Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

4 JALUR MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI! NOMOR 4 MASIH JARANG ADA YANG TAU YUK SIMAK!!

Hallo Sobat Ilook udah tau belum  semua jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri?

Perguruan Tinggi adalah jenjang pendidikan lanjutan setelah menyelesaikan Pendidikan Menengah Atas. Di Indonesia, terdapat berbagai jenis perguruan tinggi, seperti universitas, institut, politeknik, sekolah tinggi, akademi, dan sebagainya. Perguruan tinggi juga dapat dibedakan menjadi perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS).

Untuk dapat masuk Perguruan Tinggi, para calon Mahasiswa harus mengikuti serangkaian seleksi dan peraturan dari Perguruan Tinggi yang dituju dengan jalur yang berbeda-beda. Jalur seleksi masuk PTN sangat berpengaruh terhadap diterimahnya mahasiswa pada kampus yang dituju. Pemerintah, melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) mengumumkan 4 Jalur masuk PTN diantaranya, Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional berdasarkan Tes (SNBT), Seleksi Mandiri - Ujian, dan Seleksi  Mandiri - Jalur Khusus.

4 Jalur Perguruan Tinggi Negeri :

1. Seleksi Nasional berdasarkan Prestasi (SNBP)

SNBP (https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/snbp) adalah seleksi yang dilaksanakan berdasarkan Prestasi. Atau lebih dikenal dengan seleksi berdasarkan nilai Rapor dan Prestasi baik dibidang akademik maupaun non akademik.

SNBP akan mempertimbangkan prestasi berdasarkan 2 komponen penilaian, yaitu :

1. Minimal 50% Keseluruhan Komponen Penilaian Pertama adalah rata-rata nilai rapor seluruh mata pelajaran paling sedikit 50% dari bobot penilaian.

2. Maksimal 50% komponen penggali minat dan bakat, komponen kedua ini akan menghitung nilai rapor dari paling banyak dua mata pelajaran pendukung program studi yang dituju, portofolio dan/ prestasi lainnya.

2. Seleksi Nasional berdasarkan Tes (UTBK - SNBT)

Merupakan seleksi yang dilakukan berdasarkan hasil nilai Tes Skolastik yang berbasis komputer. Materi yang akan diajukan pada SNBT (https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/) adalah Tes Potensia Skolastik (TPS) dan Tes Literasi yang terdiri dari Tujuh subtes, antara lain :

1. Kemampuan Penalaran Umum

2. Kemampuan Kuantitatif

3. Pengetahuan dan Pemahaman Umum

4. Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis

5. Penalaran Matematika

6. Literasi Bahasa Indonesia

7. Literasi Bahasa Inggris

3. Seleksi Mandiri - Ujian

Seleksi Mandiri adalah jalur yang diselenggarakan oleh masing-masing Perguruan Tinggi. Jalur ini memberikan kesempatan bagi siswa yang tidak lolos seleksi Jalur SNBP maupun SNBT. Metode seleksi Mandiri Ujian bervariasi, diantaranya adalah menggunakan nilai Ujian Seleksi yang diadakan secara mandiri. Namun ada juga beberapa PTN yang membuka seleksi mandiri menggunakan nilai komponen UTBK.

Contoh Seleksi Mandiri yang menggunakan Ujian :

1. SIMAK UI

2. CBT UGM

3. UM UNDIP

4. SM IPB

dan masih banyak yang lain-lain.

Khusus buat sobat yang mau masuk Universitas Bengkulu melalui jalur Mandiri dapat mengikuti seleksi SMMPTN Barat (https://smmptnbarat.id/)

4. Seleksi Mandiri - Jalur Khusus

1. Jalur Khusus Prestasi

Jalur khusus bagi siswa dengan menggunakan rapor atau prestasi tertentu, seperti olahraga, seni, atau kegiatan ilmiah. Jalur ini sering memerlukan portofolio atau bukti prestasi sebagai bagian dari proses seleksi.

2. Jalur Khusus Lainnya

Jalur khusus bagi siswa dengan persyaratan tertentu, misal :

a. Jalur Khusus Ketua Osis

b. Jalur Khusus Hafidz

c. Jalur Khusus Youtuber / Content Creator

d. Jalur Khusus Pemenang Olimpiade

e. Jalur Bibit Unggul tidak mampu

Umumnya seleksi mandiri khusus ini justru dilakukan sebelum pengumuman SNBP dan SNBT (tergantung kebijakan PTN masing-masing).

Untuk informasi lebih lanjut dapat dilihat pada laman Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi https://www.kemdikbud.go.id/  (Dinda)

 

Posting Komentar

0 Komentar