Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

5 JURUSAN TERSULIT di FMIPA UNIVERSITAS BENGKULU! Ada Jurusanmu?


Hallo Sobat Ilook, memilih jurusan untuk berkuliah bukanlah perkara yang mudah, bahkan tergolong sulit. Dimana kita harus mempertimbangkan dari awal perkuliahan sampai kelak saatnya wisuda.

Kita pastinya memiliki alasan dan tujuan yang visioner ketika memutuskan dan mematangkan pilihan jurusan untuk berkuliah. Biasanya dimulai dari cita-cita kita, keinginan kita, bakat dan kemampuan serta mempertimbangkan prospek kerja dimasa mendatang. Yah alasan inilah yang kerap kali membuat kita pusing saat memilih jurusan, dan terkadang menjadi boomerang saat sudah menjalani perkuliahan, karna ternyata semua tak sesuai ekspektasi. Bener ga sih?!

Perlu diketahui juga nih, ternyata banyak jurusan yang terkenal sulit dibeberapa Fakultas di Universitas Bengkulu. Terutama di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, yang menuntut Mahasiswa nya untuk menjadi saintis muda. Jurusan-jurusan ini menuntut dedikasi, kerja keras, keuletan dan ketekunan yang tinggi dari Para Mahasiswa. Penasaran gak sama jurusan yang dimaksud? Berdasarkan survei dari Instagram Iookpedia @ilookpedia dengan indikator: laporan praktikum, tugas hapalan, tugas mata kuliah, kuis dan UAS, ini dia 5 Jurusan tersulit di FMIPA universitas Bengkulu.

1. Statistika

Jurusan Statistika merupakan anak dan/ turunan dari Ilmu Matematika yang begitu komplek. Statistika lebih menekankan perhitungan pada data yang nantinya dikelola dan disajikan menjadi lebih sederhana dan mudah dipahami. Pada pembelajarannya jurusan Statistika lebih jauh mendalami mengenai data statistik, mahasiswa di tuntut untuk dapat menganalisis, menyusun dan menentukan data statistika dengan banyak pemograman dan laporan data.

2. Farmasi

Jurusan Farmasi merupakan sebuah program studi yang berfokus dibawah payung ilmu medis. Materi utama jurusan ini adalah ilmu pengobatan, di mana mahasiswa di dorong untuk melihat proses pembuatan obat dengan segala hal lain yang perlu diketahui oleh apoteker seperti interaksi senyawa kimi pada obat, sesuai ujaran Oxford. Tapi perlu dipahami juga nih pada pembelajarannya Jurusan Farmasi tidak hanya mempelajari tentang obat, melainkan mengenai anatomi tubuh, Matematika, Fisika, Kimia, Biologi sel, tumbuhan obat, kosmetik, Kesehatan Masyarakat, bahkan sampai ke Manajemen dan Pemasaran. Juga pastinya Mahasiswa dituntut untuk dapat dengan mudah menghafal dan membuat laporan.

3. Kimia

Jurusan Kimia merupakan cabang ilmu yang mempelajari komposisi, struktur, dan sifat zat atau materi dari skala atom hingga molekul dan transformasi yang terjadi kemudian mengubah sifat dari materi tersebut. Dan tentu saja, Kimia merupakan ilmu pengetahuan pusat yang menjembatani ilmu fisika, biologi, dan geologi, dan tentu saja ini menjadikan Jurusan Kimia memiliki reputasi sebagai salah satu jurusan tersulit di FMIPA.

4. Geofisika

Jurusan Geofisika adalah cabang ilmu dari Fisika dan Geologi, sebuah ilmu yang mempelajari seisi bumi menggunakan prinsip Fisika. Geofisika merupakan ilmu yang mempelajari aspek-aspek fisik dan dinamika bumi, lalu bagaimana melakukan pengukuran dan melakukan pemrosesan data mengenai gejala-gejala alam tersebut. Pada Geofisika dikembangkan teknologi untuk pemanfaatan sumberdaya bumi, lingkungan alam dan mitigasi bencana kebumian. Geofisikawan dituntut untuk dapat memecahkan masalah menggunakan prinsip dan/ ilmu Fisika. Pada pembelajarannya, Mahasiswa Geofisika ditekan untuk kuat fisik dan mental, karna harus mengeksplorasi alam guna mencari data kebumian yang akan diolah menjadi analisis data dan data pemetaan dari yang dicari.

5. Fisika

Jurusan Fisika merupakan ilmu dasar dari ilmu-ilmu lain. Jurusan Fisika mempelajari ilmu Mekanika, Termodinamika, Elektromagnetika, Kuantum, Nuklir, Partikel, karena itu merupakan core-nya Ilmu Fisika. Selain itu, ada mata kuliah turunan elektronika seperti Mikrokontroler, Sensor, Sistem Instrumen untuk mengasah. Jadi dapat dipastikan, untuk orang-orang yang pasrah ilmu Fisika adalah ilmu yang sangat sulit untuk dipelajari.

Gimana nih saintis muda? Setuju tidak dengan list di atas? Perlu diingat, list ini merupakan hasil survei tim ilookpedia terhadap para saintis Muda Universitas Bengkulu. Juga perlu diingat nih setiap individu memiliki kemampuan serta tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Dan of-corse agar perkuliahan tidak terasa sulit maka jadikan perkuliahan sebagai tempat berkembang dan bertumbuh untuk menjadi lebih baik, Semangat para pejuang kesuksesan, ingat nikmati dan jalani. (Dinda)

Posting Komentar

0 Komentar