Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

Mahasiswa Baru : Ini Organisasi Kampus yang Harus Kamu Ketahui !!!

 ORGANISASI KAMPUS YANG HARUS KAMU KETAHUI !!!

Halo sobat Ilook! Sudah masuk bulan Agustus ya, gimana masih semangat kan dengan situasi new normal? eh bukan New Normal lagi ya, sekarang udah ganti nama dengan Adaptasi Kebiasaan Baru.  Tapi tetap patuhi protokol kesehatan ya, jangan sampai diantara kita ada yang jadi korban dari covid-19 lagi.

Kali ini Ilook ingin ulas beberapa organisasi yang ada di UNIB. Hmm siapa yang sudah tidak sabar untuk bergabung di dalamnya? Yuk simak di bawah ini :

Menjadi mahasiswa baru adalah masa transisi yang kadang susah untuk move on dari masa SMA.  jaman-jaman SMP dan SMA biasanya organisasi yang paling dikenal adalah OSIS dan ekstrakurikuler lainnya. Buat temen-temen yang ingin melanjutkan estafet Organisasi coba deh baca artikel ini !!!

Mahasiswa dan organisasi itu kadang kedua hal yang tak dapat dipisahkan. Banyak mahasiswa yang merasa belum afdol jika belum bergabung dalam suatu organisasi di kampus. Seperti yang kita ketahui di kampus banyak bermacam-macam dan tingkatan dalam berorganisasi. Organisasi di kampus itu ada mulai dari HIMA, Fakultas, dan Universitas. Di dalam oranisasi Fakultas dan Universitas terdapat UKM didalamnya. Berikut beberapa organisasi yang ada di lingkungan kampus.

(Sumber : Redaksi ilook.unib)
 

1. Organisasi tingkat Prodi/Jurusan atau Himpunan Mahasiswa (HIMA)

Bagi mahasiswa baru atau yang sering disebut dengan MABA biasanya mengawali dalam mengenal organisasi dimulai dari Himpunan Mahahasiswa (HIMA) terlebih dahulu, ada proses yang harus dilewati sebelum akhirnya bergabung di HIMA. Di HIMA kita diajarkan bagaimana membangun kerjasama yang baik agar menjadi lebih kompak dan solid antar teman seangkatan maupun dengan pengurus HIMA.

Biasanya awal menyandang gelar sebagai MABA, kita sudah di bentuk kedalam suatu kepantiaan dimana kita diajarkan oleh senior secara langsung bagaimana cara membentuk suatu kepanitiaan. Setelah mahasiswa baru mulai terbiasa dalam kegiatan yang ada di HIMA kemudian di dalam HIMA tersebut akan membuka recruitment bebagai macam bidang dan badan dalam organisasi yang ada di HIMA. Disana mahasiswa baru bebas memilih untuk masuk kedalam bidang atau badan yang menurut mereka sesuai dengan kemampuan atau minatnya.

Eits jangan salah, diawal kita memasuki organisasi ada yang namanya pendaftaran kemudian akan di seleksi satu persatu untuk menjadi bagian dalam suatu organisasi tersebut. Jadi didalam oranisasi tersebut kita bisa melihat kualitas orang-orang yang ada didalamnya. Di dalam organisasi di HIMA juga terbagi menjadi badan dan bidang sesuai dengan visi dan misi HIMA tersebut.

 

2. Organisasi tingkat Fakultas

Biasanya mahasiswa tidak hanya berminat diorganisasi tingkat HIMA. Banyak juga mahasiswa yang lebih memilih ke organisasi tingkat Fakultas, dimana diorganisasi tingkat Fakultas akan lebih banyak kegiatan, teman baru yang berasal dari HIMA lain serta pengalaman-pengalaman yang lebih banyak dari pada di HIMA. Badan pengayom yang ada di tingkat fakultas terdiri dari dari beberapa diantaranya yaitu :

BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa), 

DPM (Dewan Perwakilan Mahasiswa), 

MPM (Majelis Permusyawaratan Mahasiswa). 

Kemudian organisasi dibawah naungan badan pengayom terdapat beberapa UKM. Nah, UKM itu sendiri merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa yang terdiri dari beberapa organisasi. UKM di bawah naungan di tingkat fakultas terdiri dari beberapa bidang yaitu :

1. Kerohanian atau sering disebut rohis, 

2. Olahraga, 

3. Mapala (mahasiswa pecinta alam), 

4. Kesenian, 

5. Forsei (keilmuwan, atau riset). 

Disini mahasiswa bebas untuk masuk ke organisasi mana saja yang menurutnya paling diminati atau menjadi tantangan tersendiri dalam hidupnya selama menyandang sebagai seorang mahasiswa. 

 

3. Organisasi tingkat Universitas

Nih, organisasi yang paling tinggi peminatnya dan sering menjadi populer di kampus yaitu organisasi tingkat Universitas. Di tingkat Universitas semua mahasiswanya boleh ikut menjadi bagian dari organisasi tersebut dengan berbagai syarat dan ketentuan yang berlaku. Tak jauh beda dengan organisasi tingkat fakultas, organisasi tingkat Universitas juga ada tingkatannnya. Dimana badan yang menanungi UKM yang ada di Universitas itu sendiri terdiri dari :

BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa), 

DPM (Dewan Perwakilan Mahasiswa), 

MPM (Majelis Permusyawaratan Mahasiswa), 

HIMA (Himpunan Mahasiswa).

Gimana? Sudah tahu kan keren nya badan naungan yang ada dalam organisasi, dan sudah mirip dengan kelembagaan yang ada di Negara kita kan.

Macam-macam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di tingkat Universitas terdiri dari, Kerohanian, Olahraga, Seni, PMI, Keilmuan/riset, Pramuka, Beladiri, Menwa, dan Pecinta alam. Nah banyak kan organisasi-organisasi yang ada di kampus. Mulai dari tingkat HIMA hingga tingkat Universitas.

Sekarang tinggal kalian pilih ingin masuk ke organisasi mana? Ingat, mau masuk ke organisasi apapun itu tetap keren kok dan pasti sangat bermanfaat untuk menambah ilmu dan skill serta tak kalah penting adalah pengalaman kalian. Selamat mencoba! (Ard)

 

Posting Komentar

0 Komentar