Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

Tipe-Tipe Mahasiswa Saat Kuliah Online

Hallo Sobat Ilook! Sudah mau akhir Oktober saja ya. Para pejuang toga masih semangat kan? Walaupun selalu berkutat dengan laptop, dan aktivitas online? Harus semangat dong, semuanya kan demi gelar baru di belakang nama lengkap. Sama seperti Ilook website yang hari ini juga semangat untuk mengulas artikel baru untuk para pembaca setianya Ilook website. Wah, apalagi ya artikel barunya? Simak di bawah ini yuk.

Nah karena tadi sudah disinggung mengenai aktivitas online, sepertinya bakalan seru nih kalau kita bahas ‘tipe-tipe mahasiswa saat kuliah online’. Hayo, tingkah apa saja yang diperlihatkan para mahasiswa/i saat kuliah online ya?

1.      1. Tipe Ngantuk

Sumber : sehatQ

Tipe yang pertama yaitu, si pengantuk. Karena menjalani kuliah online yang harus start bagun pagi tanpa sarapan, tanpa mandi dengan mata yang harus dihadapkan langsung ke layar hp atau laptop selama ber jam-jam. Tidak lupa pula mendengarkan penyampaian materi dari dosen yang terkadang monoton dan tidak sesuai dengan kriteria cara belajar kita. Belum lagi, waktu istirahat malam juga full dipakai untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah online sampai begadang. Jadi buat kalian yang tipe ngantuk ini yuk kita semangat melawan rasa ngantuk kita pada saat kuliah online, eh jangan lupa juga sebelum kelas dimulai siapin dulu kopi biar nggak ngantuk lagi hihihi.

2.      2. Tipe Sambilan

Sumber : quipper

Kamu pasti udah nggak asing lagi nih dengan tipe mahasiswa yang satu ini, tipe mahasiswa sambilan disini maksudnya tipe mahasiswa yang sering banget ngelakuin hal-hal yang diluar kelas online. Misalnya nih pas kelas online dimulai pasti sering tuh kamu lihat ada yang sambil makan, sambil rebahan bahkan sering tuh sambil mabar game online buat yang cowok dan nggak lupa dong sambil ngebacot sekelas di grup kelas spam stiker yang bikin ngakak sekelas dan jangan lupa sambil buat instastory dan tiktok untuk diupload ke sosmed. Waduh memang millennial banget!

3.      3. Tipe Banyak Alasan (Susah Signal)

Sumber : merdeka.com

Untuk tipe yang banyak alasan ini pasti kalian udah bisa nebak dong alasan-alasan apa aja yang paling ngetrend saat kelas online dimulai? That`s right ,pastinya alasan susah sinyal dan listrik mati adalah alasan yang paling dominan untuk bermalas-malasan dalam menjalani kuliah online ini karena jaringan disetiap daerah masing-masing itu berbeda. Ada yang bagus dan ada juga yang tidak bagus, sehingga alasan susah sinyal ini dapat dijadikan alasan yang paling jitu nih guys. Ups! Tapi ini disebut kendala alam guys, karena enggak semua mahasiswa ingin ketinggalan kelas online lho.

4.      4. Tipe Bodoh Amat

Sumber: IDN Times

Hayoo ngaku siapa nih yang pas kuliah online sering banget bodo amat? Nah kata-kata bodo amat yang dimaksudkan disini adalah untuk mahasiswa yang cenderung cuek banget sama kegiatan-kegiatan kuliah onlinenya mulai dari bodo amat nggak ngikut kuliah hari ini, bodo amat nggak ngerjain tugas, bodo amat nggak ngikut praktikum,bodo amat lah nilai gue mau berapa pas keluar nanti pokoknya bodo amat

Nah terkadang tipe mahasiswa yang bodo amat ini mudah sekali menyerah sebelum berperang. Karena mereka sudah lebih dahulu tidak menyukai hal tersebut sehingga ketika ingin melakukan hal tersebut rasanya berat sekali dan langsung menyerah hingga bodo amat alias tidak ingin memikirkan dan mencobanya lagi. Nahh buat kalian yang merasa sama seperti tipe mahasiswa yang satu ini, yuk ubah kebiasaan kamu jadi mahasiswa yang lebih jeli lagi terhadap sesuatu, because you don`t know before you try it, so just do it and you can do it . Trust with yourself  J

5.      5. Tipe Panikan

Sumber: liputan6.com

Udah kebayang dong gimana aja reaksi panik mahasiswa saat kuliah online apalagi nih untuk mahasiswa baru yang benar-benar belum mengerti atau baru pertama kali menjalani mekanisme kuliah online pasti reaksinya bermacam-macam nih bahkan mungkin sampai ada yang nangis saking paniknya hehe

Ini nih beberapa hal yang sering banget membuat panik mahasiswa saat kuliah online dimulai dari panik pas susah sinyal, keluar masuk zoom meeting, panik pas kelupaan ada kelas online lagi, panik karna belum ngerjain tugas pas udah deadline, panik pas ditanyain dosen dan tidak bisa jawab sedikitpun, panik pas terlambat kuis, panik pas praktikum online pretestnya susah-susah dan yang lebih parah lagi panik karna gagap teknologi dan kurang informasi yang membuat selalu tidak tau apa-apa.

Nah buat kalian yang tipe panikan ini yuk kedepannya lebih sering teliti lagi ya dalam mengerjakan sesuatu, ingat panik itu wajar itu artinya kamu peduli dengan apa yang kamu kerjakan tapi jangan berlebihan juga ya nanti ujung-ujungnya bisa stress lho hehe

6.      6. Tipe Semangat


Sumber : rancah.com

Nah untuk tipe Mahasiswa yang satu ini adalah tipe mahasiswa yang semangat. Pastinya kalian udah baca dong dari artikel sebelumnya kalau tipe mahasiswa yang kayak gini selalu on time saat kuliah dimulai dan pastinya doi udah rapi dong guys. Contohnya nih pas lagi kuliah di zoom meeting pasti dia udah duluan join ke room daripada teman-temannya yang lain, bahkan terkadang di room kelas cuma baru ada dosen doang nih eh dia dah join aja saking semangatnya untuk kuliah online nggak lupa juga dong pas dosen lagi ngejelasin materi doi selalu mencatat materi dengan rapi nih. Biar nggak ketinggalan semua materi yang diajarkan oleh dosen.

7.      7. Tipe Mager (malas gerak)

Sumber : hello sehat

Udah kebayang dong pastinya gimana mager dan bosannya mahasiswa saat kuliah online? Biasanya tipe mahasiswa mager pas kuliah online ini sering banget ngeluh, lusuh mulai dari males mandi, males pakai pakaian rapi, tukang titip absen ke temennya, malas mendengarkan materi, inti dari semuanya—ya memang mahasiswa ini ‘mageran’.

8.     8. Tipe Ribet

Sumber: News Unimal

Untuk tipe mahasiswa yang ribet nih biasanya dominan di kaum cewe nih. Duh, cewek memang ribet deh! Karena cewe itu harus kelihatan tetap kece dalam setiap penampilannya  mulai dari make up an, memakai jilbab yang bagus, baju yang bagus padahal hanya kuliah tatap muka online. Ckck! Mana tahu ada yang kecantol tuh nantinya hehe.

9.      9. Tipe Aktif

Sumber: Kumparan

Kalau udah bahas tipe mahasiswa yang aktif, tipe mahasiswa yang seperti ini memiliki jiwa semangat yang membara. Mulai dari aktif presensinya, aktif bertanya ketika dosen menjelaskan materi bahkan sudah duluan mengajukan pertanyaan sebelum diizinkan bertanya lho, aktif menanggapi pertanyaan-pertanyaan dari teman-temannya, aktif ketika diskusi dan presentasi, tentunya aktif di segala hal yang positif . Biasanya juga nih mahasiswa yang aktif ini cenderung memiliki public speaking yang bagus lho! Karena mereka sering berargumen dan terbiasa berbicara didepan umum sehingga mereka sangat percaya diri ketika berbicara.

10.  10. Tipe Ngalir Aja

Sumber : Fimela.com

Kalian pasti tau dong kalau 50% mahasiswa itu banyak yang tipe ngalir aja. Apapun keputusan dari orang lain, dirinya hanya mengikuti dari belakang. Tipe yang seperti ini cenderung tidak ingin ribet dan bukanlah sosok mahasiswa yang ingin beradu argumen. Mereka tidak ingin mengambil banyak resiko dan ingin menjalani kegiatannya dengan aman. Nahh buat kalian yang tipe mahasiswa “ngalir aja” yuk ubah sedikit cara pandang kalian, karena terkadang hidup itu nggak selalu “ngalir aja” dengan sendirinya tapi terkadang harus ada sesuatu yang bisa membuatnya mengalir J ingat, if your life need change ,and your life must go on.

Sudah ada 10 tipe mahasiswa saat kuliah online, kalian termasuk yang mana nih? Semoga apapun tipenya, yang baik tetap dipertahankan, dan yang buruk bisa diubah ya.. (MEI)

Posting Komentar

0 Komentar