Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

Me Time is a Good Time : cara healing yang menyenangkan

Penulis : Rofika Arum Sukma Wenti

Redaksi : Annisa Kurnia Fitri

Sumber Gambar : inspiringtips.com

Halo sobat Ilook! Sudah weekend lagi nih dan tentunya masih berbalut suasana PPKM (Pelan-Pelan Kita Membulat) hehe. Efek PPKM yang enggak bisa keluar rumah bisa menggemuk ya? Kali ini Ilook website mau membahas suatu artikel yang pas banget untuk menghabiskan weekend para sobat Ilook lho! Yuk kita simak aja bahasannya di bawah ini ya.

Ngomongin weekend memang tidak bisa berjauhan dari suasana mood ya. Jika kalian menyadari bahwa mood kalian berkurang atau menurun, apa yang akan kalian lakukan untuk mengembalikannya?

Manusia dilahirkan memiliki tingkat kreativitas yang unik pada dirinya masing-masing. Dengan kemampuan tersebut, kita bisa melakukan sesuatu dengan cara kita masing-masing. Tentunya tidak ada kesamaan antara si A dengan si B ya guys! Ada cara ampuh untuk mengembalikan mood special bagi Sobat Ilook sekalian. Cara tersebut ialah dengan “Me Time” atau menyediakan waktu untuk diri sendiri.

Mengapa kita perlu me time?

Wajib bagi diri kita untuk merasakan kesehatan yang bukan hanya tentang fisik, namun psikis juga. Dengan me time, kita mampu menemukan jati diri, melepas stress, meningkatkan konsentrasi sehingga bisa kembali produktif seperti biasanya.

Ada 5 kegiatan positif yang bisa Sobat Ilook lakukan saat merasa lelah di tengah-tengah kesibukan. Misalnya nih, kegiatan paling rutin yang dilakukan untuk saat ini seperti “belajar daring”. Penasaran kan kegiatan apa aja yang bisa Sobat lakukan, ini dia 5 diantaranya :

1.        Meditasi

Sumber gambar : www.popbela.com

Kegiatan meditasi, menurut Dr. Putu Indah Budi Apsari, S.Ked., M.Si. merupakan teknik latihan konsentrasi yang digunakan untuk dapat meningkatkan taraf kesadaran, yang selanjutnya dapat membawa proses-proses mental dapat lebih terkontrol secara safar. Kegiatan meditasi bisa dilakukan di rumah apalagi dalam kondisi pandemi sekarang ini.

Setelah melakukan meditasi, biasanya seseorang akan merasakan positif vibes yang tentunya akan timbul kenyamanan secara psikologis dan lelah yang dirasa tadi akan berkurang. Singkatnya, seseorang akan merasakan lebih rileks setelah melakukan meditasi.

2.        Curhat Sama Teman

sumber gambar : www.winnetnews.com

Disela-sela belajar dan mengerjakan tugas, biasanya kita sering menggunakan waktu istirahat untuk bermain HP sambil scroll IG, TikTok, Twitter, dsb. Nah, daripada scroll yang ngga ada gunanya, mending curhat sama temen sambil minta masukan-masukan dari temen kalian. Ini juga bisa naikin mood yang entah perginya kemana lho! Kalian bisa curhat sambil rebahan atau sambil maskeran. Murah dan terjangkau bukan?

3.        Mendengarkan Musik

sumber gambar : doktersehat.com

Mayoritas pemuda jaman sekarang hobi untuk mendengarkan musik. Baik musik lokal maupun internasional. Ternyata mendengarkan musik bisa meningkatkan kesehatan seseorang, meringankan dari rasa sakit, perasaan-perasaan dan pikiran yang kurang menyenangkan serta membantu untuk mengurangi rasa cemas. Eits.. kalo lagi galau jangan dengerin lagu yang melow ya..

4.        Berolahraga

sumber gambar : jabarekspres.com

Bagi kalian yang hobi berolahraga, pasti akan memilih cara ini sebagai bentuk me time. Ada yang bermain futsal, lari pagi sambil menghirup udara segar, atau ada yang bermain sepeda di lingkungan rumahnya.

5.        Piknik atau jalan-jalan

Sumber Gambar : inspiringtips.com

“Piknik atuh woy. Gawe weh hayo. Beunghar henteu, gelo he’eh”, begitu kata orang Sunda. Yaps. Benar sekali. Biar enggak stress diri kita membutuhkan refreshing, misalnya dengan melakukan piknik kecil-kecilan, jalan-jalan ke tempat wisata, atau bahkan hanya sekedar berkendara layaknya mengukur jalan. Namun, hal ini positif untuk mengurangi rasa takut, bosan, cemas, atau berpikir yang berlebihan (overthinking).

Lalu kapan sih waktu yang tepat untuk melakukan me time?

Menurut American Holistic Health Association, perlu menyisihkan 20 menit untuk me time dalam setiap harinya. Pasti kita sering merasakan bosan melakukan aktivitas setiap hari. Sampai-sampai merasa bahwa dirinya akan stress jika terus melakukannya. Apalagi pelajar/mahasiswa yang harus menatap monitor saat pembelajaran berlangsung. Bosan sekali memang. Makanya, dalam sehari sempatkan waktu 20 menit untuk istirahat tapi tidak dengan bermain HP. Sejatinya istirahat yaitu dengan tidur. Supaya yang sudah dipelajari tidak tenggelam dengan konten-konten hasil scroll di berbagai media sosial. Boleh banget kalau Sobat Ilookpunya cara lain untuk melakukannya. Namun, jangan terlalu berlebihan ya.

Nah, Sobat Muda! Bagaimana bentuk me time versi kalian?

 

Posting Komentar

0 Komentar