Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

Mahasiswa? Kamu harus tahu ini!

Penulis : Nabila Mar’atus Solihah

Hai sobat ilook! Euphoria momen lebaran sepertinya masih sangat terasa yaa. Eits namun sebagai mahasiswa jangan sampai lupa identitas diri dan ingat kembali tugas utamamu,menjadi mahasiswa merupakan proses panjang menuju kematangan pemikiran. Prinsip dan tekad yang kuat sangat diperlukan untuk melalui proses tersebut. Berikut ilook unib berbagi tips dalam menjalani proses tersebut.

Manfaatkan waktu yang ada

Usia muda adalah aset yang paling berharga, menjadi mahasiswa merupakan peluang briliant! Maksimalkan waktu masa mudamu! Jangan tidur dan rebahan terus sobat. Dunia ini terus berputar, kita sedang berkompetisi. Bangunlah disaat orang lain tertidur maka kamu sudah bisa berjalan disaat orang lain mulai bangun, dan kamu berlari disaat orang lain mulai berjalan. Jangan biarkan waktu dan semangatmu terbuang sia-sia. Mulailah investasi leher ke atas. Bacalah buku agar terbuka wawasanmu, bersosialisasilah agar kaya sudut pandangmu, teruslah bergerak agar tenang masa tuamu.

Ilmu tak ada yang sia-sia

Manfaatkan peluang mahasiswa untuk mempelajari segala hal. Jangan batasi dirimu dalam belajar! Percayalah ilmu dan pengorbananmu tidak akan sia-sia. Ikuti instingmu dan tekuni hobimu. Minat desain grafis tetapi belum bisa? Pelajari! Ikuti UKM yang berkaitan dengan pelatihan desain grafis. Suka musik, tapi malu? Lawan rasa takutmu! Ikuti UKM musik itu. Sudah ikut organisasi tetapi merasa lelah dan tidak berguna? Siapa bilang? Pengorbananmu itu tidak sia-sia, hanya saja belum terlihat manfaatnya. Perihal waktu yang bisa menjawab semuanya! Lelah berlatih akan membuatmu mahir, lelah berorganisasi akan membuatmu cakap dalam bersosialiasi dan mengungkapkan pendapat. Kuncinya harus tahan menjalani proses! Banyak sarjana yang sudah menyandang gelar tetapi masih belum tau harus berbuat apa, jangan sampai itu dirimu sobat!

Ketahui tujuan hidupmu

Masa menuju pendewasaan kematangan pemikiran merupakan momen yang sangat menantang. Kamu harus mengetahui arah tujuan hidupmu agar tidak mudah terombang-ambing dan asal ikut-ikutan dengan keputusan dan pemikiran orang lain. Hidup bukan hanya untuk makan tidur sobat! Kamu harus tau pencapaian terbesar dalam hidupmu. Rancang dan buatlah target jangka pendek maupun panjang. Masalah terwujud atau tidaknya itu urusan yang maha kuasa! Misal ingin menjadi presiden, namun tidak terwujud? Mungkin kamu akan menjadi gubernur yang memiliki pemikiran mendekati layaknya presiden karena proses yang kamu lalui. Jadikan agama pedoman hidup juga sobat, jangan sampai salah dibenarkan dan benar disalahkan!

Nah gimana guys, semoga tips tadi bisa memberi manfaat ya. Semangat untuk berproses menjadi manusia berkualitas!

Posting Komentar

0 Komentar