Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

10 HAL MENARIK KENAPA HARUS KULIAH DI UNIB

Rektorat Universitas Bengkulu

Halo sobat Ilook! Apa kabar nih mahasiswa/i millennial? Harapannya kalian semua baik yaa, dan tentunya Ilook Unib kembali menyuguhkan artikel menarik untuk semua pembaca setia website Ilook. Daripada lama-lama langsung aja baca artikel baru hari ini yuk!
Memang apa yang menarik sih kuliah di UNIB?
Kenapa juga harus kuliah di UNIB?
Gue enggak tahu UNIB, memang UNIB apaan?
Lu kuliah dimana sih, kaga pernah keliatan?
Lu yakin mau pilih UNIB bro?

--- hmm, begitu kisi-kisi pertanyaan dari orang baru atau teman-teman yang kuliahnya diluar UNIB. Bisa jadi juga banyak pertanyaan lain yang akan dilontarkan mereka ke kita, khususnya tentang UNIB. Nah, bagi kalian yang pernah berada di posisi ini, bakal jawab apa ya? Apa bakal ngejelasin sedetail mungkin tentang UNIB? Bagus dong! Sebagai mahasiswa UNIB tentunya harus tahu seluk-beluk kehidupan yang ada di UNIB. Karena ada beberapa hal lain nih yang harus diketahui supaya kamu enggak gelapan waktu keterima atau sudah berkuliah di UNIB. Mau tahu apa saja, simak kelanjutannya di bawah ini :

Sebutan Kekinian Untuk UNIB
Sport Center Universitas Bengkulu

UNIB sering disebut “UI” atau “UB” nya Kota Bengkulu, alias kepanjangan dari UI (UNIB Inilah) atau kalau biasanya UB (Universitas Brawijaya) UB juga kepanjangan dari (Universitas Bengkulu). Banyak sekali yang menyalahi posisi atau keberadaan UNIB, terkadang mereka yang belum tahu dan asal tebak UNIB itu ada di Kalimantan, padahal UNIB menjadi salah satu kampus terluas yang ada di pulau Sumatera lho! (wah kalau gitu, mereka harus rajin buka google map nih)

Banyak Jurusan Yang Bisa Dipilih
UNIB telah berdiri selama 38 tahun, salah satu kampus negeri di Bengkulu ini memiliki 8 Fakultas dan 79 Jurusan yang tentunya terdapat banyak mahasiswa/i yang sedang menempuh pendidikan ataupun yang diminati bagi para calon mahasiswa baru.

“lulus sekolah mau masuk jurusan apa lu?”
“jurusan yang enak aja dah”
“emang ada gitu jurusan yang enak?”

PKK Yang Menyenangkan Dan Mengesankan
PKK Universitas Bengkulu

Ngomongin PKK (Pengenalan Kehidupan Kampus) pasti pada keinget gimana polosnya zaman itu kan? Anak cowok yang kepalanya dibotakin, anak cewek yang rambutnya harus diikat dua, pakai baju hitam putih, bawa kertas atau plastik rumbai-rumbai buat papermob, hingga bawa ikat kepala buat aksi. Semua mahasiswa baru pasti ngerasain hal ini, memang hanya dua hari tapi kesannya dapet banget! PKK Universitas itu memberikan kesempatan pada kita untuk bisa kenal dan bergaul dengan mahasiswa dari jurusan lain, kita jadi punya banyak relasi dari berbagai kalangan, bisa bertukar cerita ataupun pengalaman lainnya.

PKK Universitas Bengkulu

Setelah PKK Universitas, akan dilanjutkan kembali dengan PKK yang diadakan oleh fakultas masing-masing selama dua hari juga. Selepas PKK Universitas dan Fakultas, akan diteruskan dengan kegiatan yang ada di jurusan masing-masing. Biasanya akan ada 3 pengkaderan di setiap jurusan, mulai dari ospek jurusan, pelatihan manajemen organisasi dan juga kemah bakti sosial. Semua itu sesuai dengan ketentuan panitia pelaksana, yang pasti kalian akan mendapatkan pengalaman mengesankan deh!

“lu ospek mulu, kapan kuliahnya dah?”
“lu juga kuliah mulu, kapan wisudanya dah?”
“nyindirnya kebangetan lu”

Spot Photo Yang Instagramable
Danau Inspirasi UNIB Sumber: thisglory.blogspot.com

UNIB memiliki luasan sebesar 24,9 Ha yang kini dimanfaatkan untuk banyak hal diantaranya pembangunan gedung belajar, sarana dan prasana yang menunjang kemajuan kampus, hingga pada lokasi yang cukup nyaman bagi kegiatan mahasiswa. Saat ini sudah banyak sekali spot photo menarik bagi para pengguna media sosial, terdapat lokasi dan view menarik dari UNIB yang bisa dijadikan sebagai hasil gambar.
  1. Dinding perpustakaan UNIB
  2. Area spot center yang berada di lokasi unib depan
  3. Halaman rektorat
  4. Taman kura-kura atau taman pintar FKIP
  5. Gedung pascasarjana FKIP
  6. Gedung LPTIK dan bagian belakangnya, terdapat tangga bertingkat yang berbentuk setengah lingkaran
  7. Danau UNIB (danau inspirasi)
“pengen deh photo di dinding perpus”
“lu udah kuliah berapa lama kaga pernah photo disana?”
“hehe, malu soalnya dikata alay ntar”


Jajanan UNIB Memang Paling Mantul
Jalanan UNIB Belakang Sumber: re19membrance.blogspot.com

Jangan khawatir dengan masalah kuliner di kampus UNIB ya, karena lokasi kampus dikelilingi banyak makanan dan minuman yang enak serta murah meriah! Sepanjang jalan lokasi unib depan ataupun belakang selalu diramaikan oleh mahasiswa/i UNIB untuk mencicipi banyak ragam jajanan. Jangan takut guys, karena harganya ramah di kantong mahasiswa.

“geprek! Geprek! Ada yang mau nitip kaga nih”
“geprek mana cuy?”
“curup boleh dah, eh apa manna yak? Geprek mana woy”
“geprek bensu bro!”
“jauh itu mah!”


Jaringan Internet Menjadi Kebutuhan Primer Mahasiswa
Sumber: lptik.unib.ac.id

Era modern saat ini, memang menuntun kita untuk menjadi lebih update dari segala sisi. Tak heran jika semuanya menjadikan internet sebagai hal utama yang tidak boleh dilupakan. Selain perpustakaan, mahasiswa juga sering berkunjung ke gedung LPTIK untuk mencari lebih banyak informasi, ataupun referensi bacaan online untuk tugas. Mahasiswa UNIB dapat menggunakan ID mahasiswa beserta password yang ada agar bisa mengakses internet sepuasnya. (sepuasnya bro!—widih kaga pakai bayar, gratis!) Tidak hanya di lokasi ini saja, untuk semua mahasiswa UNIB bisa menggunakannya dimana saja asalkan masih dalam lingkungan UNIB ya.

“pencitraan banget dah bilangnya ke LPTIK nyari tugas, biasanya juga buat login FF”
“tau banget sih, yakin deh gue lu mau ikutan login”
“siap laksanakan bos!”


Mapres UNIB Setiap Tahunnya
Mahasiswa Berprestasi Sumber: unib.ac.id

Masalah prestasi, UNIB enggak main-main dong. Banyak mahasiswa/i UNIB yang memiliki segudang prestasi, mereka saling berlomba untuk menjadi yang terbaik. UNIB tidak pernah memberi batasan pada semua mahasiswa yang ingin menyalurkan bakat, mengasah keterampilan ataupun skillnya demi meningkatkan kualitas dari sumber daya mahasiswa. UNIB memang bangga dengan semua yang telah diberikan oleh mahasiswa/i terbaiknya, dapat membawa nama UNIB ke kancah nasional maupun internasional.

“si Ucok keren banget dah udah sampe ke Thailand aja”
“lah iya keren, lu ngapa kaga nyusul?”
“kalau gue nyusul, ntar kaga ada temen lu buat nongkrong ngopi sambil nge war disini”
“beuh gaya banget dah”


Berburu Beasiswa Bisa Kapan Saja
Berbagai Jenis Beasiswa

Beasiswa UNIB bisa didapatkan kapan saja, sesuai persyaratan kalian bisa mencicipi berbagai macam jenis beasiswa yang ditawarkan. Oleh karena itu, jangan sia-siakan kesempatan yang ada ya! Menjadi penerima beasiswa sudah pasti memiliki banyak keuntungan lho! Salah satunya, dapat meringankan biaya kuliah ataupun bisa digunakan untuk keperluan penting lainnya. Kalian harus lebih rajin untuk berburu, karena biasanya akan banyak mahasiswa yang rebutan nih buat ngedapetin kesempatan ini. Tetap semangat!

“lu kaga mau traktir gue apaan gitu?”
“traktir apaan?”
“gue denger sih udah ada yang cair”
(jangan heran sama temen  yang bukan hanya berburu beasiswanya, tapi juga berburu penerima beasiswa. Biasanya mereka lebih update buat minta traktiran)


Bergabung Dalam Berbagai Organisasi
Pelantikan BEM Universitas Bengkulu Sumber: reportaserakyat.com

Menjadi mahasiswa UNIB bukan hanya ahli dalam bidang akademik, tetapi kita harus bisa menyeimbangkan dengan kegiatan berorganisasi. Mahasiswa UNIB dapat bergabung dalam organisasi yang diinginkan. UNIB mewadahi seluruh mahasiswa agar dapat berkesempatan dalam suatu organisasi. Gedung PKM menjadi pusat dari setiap organisasi yang terbentuk, mulai dari tingkat fakultas hingga universitas. Tentunya, dengan berorganisasi dapat membantu mahasiswa untuk menjadi pribadi yang lebih baik, mengasah bakat yang dimiliki, belajar dan menemukan wawasan baru, serta memperluas jaringan dan relasi.

“masuk organisasi sana-sini enggak menjamin lu bakalan sukses”
“gue yang udah masuk sana-sini aja belum tentu bisa sukses, apalagi elu yang cuma tahu goleran di kosan”
“gue canda doang, lu serius amat dah”


Lulusan UNIB Bakal Jadi Apa?
Wisuda Universitas Bengkulu Sumber: IG @ilook.unib

Terlepas dari bangku perkuliahan nanti, semua akan bertanya-tanya setelah lulus nanti akan jadi apa? Kerja dimana? Sudah ada jabatan apa? Hmm, sensitive sih. Tapi memang semuanya perlu dipersiapkan dari sekarang, tidak sedikit diantara alumni UNIB yang sekarang sudah sukses lho! Banyak diantara mereka yang tentunya berhasil mengharumkan almamater UNIB. Namun semua ini kembali pada pribadi masing-masing, dengan niat, tekat, dan usaha semua bisa terwujud. Bukan hanya dilihat darimana kita berasal ataupun bagaimana latar belakang kehidupan kita. Semua yang pernah menempuh pendidikan di UNIB, memiliki kesempatan yang sama untuk bisa meraih kesuksesannya.


Hal penting yang sudah seharusnya ditanamkan mulai dari sekarang yakni terus berusaha dan semangat untuk apapun yang diinginkan. Karena semua pencapaian itu tidaklah mudah, semasa kuliah juga tidak hanya harus masuk-pulang kuliah saja, isi waktumu dengan kegiatan bermanfaat, belajar dan bekerja lebih keras agar nantinya semua ekspektasi yang diharapkan menjadi realita yang diimpikan.

“lu masuk jurusan teknik, ntar lulus mau jadi apa?”
“youtuber”

Nah, itu tadi 10 hal yang bisa dijadikan jawaban atas pertanyaan “kenapa harus kuliah di UNIB?” semoga bermanfaat yaa guys! (Akf)

Posting Komentar

0 Komentar