Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

Ini Dia Daftar Beasiswa Yang Ada Di Universitas Bengkulu

Halo sobat Ilook! Apa kabar hari ini? Kabar baik ya, harus selalu baik dan jadi yang terbaik. Wah, covid19 ternyata semakin menjadi-jadi. Bahkan semakin banyak yang terinfeksi ya sobat Ilook. Eits! Ini harus benar-benar di waspadai, jangan sampai terlena dan tidak mematuhi protokol kesehatan.

Isu yang beredar akan di lockdown lagi ya? Waduh, bisa jadi hastag #stayathome jilid 2 nih. Kalau sudah begitu, Ilook website akan sering hadir untuk menyuguhkan informasi teraktual. Kali ini, Ilook website akan membagikan informasi menarik untuk kalian semua.


Ini Dia Daftar Beasiswa Yang Ada Di Universitas Bengkulu

Bisa berkuliah di perguruan tinggi negeri mungkin adalah keinginan banyak orang. Namun tidak sedikit dari mereka yang harus memendam mimpi nya dalam-dalam untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Hal ini dikarenakan terkendala ekonomi yang tidak mendukung. Tidak terkecuali dengan para pelajar yang mungkin tinggal di pelosok desa, mereka memilih berhenti melanjutkan pendidikan karena mengira akan sangat sulit bagi mereka untuk memperoleh biaya.

Sayang sekali, di era yang seperti ini informasi belum tersampaikan secara merata. Padahal pemerintah sudah mempersiapkan beberapa program beasiswa untuk para mahasiswa yang terkendala biaya maupun mahasiswa yang berprestasi. Tidak hanya dari pemerintah, namun beberapa lembaga atau instansi juga menyediakan banyak beasiswa untuk membantu mahasiswa.

Para lembaga penyedia beasiswa ini bekerja sama dengan perguruan tinggi untuk menyalurkan bantuan dana bagi mahasiswa yang membutuhkan. Salah satu perguruan tinggi yang ikut ber mitra dengan berbagai lembaga pemberi beasiswa adalah Universitas Bengkulu, atau lebih akrab disapa UNIB.

Bagi para mahasiswa baru, mahasiswa lama, ataupun kamu para pelajar yang sedang berencana untuk melanjutkan kuliah dan membutuhkan bantuan biaya pendidikan jangan khawatir, Universitas Bengkulu mempunyai beberapa program beasiswa yang bisa kalian coba untuk daftar.

Nah yuk disimak baik-baik beasiswa apa saja yang ada di Universitas Bengkulu :

1. Beasiswa Bidikmisi – KIP Kuliah

Program Beasiswa Bidikmisi yang diadakan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek DIKTI) ini dikhususkan bagi lulusan SMA atau SMK dari keluarga kurang mampu yang ingin melanjutkan sekolah ke jenjang universitas. Usia maksimal untuk mendaftar adalah 21 tahun.


Untuk saat ini beasiswa bidikmisi berganti nama menjadi beasiswa kip kuliah. Dengan beberapa aturan yang berubah, namun dengan ketentuan yang hampir sama sama dengan ketentuan beasiswa bidikmisi

Peluang untuk mendapatkannya pun terbuka lebar. Biasanya, Beasiswa Bidikmisi dan kip kuliah akan ditawarkan di awal tahun ajaran baru. Untuk kamu yang ingin tahu lebih banyak tentang program beasiswa ini bisa cek di link :

http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id.

https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ 

Informasi lengkap yang kamu butuhkan, mulai dari informasi jadwal pendaftaran hingga persyaratan untuk mendaftar semua tersedia di sana.

2. Beasiswa PPA – BPP PPA

Nah, ini dia beasiswa yang bisa didapatkan bagi kamu yang memiliki prestasi akademik dan non-akademik cemerlang di kampus. Sama seperti Beasiswa Bidikmisi, Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) dan Bantuan Biaya Pendidikan Peningkatan Prestasi Akademik (BPP-PPA) ini juga diadakan oleh Kemenristek DIKTI.

Diutamakan penerima beasiswa adalah mereka yang berhasil meraih nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tinggi dan berprestasi di bidang ekstrakulikuler semasa perkuliahan. Jadi, buat kamu yang mampu mempertahankan prestasi di setiap semester, tentunya kamu masih punya kesempatan untuk mendaftar beasiswa ini. jika selama 8 semester berturut-turut nilai kita selalu bagus, kemungkinan besar kita bisa kuliah gratis sampai lulus.

3. Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi Kemdikbud

Pendaftaran program Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dibuka setiap tahun. Wah! Beasiswa ini patut dicoba. Untuk jenjang S1, usia maksimal pendaftar adalah 22 tahun. Mahasiswa yang medaftar maksimal berada pada semester ke-3 perkuliahan.

(Sumber gambar : beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id)

Selain itu, mahasiswa tersebut haruslah berasal dari program studi berakreditasi A dan minimal dari perguruan tinggi terakreditasi B.

Selain menawarkan beasiswa untuk tujuan universitas dalam negeri, juga tersedia beasiswa buat kamu yang mungkin berkeinginan melanjutkan studi sarjana (S1) ke luar negeri dengan persyaratan utama kemampuan bahasa tentunya, yaitu TOEFL minimal 500 atau IELTS 5.5. Buat kamu yang tertarik untuk mencobanya, kamu bisa langsung mendaftar secara online melalui

Untuk info lebih lanjut, bisa cek http://beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id/

4. Djarum Beasiswa Plus

(sumber gambar : fisip.unsil.ac.id)

Beasiswa ini juga wajib masuk ke daftar beasiswa yang mesti kamu coba. Djarum Beasiswa Plus secara rutin selalu menjalin kerja sama dengan Universitas Bengkulu. Penerima beasiswa adalah mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan Sarjana (S1) / Diploma 4 (D4) pada semester ke-4 dari semua disiplin ilmu.  IPK minimum saat mendaftar adalah 3.00 dan mampu mempertahanan IPK tersebut hingga akhir semester ke-4. Selain itu, aktif di sejumlah kegiatan organisasi baik di dalam maupun di luar kampus akan menjadi nilai tambah. Selain mendaftar secara online, juga akan ada tes tertulis. Jumlah kuota penerimaan beasiswa ini cukup besar, loh. Informasi lengkapnya ada di sini ya https://djarumbeasiswaplus.org/.

5. Beasiswa bank indonesia

Universitas ini juga bekerja sama dengan bank indonesia untuk memberikan bantuan pendidikan. Beasiswa bank indonesia di peruntukan bagi mahasiswa yang menempuh pendidikan semester 3 dan semester 5 serta berusia maksimal 23 tahun. Ipk minimal yang anda miliki ketika mendaftar program ini adalah 3.00 skala 4.00

6. Beasiswa Bank Rakyat Indonesia

Bank Rakyat Indonesia juga bermitra dengan kampus UNIB untuk memberikan bantuan biaya pendidikan. Beasiswa BRI adalah  bantuan beasiswa S1 dan beasiswa diploma. Anda yang sedang kuliah S1 dan berada pada semester 3,5, dan 7. Sedangkan diploma pada semester 3 dan 5. IPK minimal yang harus dimiliki ketika mendaftar adalah 3,00 dan 2,75.

Nah, demikian beberapa informasi beasiswa yang bisa Ilook website sebarkan untuk semua sobat Ilook. Good luck yaa para pejuang toga! (SPN)


Posting Komentar

0 Komentar