Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

Lebaran #Dirumahaja? Siapa Takut!

Halo sobat Ilook! Tak terasa sudah lebaran ya. Bagaimana nih sobat Ilook, sudah siap menyambut hari lebaran kan? Lebaran dirumah aja? Siapa takut! Tak peduli sudah berapa lama mengkarantina diri di rumah, lebaran tanpa harus berpergian pun kita harus tetap bersyukur. Jangan khawatir dan bersedih jika tahun ini lebaran di rumah aja. 
Sebelumnya kami juga mengucapkan mohon maaf lahir dan batin untuk kalian semua, kalian sudah saya maafkan :) 
(Sumber : Redaksi ilook)


“Memang kalau lebaran dirumah aja bakalan seru?”

Jawabannya tergantung pada pribadi masing-masing, bagaimana cara kalian menyikapi hari raya situasi pandemi seperti saat ini. Hal-hal rutin yang biasa dilakukan di hari raya pasti bikin kangen deh! Apa saja ya? Simak yuk artikel di bawah ini :

1.    Mudik

Salah satu pernyataan kontroversial saat ini adalah ‘tidak boleh mudik di situasi pandemi’. Demi memutus tali rantai penyebaran Covid-19 sudah seharusnya di rumah aja dan tidak berpergian apalagi hingga mudik ke berbagai kota. Namun, banyak masyarakat yang menyalahi aturan dan nekat membanjiri sejumlah bandara ataupun kendaraan pribadi untuk bisa ‘pulang kampung’ eits! Mudik sama pulang kampung sama atau tidak sih?

(sumber : BeritaSatu.com)


Bagi yang tidak bisa mudik tahun ini, jangan bersedih hati ya. Kita masih bisa berlebaran online, maaf-maafan lewat video call, telepon, ataupun pesan broadcast. Lebaran tahun ini, hendaknya saling berusaha untuk memaklumi kondisi yang sedang terjadi.

“Harusnya lu seneng kaga jadi mudik cuy”

“Lah, kenapa gitu. Dimana-mana kalau enggak bisa mudik mah sedih, enggak bisa kumpul keluarga”

“Sedihan mana, enggak mudik aman dari omongan keluarga atau mudik tapi risih karena diomongin keluarga karena belum bawa calon” – diem deh tuh, melamun, bengong, sampai lebaran selesai

2.        Sholat Eid 



(sumber : TribunNews.com)

Selain aturan tidak boleh mudik, di situasi pandemi ini kita juga dianjurkan untuk beribadah di rumah saja termasuk untuk pelaksanaan sholat eid. Biasanya sholat berjamaah, tidak hanya di masjid bahkan hingga menutupi jalan lintas karena dipakai untuk pelaksanaan sholat eid. Setelah sholat bisa langsung bermaaf-maafan sama Jemaah yang lain.

Tapi, sholat di rumah juga tidak mengurangi pahala beribadah kok. Jadi, sholat eid nya di rumah aja ya, lakukan dengan khusyuk dan penuh keikhlasan supaya di hari nan fitrahnya bisa berjalan dengan lancar.

“Sibuk bener mau ngapain?”

“Nyari imam buat sholat eid, gue butuh imam”



3.    Bersilahturahmi


(Sumber : RiauSky.com)


Selama masa pandemi kita dianjurkan untuk melakukan social distancing, menjaga jarak satu sama lain, seminimalnya berjarak 1 meter. Kalau biasanya bisa langsung pergi ke rumah tetangga buat maaf-maafan, kali ini ya silahturahmi online. Jangan sia-siakan kecanggihan teknologi ya, kalau ada yang mudah jangan dibuat susah dong! Jangan risau juga karena silaturahmi online tidak akan mengurangi rasa permintaan maaf terhadap sesama. 
“Maafin gue ya, kalau ada salah-salah kata, salah rasa, ataupun salah cinta”

4.    Berburu THR


 (Sumber : OkeZOne.com)

Berburu THR (Tunjangan Hari Raya) menjadi ritual yang tidak bisa dilupakan. Seberapa banyak nominal uangnya, yang penting bisa masuk kantong. Jangankan anak-anak kecil, para mahasiswa juga sering haus THR. Lumayan bisa beli quota buat ngebucin – hehe. THR nya dipakai buat hal-hal yang berguna ya teman-teman, jangan boros, inget! Menjadi kaum melarat itu tidak enak, kalau sudah dapat THR ditabung mana tahu nanti bisa beli sahamnya Apple.

“Kaga ada THR-an tahun ini, lu jauh kaga bisa mudik”

“Elah bang, THR online juga boleh. Ini nomor rekening gue, ditunggu ya. Makasih bang, mohon maaf lahir dan batin hehe”

5.    Berburu makanan dan kue lebaran


 

(Sumber : WartaSolo.com)


Selain THR, ada lagi nih ritual lain yang perlu untuk diburu. Berburu makanan dan kue lebaran jadi favorit bagi para manusia pengunyah, memang sih tiap rumah yang di datangi menu nya hampir sama. Lontong, Ketupat, Rendang, Nastar, Cookies Coklat, dan lainnya. Seru ya, kalau dimakan bareng-bareng dan yang punya rumah juga bakalan senang saat makanan yang disuguhkan sudah ludes.

Lebaran dirumah aja bisa menjalani ritual seperti ini tidak? Bisa dong! Jangan khawatir, pasti ada tetangga berhati malaikat yang baik akan mengantarkan makanan dan kuenya.

“Aduh, Bu Ida repot-repot pakai antar segala. Makasih ya bu, mohon maaf lahir dan batin ya bu”

“Sama-sama ya nak Ucok, ibu juga mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri mohon maaf lahir 
dan batin. Ini ibu ada makanan, semoga nak Ucok suka”
“Pasti suka bu, jangan khawatir ini pasti habis” -- tenang buat anak kos jangan khawatir, berdoa saja akan ada Ibu Ida lainnya di tempat kalian



6.    Berkunjung ke tempat wisata



                                                              (sumber : OkeZone.com)


Di situasi normal tanpa Covid-19 suasana jalan lintas saat lebaran pasti akan sangat ramai. Banyak masyarakat yang memanfaatkan kesempatan untuk berkunjung ke berbagai tempat, baik ke rumah saudara, teman, ataupun berwisata. Jadi tak heran jika jalanan macet tak karuan karena semua punya rencana masing-masing.

Hanya saja, di situasi pandemi jangan coba-coba untuk berwisata ya teman-teman. Bukan karena jalanan macet, tapi kita memang tidak dianjurkan untuk berpergian keluar rumah dan berada dalam kerumunan. Sudah, dirumah aja! Jika keadaan membaik, kalian bebas untuk berwisata kemanapun. Intinya bersabarlah!

“Ngapain buka google map?”

“Mau jalan-jalan”

“Ikutan, kemana?”

“Zimbabwe! Let’s go!”—anak kos memang kreatif








Posting Komentar

0 Komentar