Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

Kerja Kelompok atau Kerja Sendiri di Temani Kelompok? (Tipenya Tak Berbeda dengan Warga Bikini Bottom)

Kerja Kelompok atau Kerja Sendiri di Temani Kelompok?

(Tipenya Tak Berbeda dengan Warga Bikini Bottom)

Hallo Sobat Ilook! Berjumpa lagi dengan Ilook website yang tidak pernah bosan menyuguhkan bahan bacaan sembari mendapatkan waktu luang ya? Senangnya tim Ilook website karena berhasil mendapatkan adsense dari google, untuk itu kami selalu bersemangat mengupdate artikel dan berita menarik untuk kalian. Nah, selagi tim Ilook website bersemangat para pembacanya harus ikut bersemangat juga ya! Biarpun vaksin Covid19 belum menampakkan hilalnya, kita tidak boleh malas-malasan dong!

(Sumber gambar : Liputan6.com)
Sebelum masuk ke artikel menariknya, pada tahu kan dengan kartun Spongebob Squarepants? Yap benar, dia si spons kuning yang jadi bintang utama dalam film kartunnya. Lho?! Mau bahas apaan sih, kok sampai ke Spongebob segala? Jadi kali ini Ilook website akan menampilkan artikel berbeda dari biasanya. Yuk simak!

Kita tahu bahwa Spongebob hidup di Bikini Bottom bersama beberapa temannya yang berasal dari jenis yang berbeda. Walau begitu mereka cukup kompak dalam menjalani kehidupan sehari-hari di Bikini Bottom. Eits! Ada yang kelupaan ternyata, tidak semuanya bisa diajak berkolaborasi lho! Ada juga dari teman-teman Spongebob yang suka bikin tensi tinggi juga ketika mengerjakan tugas kelompoknya.

Hmm.. kalau dipikir-pikir kehidupan Spongebob tidak jauh berbeda ya dengan apa yang kita lakukan sehari-hari. Apalagi ketika sudah diberikan tugas kelompok oleh dosen. Kalau begitu, kita ulas tipe-tipe manusia waktu ngerjain tugas kelompok deh. Oke, ini dia versinya yang bisa disamain dengan karakter di kartun Spongebob Squarepants.

1.      Ngebossy seperti Mr.Crab


Dalam sebuah kelompok pasti ada yang mendapatkan peran seperti Mr.Crab ini. Mereka yang suka ngatur dan memerintahkan ini-itu sesuai kemauan, pokoknya yang paling nge-bossy di suatu kelompok. Terlepas dari status sebagai ketua kelompok nya ya, pasti ada yang lebih menonjol dibandingkan itu. Kalau pernah merasakan ini, harap bersabar ya teman-teman.

2.      Moodboster seperti Patrick 

Nah, tipe seperti Patrick ini sebenarnya sangat dibutuhkan dalam kebutuhan tugas kelompok. Jikalau belum bisa membantu banyak dalam pengerjaan tugas, setidaknya kehadirannya bisa memulihkan suasana. Suasana pengerjaan tugas tidak harus selalu diselimuti hawa keseriusan, sesekali membutuhkan nuansa canda tawa yang bisa membangkitkan semangat. Wah, si Patrick pasti selalu jadi idaman nih!

3.      Selalu Siap seperti Spongebob

 
Kalau yang satu ini pasti selalu bisa diandalkan. Dengan taglinenya yang ‘selalu siap’ sudah pasti mereka yang ditunggu kehadirannya. Spongebob di kehidupan nyata tentu akan siap membantu apapun kesulitan anggota kelompoknya. Hingga terkadang mereka jugalah yang harus menanggung kepedihan karena lebih banyak mengerjakan tugas sendirian dibandingkan bersama kelompoknya. Sabar ya Spongebob :(

4.   Si Tukang Protes seperti Squidward

 Si Squidward ini mendeklarasikan hidupnya tidak akan bergantung pada orang lain, sehingga dia juga lebih nyaman untuk hidup dalam kesendirian. Jika ada tugas kelompok, dialah satu-satunya yang tidak ingin berbaur dengan para anggota yang lain. Baginya, semua itu hanya membuang waktu dan lebih baik dikerjakan sendiri sesuai keinginannya. Selain itu juga, Squidward ini sulit untuk menerima pendapat dari orang lain. Dia lebih dikenal selaku ‘tukang protes’ untuk segala hal yang dilakukan oleh kelompoknya tanpa terlibat dalam kegiatan tersebut. Tipe yang seperti ini memang bikin teman satu kelompoknya kesel sampai ke ubun-ubun.

  5.      Pemberi Alasan Andalan seperti Pearl

 Tahu kan ikan paus besar yang menjadi anaknya Mr.Crab ini? Yap, namanya Pearl. Anak semata wayangnya Mr.Crab yang sangat manja. Pearl di kehidupan nyata ternyata banyak sekali, mereka adalah manusia-manusia yang tidak pernah hadir untuk membahas kegiatan kelompok. Jurus andalannya, memberikan 1001 alasan seperti lagu dangdutnya Mbak Gotik.

Hari Senin :

“Maaf ya, hari ini aku enggak bisa ikut. Karena harus nemenin Snake creambath mingguan”

“Snake siapa?”

“Anjing peliharaanku, guys!”

Hari Selasa :

“Maaf ya, kalau sekarang enggak bisa. Soalnya nenekku baru datang dari Australia, enggak enak dong kalau nenek di rumah  sendirian”

Hari Rabu – Sabtu :

“Maaf ya, guys!” Permintaan maafnya benar-benar sudah jadi bukit karena Pearl hobi menabung ‘kata maaf’. Sempatkan diri untuk datang dalam kegiatan kelompok ya, biarpun tidak banyak membantu setidaknya kamu bisa melihat bagaimana usaha dan kerja keras teman yang lain demi tugas kelompok itu.

  6.      Pencari Sensasi seperti Plankton

 Nah, kalau di kehidupan nyata Plankton ini bisa disebut manusia-manusia pansos. Hobinya bikin sensasi dan cari perhatian selagi naikin jumlah pengikut di media sosial. Wah, parah sih sebenarnya. Apalagi kalau sudah kegiatan kelompok, dia memang selalu hadir tanpa absen. Tapi keberadaannya di dalam kelompok itu cukup meresahkan. Kegiatannya cuma leha-leha sambil scrolling ponsel saja. Haduh jadi bikin pusing kepala deh!

  7.      Si Pemimpin seperti Sandy


Sandy menjadi satu-satunya warga Bikini Bottom yang berasal dari darat dan bernapas dengan paru-paru. Keahlian bela diri yang ditunjukkan dalam kartun memang tak main-main, dia juga cukup lihai ketika harus menjadi pemimpin dalam sebuah kegiatan. Tentunya, Sandy juga ada di kehidupan nyata. Dia bisa memimpin para anggota dengan baik tanpa sikap ngebossynya dan membuat para anggota dapat menjalankan tugas sesuai dengan tanggung jawab yang telah diberikan. Seorang pemimpin yang baik, harus bisa mengayomi sehingga hasil akhir dari kegiatan kelompok juga tercapai dengan baik.

Nah, bagaimana nih sobat Ilook? Dari ketujuh karakter Spongebob di atas ada yang mirip dengan tipe manusia sewaktu ngerjain tugas kelompok enggak? Wah pasti ada ya, karena admin juga sering tuh ngerasain yang seperti itu – hehe. Tapi tenang, disaat mereka semua bersatu dengan segala kelebihan dan kekurangan yang ada, pastinya kegiatan bisa terselesaikan dengan baik. Semangat terus yang lagi ngerjain tugas kelompoknya!

Posting Komentar

0 Komentar