Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

Sempat Ricuh, Pencabutan SK Pembekuan BEM FH UNIB ! Akhirnya Disetujui

Dokumentasi : BEM KBM UNIB 2021

BENGKULU – Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa se-Universitas Bengkulu (Unib) menggelar aksi unjuk rasa di depan Fakultas Hukum Universitas Bengkulu, Selasa (24/8).

Ratusan mahasiswa menyampaikan orasi dan membentang spanduk-spanduk penolakan terhadap kebijakan Dekanat Fakultas Hukum UNIB, atas pembekuan yang berkesan tidak mendasar dan cacat prosedur administrasi.

Serta menolak adanya pembungkaman BEM FH yang dilakukan secara sepihak oleh pimpinan kampus yang dinilai antikritik.

Dokumentasi : BEM KBM UNIB 2021

Mahasiswa yang datang dan berkumpul dari pagi hingga sore memadati gedung Dekanat Fakultas Hukum UNIB ini pun, melakukan berbagai macam aksi demonstrasi dan hal tersebut berujung pada poin-poin tuntutan yang sempat dilayangkan oleh aliansi BEM se-Unib terhadap pencabutan pembekuan kepengurusan BEM Fakultas Hukum oleh pihak Dekanat Fakultas Hukum UNIB, yang hingga siang saat pelaksanaan aksi belum mendapatkan respon yang diingikan.

Adapun tuntutan dari para Mahasiswa, yakni menuntut pihak Fakultas Hukum untuk segera mencabut SK pembekuan kepengurusan BEM Fakultas Hukum Unib.

Menuntut pimpinan Unib untuk dapat menjamin demokrasi di dalam kampus, dan meminta pihak universitas untuk mengusut tuntas keputusan dari Dekanat Fakultas Hukum Unib terkait dengan adanya pembekuan BEM FH.

Aksi tersebut sempat diwarnai oleh adu argumentasi antara pihak Dekanat Fakultas Hukum dengan massa yang menggelar aksi

Lantaran massa meminta pihak dekanat untuk segera menanggapi tuntutan massa dan menggelar dialog terbuka.

Dokumentasi : BEM KBM UNIB 2021

Tetapi Hal ini menjadi ujung tombak kericuhan yang terjadi antara Mahasiswa dan Pihak keamanan Kampus yaitu Satpam, serta sempat ada kekerasan fisik terjadi yang dilakukan oleh beberapa Oknum dari Satpam UNIB.

Dari pihak dekanat yang sempat dihadiri perwakilan Birokrasi dari Fakultas Hukum  yaitu Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Edra Satmaidi, mengatakan siap melaksanakan dialog dengan perwakilan mahasiswa di salah satu ruang gedung Dekanat Fakultas Hukum yang sudah disiapkan.

“Kita sudah sama-sama mendengarkan tuntutan, dan kita meminta untuk berdialog di dalam ruangan yang sudah kita siapkan. Dan hasilnya sudah kita setujui semua poin tuntutan mereka,” sampai Edra Satmaidi.

Setelah melakukan aksi hingga sore hari, akhirnya aksipun membuahkan hasil.

Dokumentasi : BEM KBM UNIB 2021

Berdasarkan hasil mediasi, pihak pimpinan memutuskan bahwa SK No.3094/UN.30.8/HK/2021 tentang pembekuan kepengurusan BEM FH UNIB resmi dicabut dan segala permasalahan akan diselesaikan secara kekeluargaan. (nbl)

Posting Komentar

0 Komentar