Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

Jadikan 2021 Mu berkesan, Meski Tetap Berada #Dikosan

Jadikan 2021 Mu berkesan, Meski Tetap Berada #Dikosan

Nabila Mar'atus Solihah

 

Hai para sahabat ilook! Tahun baru harus dibuka dengan semangat yang baru pula. Sebagian besar orang menghabiskan malam penantian awal tahun diluar bersama teman, keluarga, dan pasangan. Lalu, bagaimana dengan para single yang tetap stay dikosan dan tidak dapat pulang ke kampung halaman?

Nah, teruntuk kalian para anak rantau yang tidak pulang ke kampung halaman, daripada menatap dinding sambil meratapi nasib, bukankah lebih baik melakukan hal-hal yang lebih bermanfaat bukan? Terkadang kita terlalu sibuk mengeluh akan hal yang belum kita dapatkan dengan mengabaikan nikmat berharga yang telah Tuhan berikan, yaitu waktu!

Sumber gambar : now.dartmouth.edu

Meskipun gratis, waktu tidak dapat dibeli dengan uang. Hanya perihal waktu, seseorang bisa menjadi multitalenta, berwibawa, juga kaya raya. Waktu merupakan harta paling berharga bagi mereka yang dapat memahami dan memanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Awal tahun ini, haruslah lebih cerah dan lebih dari tahun sebelumnya. Berbekal waktu yang kita punya di tahun 2021, meskipun harus tetap stay dikosan menjadi pribadi yang produktif haruslah menjadi sebuah keharusan. Dengan melakukan 3 hal ini, 2021 mu bisa jadi lebih berkesan:

1.    Membuat resolusi/rencana

Sumber gambar : Wikimedia

Perencanaan menjadi sangat penting dalam memulai perjalananmu kedepannya agar memiliki tujuan yang jelas. Selain resolusi jangka panjang, resolusi jangkka pendek seperti daily goals juga harus diperhatikan agar rencana berjalan optimal. Kita bisa memulai resolusi dengan hal-hal yang sederhana seperti tidak akan kembali ke pulau kapuk (kasur) setelah bangun tidur dan membaca berita/buku selama 1 menit setiap harinya. Terlihat sederhana namun dalam jangka panjang akan terasa dampaknya juga banyak godaannya. Oleh karenanya, resolusi akan sekedar menjadi harapan belaka jika tidak diiringi dengan komitmen.

2.    Membangun komitmen

Untuk menjalankan resolusi yang sudah terpatri dengan memberikan hukuman pada diri sendiri jika tidak menjalankannya tanpa alasan yang jelas. Malas memang selalu menjadi musuh utama, maka dari itu harus diperangi. Seperti kata Buya Hamka, “Salah satu pengkerdilan terkejam dalam hidup adalah membiarkan pikiran yang cemerlang menjadi budak bagi tubuh yang malas, yang mendahulukan istirahat sebelum lelah.”

Sumber gambar : www.atlassian.com

3.    Realisasi

Tahap ini merupakan tahapan terberat maka dari itu, awalilah dengan do’a. Manusia hanya bisa berencana dan Tuhan yang akan menentukan hasilnya. Meskipun begitu jangan hanya mengandalkan do’a tanpa dibarengi usaha dalam merealisasikannya. Kita tidak akan berubah menjadi lebih baik jika hanya diam ditempat dan tidak melakukan apapun.

So, buat diri kita yang sudah terlalu lama dalam fase self-love dengan mengistirahatkan diri atau menonton drama korea berhari-hari, yuk kita bangkit! Masa depan yang cerah ditahun 2021 sedang menunggu, jangan sia-siakan waktu dan kesempatan yang kita miliki!

Posting Komentar

0 Komentar