Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

Daya Tampung SNMPTN Universitas Bengkulu 2021

 


Halo sobat ilook! Libur semester ganjil sudah menghampiri kita dan menjadi pertanda bahwa harus mempersiapkan diri menuju semester genap. Bagi kalian yang masih berstatus pelajar, apalagi yang kelas 12 artinya sudah memasuki tahap akhir sekolah menuju perguruan tinggi. Wahh, ga kerasa ya sobat! Pertama yang akan dihadapi adalah pendaftaran jalur SNMPTN. SNMPTN adalah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri dengan menggunakan nilai raport sebagai variabel penentu kelulusan. Terdapat enam mata pelajaran yang dijadikan acuan dengan tiga mata pelajaran wajib yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika serta tiga mata pelajaran pilihan berdasar jurusan yang dipilih.

Penyelenggara SNMPTN adalah Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Lembaga ini berada dibawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Pihak LTMPT sudah merilis jadwal pendaftaran sejak Desember 2020. Nih, ilook memberikan jadwal untuk mempermudah informasi bagi adik – adik. 

Bisa dilihat dari jadwal, sebelum pengisian PDSS, pihak sekolah akan memilah siswa yang dapat mengikuti SNMPTN. Inilah yang menjadi pembeda dari proses pendaftaran di tahun – tahun sebelumnya. Ketua LTMPT Prof. Mohammad Nasih mengatakan bahwa jika sebelumnya yang memilah siswa adalah dari pihak LTMPT sehingga semua siswa masuk ke dalam data LTMPT, sekarang pihak sekolah yang akan berperan dalam hal tersebut. Sekolah akan melakukan pemilahan siswa dengan ketentuan 40% untuk sekolah akreditasi A, 25% untuk sekolah akreditasi B, dan 5 % untuk sekolah akreditasi C. Siswa yang masuk ke dalam daftar kuota inilah yang akan diterima oleh LTMPT untuk melanjutkan proses SNMPTN. Ilook berharap semoga rekan – rekan dapat termasuk ke dalam pejuang SNMPTN juga ya, sobat!

Nah, bagi sobat ilook yang ingin tergabung dalam keluarga besar mahasiswa Universitas Bengkulu, berikut akan kami sertakan daftar jurusan pilihan yang dapat diambil saat pendaftaran SNMPTN UNIB 2021.

(Source : Sosialisasi SNMPTN, UTBK SBMPTN dan JALUR MASUK MANDIRI UNIB TAHUN 2021)  

Tetap Semangat ya !!

Posting Komentar

0 Komentar