Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

Tips Agar Tidak Malas Belajar

Halo sobat ilook! Apa kabar semuanya? Sudah awal Februari ya, tapi lagi liburan semester kan? Wah seru juga dong! Bisa beristirahat dan pasti tetap melakukan kegiatan positif tentunya. Kalau liburan begini, ada yang masih setia belajar tidak ya?
 
Biarpun lagi liburan, boleh dong bukunya masih tetap dibuka dan dipelajari lagi supaya ilmunya tidak hilang. 

Jadi ,hal apa saja yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan rasa malas belajar ya? Ini dia tips dari Ilook website yuk simak : 

1. Ketahui  Alasan Ingin Belajar

sumber gambar : www.quipper.com
 

Pernah nggak sih nanya kayak gini ke diri sendiri apa yang mendasari kita agar harus belajar ? Nah jangan-jangan selama ini hal yang membuat motivasi belajar kita kurang adalah karena selama ini ketika kita belajar tapi kita tidak tahu kenapa kita harus melakukannya ,kita tidak tahu apa tujuannya dan kita tidak tahu manfaatnya apa. Oleh karena itu hal ini harus ditentukan segera dan harus membuat tujuannya dan tulis sespesifik atau sesederhana mungkin apa output yang nantinya ingin kita capai ketika kita selesai belajar. contohnya : saya ingin belajar karena saya ingin menjadi seorang dokter .


2. Break Sejenak ketika lelah

sumber gambar : www.hipwee.com
 

Setiap orang itu pasti mengalami hari-hari yang berat yang membuat kita lelah karena kurang istirahat yang kadang hal tersebut  jika kita paksakan untuk memulai belajar pasti ujung-ujungnya malah jadi tidak fokus . Nah buat kalian yang sering mengalami hal ini tidak apa-apa ketika kalian lelah maka istirahatlah sejenak ,tenangkan pikiran dan berikan waktu untuk diri kalian untuk bisa refresh. Jadi tidak apa-apa jika kalian break atau istirahat 5 menit-1 jam sampai akhirnya pikiran kalian fresh kembali karena jika kita terlalu memaksakan itu berakibat pada kinerja otak kita yang mulanya 100% menjadi tidak maksimal dan mungkin ketika kita paksakan kinerja dari otak kita yang terpakai menjadi 50% saja .


3. Fokus

sumber gambar : www.haibunda.com  
 

Fokus merupakan salah satu kunci ketika kita ingin mencapai tujuan kita ,jangan sampai belajar kita terganggu dengan hal-hal yang membuat kita menjadi kurang fokus contohnya gara-gara kita terlalu sering bermain hp dan hal lainnya. Usahakan untuk pada 1 tujuan belajar dan tidak tergugah melakukan hal lainnya. 


4. Luruskan Niat dan Bulatkan Tekad

Niat merupakan kunci utama dalam melakukan sesuatu atau keinginan di dalam hati untuk melakukan suatu tindakan agar tercapainya sebuah tujuan sedangkan tekad adalah kemauan yang benar-benar ada di dalam diri kita untuk mencapai sesuatu yang kita inginkan . 


Tentu saja hal tersebut sebagai dasar dari bekal yang kita miliki untuk mempermudah dalam mencapai tujuan salah satunya agar tidak malas dalam belajar ,dengan adanya niat dan tekad itu menandakan jika kita benar-benar bersungguh-sungguh terhadap sesuatu yang kita kerjakan . Jika niat kita sudah lurus dan tekadpun sudah bulat maka untuk mencapai tujuan atau hal yang kita inginkan bukanlah hal yang cukup sulit .


Nah tidak sulit bukan? Kalau begitu tunggu apalagi, jangan malas belajar ya.

Posting Komentar

2 Komentar