Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

Tipe Kepribadian Berdasarkan Jurusan

Halo sobat Ilook! Gimana kabar kalian semua? Setelah pemberitaan vaksinasi, ada cerita apa nih? Kalau Ilook website kali ini akan membahas mengenai bagaimana sih rata-rata kepribadian dari seseorang sesuai dengan jurusan yang ia pilih nih? Pasti penasaran kan? Hayoo.. 


Untuk tipe kepribadian itu sendiri, ilook mengambil dari Kode Holland yang dikembangkan oleh psikolog John L. Holland. Holland mengelompokkan enam tipe kepribadian, diantaranya realistic (praktikal), investigative (pemikir), artistic (kreator), social (penolong), enterprising (persuasif), dan conventional (pengorganisir) atau bisa disebut sebagai kode RIASEC.

 

Nah ini juga berlaku bagi kalian calon mahasiswa baru yang masih bingung jurusan apa sih yang sesuai dengan kepribadian kalian? Yuk Langsung aja!

1. Realistic

Tipe kepribadian ini biasanya lebih condong ke penerapan nih sobat! Misalnya yang berhubungan dengan alat, mesin, benda, binatang, dan tanaman.

Ciri-ciri dari tipe ini, yaitu mengutamakan keberanian, kekuatan otot dan fisik, mempunyai kecakapan, dan koordinasi motorik yang kuat.

Nah tipe ini lebih menyukai praktek daripada teori sobat! Selain itu tipe ini pandai dalam hal yang berhubungan dengan komputer, pemrograman, dan matematika.

Jurusan yang cocok untuk tipe realistic :

1. Olahraga

2. Kehutanan

3. Kedokteran Hewan

4. Perikanan

5. Otomotif

6. Farmasi

7. Pertanian

8. Teknik Sipil

9. Teknik Mesin

10. Teknik Elektro

 

2. Investigative

Biasanya, tipe ini cenderung ke akademik sobat! Tipe ini juga memiliki intelektual yang tinggi.

Ciri-ciri dari tipe ini, yaitu mempunyai rasa keingintahuan yang tinggi, lebih memikirkan atau merenungkan daripada mengatasinya dalam memecahkan suatu masalah.

Jurusan yang tepat untuk tipe Investigative :

1. Kimia

2. Sastra Inggris

3. Sistem Informasi

4. Psikologi

5. Kriminologi

6. Fisika

7. Biologi

8. Gizi

 

3. Artistic

Lalu kita beranjak ke tipe artistic. Orang dengan tipe kepribadian ini lebih suka berhubungan dengan orang lain secara langsung, atau kita sebut sebagai orang yang bersifat sosial, seni, dan sastra. Selain itu, tipe ini bisa menyesuaikan diri dengan berbagai keadaan loh sobat!

Jurusan yang berhubungan dengan tipe artistic ini, yaitu :

1. Jurnalistik

2. Tata boga

3. Bimbingan Konseling

4. Teknik Informatika

5. Seni Rupa

6. Seni Tari

7. Desain Komunikasi Visual

8. Desain Interior

9. Arsitektur

10. Seni Musik

11. Bahasa

 

4. Social

Tipe social ini cenderung tipe yang berhubungan dengan orang banyak yang akan turun langsung untuk membantu sesama.

Ciri-ciri dari tipe ini, yaitu pandai bergaul dan berbicara, bertanggung jawab, kemanusiaan, dan lebih berorientasi pada perasaan.

Jurusan yang sesuai untuk tipe social :

1. Kedokteran

2. Psikologi

3. Bimbingan Konseling

4. Ilmu Komunikasi

5. Hukum

6. Pendidikan Guru Sekolah Dasar

7. Farmasi

8. Hubungan Internasional

9. Sosiologi

 

5. Enterprising

Selanjutnya untuk tipe kepribadian enterprising nih. Tipe ini disebut sebagai tipe yang persuasif yang memiliki jiwa kepemimpinan yang baik, cenderung ambisius, tegas, dan mudah dimengerti. Orang dengan tipe seperti ini suka memengaruhi seseorang dengan hal yang positif, dikenal juga sebagai orang yang hebat dalam hal berkomunikasi.

Jurusan yang paling cocok untuk tipe seperti ini, yaitu :

1. Manajemen

2. Ilmu Pemerintahan

3. Teknik Industri

4. Ilmu Komunikasi

5. Hubungan Internasional

6. Bisnis

7. Marketing Komunikasi

 

6. Conventional

Nah untuk tipe yang terakhir, yang kita sebut sebagai tipe pengorganisir ini biasanya orang yang suka bekerja secara terorganisir atau detail karena menginkan akurasi tujuan yang tinggi sobat!, lalu orang dengan tipe ini teliti dalam mengikuti prosedur yang telah diberikan. Biasanya tipe ini menyukai hal-hal yang berhubungan dengan angka ataupun data.

Jurusan yang cocok untuk tipe ini yaitu :

1. Akuntansi

2. Statistik

3. Administrasi

4. Teknik Informatika

5. Manajemen Keuangan

6. Matematika

7. Ilmu Perpustakaan

8. Ilmu Komputasi

 

Nahh gimana sobat? Apakah sudah sesuai dengan jurusan yang kalian pilih atau malah sebaliknya? Kalau kalian merasa jurusan kalian tak sesuai dengan kepribadian kalian saat ini, gapapa kok sobat, karena tipe kepribadian diatas tidak menjadi acuan untuk kalian memilih jurusan yang ingin kalian pilih dan seseorang yang telah memilih suatu jurusan, belum tentu juga memiliki kepribadian yang telah disebutkan diatas hehe. Stay health dan safe ya!

(NAP)

Posting Komentar

5 Komentar