Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

7 TIPS JADI MAHASISWA BERPRESTASI

Halo sobat ilook, bagaimana kabarnya, Masih betah kan #dirumahaja ? Atau udah banyak tabungan rindu?  rindu kuliah maksudnya.

Tak terasa 3 pekan sudah, semua kegiatan perkuliahan diliburkan dan diganti dengan proses belajar secara Daring. Ada banyak kegiatan yang tertunda bahkan terancam gagal dilaksanakan, karena wabah covid-19 mengharuskan tidak bisa bertatap muka secara langsung, dan melaksanakan kegiatan-kegiatan tersebut. Jadi sobat ilook harus tetep semangat ya belajar dirumah selama menjalani masa self-quarantine.

Nah kali ini ilook akan menyajikan informasi  mengenai bagaimana tips serta menjadi mahasiswa yang berprestasi, versi salah satu mapres unib 2020 nih.

Sumber: Redaksi Ilook

Melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan adalah mimpi dari setiap pelajar yang baru lulus dari sekolah, right?

Menjadi mahasiswa berprestasi tentunya juga menjadi keinginan setiap orang yang menjalani perkuliahan. Akan tetapi ternyata untuk mendapat gelar mahasisiwa berprestasi bukan perkara yang mudah, karena harus dibekali dengan berbagai kemampuan serta harus melalui beberapa proses.

Pilmapres ini merupakan program  yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (KEMDIKBUD), program ini merupakan ajang untuk kamu dapat menunjukan kemampuan dan mengukur potensi pada diri kamu bersaing dengan mahasiswa lainnya, nah untuk dapat bersaing jadi kamu harus punya hard skill dan soft skill yang mumpuni.
Sobat ilook tau hard skill dan soft skill itu apa ?

Nah, hard skill adalah kemampuan atau kecakapan dalam ilmu pengetahuan, kemampuan menggunakan teknologi dengan baik dan keterampilan teknis yang berhubungan dengan ilmunya. Sedangkan soft skill adalah kemampuan seseorang dalam mengatur diri sendiri dan kemampuan berhubungan dengan orang lain, meliputi bagaimana kepribadian kamu, karateristik, kemampuan berbahasa yang bagus, kepedulian, serta sifat optimisme. Ketika kamu punya kemampuan hard skill dan soft skill yang baik, kamu punya peluang yang besar untuk sukses menjadi mahasisiwa berprestasi. Lalu, bagaimana tips suksesnya?

Saprida Yani Harahap, mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan angkatan 2017 (FKIP) UNIB, yang terpilih menjadi pemenang pertama pada pilmapres 2020 untuk kategori S1, memberikan beberapa tips sukses dalam pemilihan mahasiswa berprestasi. Tips tersebut di berikan pada saat wawancara secara online oleh salah satu tim ilook.
Rida, panggilan akrabnya, menuturkan bahwa beberapa tips yang sudah dilakukannya agar dapat menjadi pemenang pilmapres 2020. Berikut yang tim ilook rangkum di bawah ini :

1. Jangan Takut Untuk Mencoba

Sumber: kitapunya.net

“Awalnya saya sempat ragu untuk ikut seleksi FKIP saya juga merasa pesimis, tapi Alhamdulillah saya punya teman-teman yang selalu mendukung serta lingkungan yang sangat positif, dari sana saya punya semangat untuk ikut pilmpares, dukungan dari teman-teman serta doa menguatkan saya.” Jelasnya dikutip dari hasil wawancara.

Ketakutan untuk mencoba merupakan penghalang yang sering di alami oleh siapapun untuk memulai sesuatu, padahal seharusnya kamu harus mencoba terlebih dahulu, terlepas apakah kamu akan berhasil ataupun tidak, yang terpenting kamu sudah memulai. Karena jika kamu sudah memulai kamu akan tau bagaimana proses yang harus dilalui serta hal itu menjadi pelajaran baru, agar kamu bisa lebih mempersiapkan diri untuk kompetisi berikutnya, jika memang belum berhasil.

2. Lebih Baik Gagal daripada Tidak Mencoba Sama Sekali

Sumber: rencanamu.id

Dalam hidup ini  setiap orang memiliki peluang, akan tetapi kamu sering kali terlalu, cemas dan khawatir akan kegagalan sehingga kamu enggan untuk mencoba dan mengambil peluang yang ada. Alhasil tidak pernah maju dan kamu tertinggal dari orang-orang yang mau menyingkirkan ketakutanya. Nah, mulai hari ini mari rubah pola fikir yang seperti itu, mulailah untuk menjadi orang yang optimis dan berani mencoba, karena kamu tidak pernah tau apa yang akan terjadi nanti. Bisa saja Tuhan meridhoi usaha dan kerja keras kamu sehingga kamu berhasil. Akan tetapi, jika memang belum berhasil, kamu tidak akan menyesal karena sudah mencoba dan sudah berusaha. 

Bukankah kesuskesan satu paket dengan kegagalan? Ketika kamu gagal kamu harus terus mencoba sampai stok gagal mu habis dan pada akhirnya kamu akan meraih yang namanya sukses.. Setuju?

3. Persiapan KTI dengan Sebaik Mungkin

Sumber: darta.co.id

Salah satu persyaratan agar kamu bisa ikut ajang pilmapres adalah memiliki karya tulis ilmiah. Buatlah karya tulis ilmiah yang menarik berisi gagasan dengan analisis yang bagus dan bermanfaat serta lebih mudah untuk diaplikasikan.

4. Latihan Presentasi Semaksimal Mungkin

Sumber: kaskus.co.id

Melakukan latihan presentasi sesering mungkin dan disertai tanya jawab dengan sesama temanmu, untuk meningkatkan kemampuan presentasi di depan dewan juri.

5. Melatih Kemampuan Berbahasa Inggris

Sumber: borneonews.co.id

Kemampuan berbahasa inggris merupakan salah satu syarat yang harus kamu kuasai, karena pada pemilihan pilmapres kamu akan melakukan presentasi mengenai KTI yang sudah kamu buat, dengan menggunakan Bahasa Inggris.

6. Perbanyak Prestasi

Sumber: bimakini.com

Karena kamu akan diminta mengumpulkan bukti prestasi, seperti piagam lomba ataupun pelatihan, baik tingkat nasional atau pun piagam lainnya, jadi sudah menjadi keharusan untuk kamu ikut dalam berbagai kegiatan serta lomba antar mahasisiwa, baik dalam skala regional, nasional atau bahkan lebih bagus jika kamu bisa mengikuti perlombaan skala internasional.

7. Bergabung di Organisasi

Sumber: jagad.id

Mengikuti organisasi merupakan wadah untuk mengasah kemampuan Soft Skill kamu. Dengan mengikuti organisasi, kamu akan mendapat banyak pengalaman yang sangat berguna untuk dunia kerja nanti. Selain itu, dengan mengikuti organisasi, kamu dapat melatih kemampuan Public Speaking, melatih Leadership, meningkatkan wawasan dan pengetahuan, membentuk karakter diri dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kita suguhkan kali ini untuk sobat ilook, so jangan ragu lagi buat mencoba ya, karena selagi kamu mau mencoba dan berusaha, maka kamu punya kesempatan untuk bisa menjadi mahasiswa berprestasi. (YMS)

Posting Komentar

0 Komentar