegiatan yang sebentar lagi dilaksanakan. Khususnya untuk para calon mahasiswa baru nih. Yap! UTBK-SBMPTN. Sobat Ilook sudah tahu belum, apa sih UTBK-SBMPTN itu? 

Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) adalah jenis tes masuk Perguruan Tinggi. Tes ini dilakukan di bawah Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).  Merupakan satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia yang mampu mengakomodasi kebutuhan tes siswa.. UTBK adalah syarat mutlak sebelum dapat mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN). Sesuai dengan tujuan UTBK, tujuan dilaksanakannya UTBK adalah sebagai sarana untuk memprediksi calon mahasiswa. Diharapkan hasil tersebut bisa menjadi perkiraan tepat terkait kemampuan mahasiswa untuk dapat menyelesaikan studi tepat waktu di perguruan tinggi dengan baik. Selain itu, UTBK juga dapat memberi kesempatan bagi calon mahasiswa untuk mengikuti tes secara fleksibel (pemilihan waktu dan tempat tes disesuaikan kebutuhan). Nantinya, nilai UTBK yang sudah didapatkan dapat digunakan untuk SBMPTN, seleksi mandiri Perguruan Tinggi Negeri, maupun Perguruan Tinggi Swasta.


Jadi ,hal apa saja yang bisa kita lakukan untuk bisa lulus UTBK-SBMPTN  ? Ini dia tips dari Ilook website yuk simak :

1. Mulailah untuk membiasakan latihan mengerjakan soal

sumber gambar : mediamaz.co.id

Buatlah jadwal latihan mengerjakan dan mempelajari soal Tes Potensi Skolastik (TPS)

Lakukan try out setidaknya dua sampai tiga kali secara individu karena Try out merupakan simulasi mengerjakan semua soal dengan batas waktu tertentu seperti sedang menempuh ujian sebenarnya untuk dapat mengasah pola pikir kita dalam mengerjakan soal-soal yang sebenarnya akan dikerjakan nanti dan jangan lupa untuk mengetahui jawabannya agar mempermudah kita dalam mengerjakannya dan itu agar kamu bisa mengetahui peningkatan dalam try out

2. Carilah contoh cara pengerjaan soal-soal TPS

sumber gambar : www.shiksha.com

TPS UTBK adalah tes yang mengukur kemampuan dasar atau menguji kemampuan kognitif para peserta ujian. Materi TPS UTBK terdiri dari Penalaran Umum, Pemahaman Bacaan dan Menulis, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, serta Pengetahuan Kuantitatif. Khusus untuk TPS, materi UTBK Saintek dan Soshum tidak berbeda .

3. Jagalah kesehatan 

sumber gambar : www.itcshoppingfestival.com

Pentingnya menjaga kesehatan 

Kesehatan adalah suatu faktor yang sangat berharga didalam hidup. Tubuh yang sehat sanggup meringankan anda dalam melakukan bermacam – macam pekerjaan dan kesibukan tanpa kendala. Karena dengan mempunyai Raga yang bugar, tentu saja akan menghasilkan jiwa yang damai dan perasaan yang seimbang. Ditengah pandemi covid-19 ini kita dihimbau untuk tidak keluar rumah agar dapat meminimalisir penularan virus Corona. Jika terpaksa keluar rumah, pastikan kamu telah meminimalisir risiko tertular dan menerapkan protokol kesehatan dan jangan lupa untuk makan makanan yang sehat dan bergizi serta istirahat yang teratur agar tubuh dapat tetap bugar dan otak tetap fresh ketika mengerjakan soal-soal UTBK nantinya .

4. Kurangi bermain HP

sumber gambar : Pexels.com

Penggunaan smartphone secara berlebihan dapat mengganggu kesehatan penggunanya. Misalnya terganggunya kesehatan mata mereka atau kurangnya waktu tidur mereka karena menggunakan smartphone sampai larut malam.

Hal ini berpengaruh kepada tingkat konsentrasi dalam belajar menurun drastis .Hal ini disebabkan karena mereka cenderung mengandalkan smartphone untuk melakukan berbagai hal seperti merekam percakapan, menggunakan mesin pencari untuk setiap apa pun yang tidak mereka tahu.

5. Mulailah segala sesuatu dengan Doa

sumber gambar : www.popbela.com

Sebuah doa memiliki kekuatan yang luar biasa. Semua hal yang dirasa tidak mungkin apabila kita berdoa dengan sungguh-sungguh semua itu akan menjadi mungkin atas kehendak Tuhan. Ketika kita takut terhadap segala hal atau hal-hal yang mungkin menakutkan maka berdoalah. Melalui doa hati kita akan semakin berani dan yakinlah bahwa Tuhan akan memberi pertolongan. Dengan berdoa kita akan menjadi lebih percaya diri dan harapannya hal yang kita lakukan juga akan bermanfaat. Doa juga akan menentramkan hati kita, sebab amalan yang paling suci adalah berdoa sehingga doa merupakan senjata yang kuat untuk dapat menjalani UTBK-SBMPTN yang akan datang nanti .

Itulah 5 tips jitu dari ilook, pastikan sebelum kamu terapkan ini, kamu sudah memiliki akun LTMPT dan terdaftar di UTBK-SBMPTN tahun ini ya. Semoga teman-teman yang tahun ini berjuang di UTBK-SBMPTN bisa berhasil ya (Mei).

Posting Komentar

0 Komentar