Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

Tips Jitu Agar Sukses Presentasi Online

Di masa karantina pada seperti sekarang ini bukan berarti semangat kita untuk belajar public speaking berkurang, tetapi harus tetap bersemangat karena public speaking tidak akan mati seketika saat dunia ini teriolasi seperti sekarang percayalah karna masih ada yang namanya online presentation.

 Nah untuk itu pada artikel kali ini admin akan sharing beberapa tips agar membuat presentasi online yang bagus dan menarik dan bersemangat.
 
Oke, sebelum kita langsung ke pembahasan, ada beberapa hal teknis  yang harus kita lakukan dan cermati terlebih dahulu agar presentasi online yang kita lakukan tidak terganggu atau terkendala.

1. Pastikan memiliki jaringan yang stabil
Karena jika koneksi internet tidak baik, pada saat kita presentasi suara kita akan terputus-putus dan mengakibatkan pendengar gagal memahami apa yang kita presentasikan dan gagal fokus sehingga kurang mood lagi untuk mendengarkan presentasi kita.
(sumber gambar : www.tokopedia.com)

Jadi, first of all kita harus memastikan dulu jaringannya dalam keadaan baik untuk menghindari adanya gangguan-gangguan teknis pada yang terjadi pada saat presentasi sedang berlangsung.

2. Menggunakan alat bantu presentasi : Earphone/Headset
(sumber gambar : www.klikdokter.com)
Alat bantu presentasi seperti headset berguna untuk menangkap pendengaran yang lebih intens agar apa yang disampaikan langsung terdengar jelas dan yang tidak kalah penting, mikrofon pada headset berguna untuk memperjelas kata-kata saat kita berbicara walaupun dengan pelan-pelan dibandingkan hanya menggunakan mikrofon yang ada di laptop yang memakai suara lebih keras yang kadang pun banyak sekali terdengar suara-suara yang lain dari luar sehingga membuat audiensi kurang fokus dengan apa yang disampaikan presentator.
 
3.    Pastikan Share Video dalam mode ON
Kegunaannya agar wajah yang kita tampilkan di video dapat terlihat dengan jelas kepada para audiens. Karena pada saat melakukan komunikasi atau public speaking ada tiga hal utama yang harus diperhatikan yaitu V3: verbal, visual dan vocal. Nah, jadi pada saat bagian visualnya jangan sampai tidak dinyalakan sebab pada pada kita berpenampilan atau tampil ada hal-hal yang diperhatikan audiens seperti ekspresi, gestur, dinamika dalam berbicara yang bisa membantu audiens untuk lebih mengerti apa yang kita sampaikan karena disitu terkandung bahan-bahan dari komunikasi norverbalnya seperti ada penekanan, ekspresi dan lain-lain yang bisa membuat audiens lebih mengerti dan paham terhadap apa yang kita sampaikan .

Nah..untuk selanjutnya mari kia bahas hal-hal apa saja yang harus kita lakukan selama presentasi berlangsung :

1. Membuat slide PPT yang menarik dan tersusun
(sumber gambar : portalpapua.pikiran-rakyat.com)
Ketika melakukan presentasi online tak lupa kita membuat power point  sebagai wadah kita menuliskan informasi dari presentasi yang ingin kita sampaikan kepada audiens. Menggunakan Slide Power point yang menarik, tersusun, rapi dan warna slide yang kontras atau cocok dengan tulisannya akan menarik perhatian mata audiens untuk langsung  membacanya. Dengan menggunakan slide yang unik hal tersebut dapat memberikan kesan yang menarik kepada audiens sehingga audiens lebih mudah mengingat isi dari slide tersebut dan dapat memahami apa yang dipresntasikan dengan mudah dan menyenangkan.

2. Eye Contact
Eye Contact adalah salah satu cara untuk mengambil relationship antara presentator dan audiens agar lebih lebih merasa jika kita sedang berbicara kepada mereka. Jika jika sedang face to face secara langsung, untuk melakukan eye contact sangatlah mudah yaitu dengan cara melihat mata dari audiens itu sendiri secara bergantian.
 
Namun pada saat online presentation, kita melakukan eye contact dengan cara melihat langsung ke lensa kamera web cam kita karena itu adalah pengganti mata audiens. Untuk kalian yang sudah biasa face to face dalam presentasi pasti pada awalnya  akan merasa agak aneh melihat web cam atau benda mati, namun sebenarnya dengan kita melihat langsung  web cam tersebut, audiens akan merasa jika kita melihat dan benar-benar berbicara kepada mereka.

3. Racing (kecepatan dalam berbicara)
(sumber gambar : www.ronapresentasi.com)

Ketika kita melakukan online presentation atau berbicara melalui media online, audio yang diterima oleh audiens akan berkurang kualitasnya sehingga kita memerlukan banyak usaha untuk mengerti  kata-kata tersebut, nah jadi pastikan kita untuk melakukan jeda yang tepat dalam menyampaikan presentasi, dalam artian kita memberikan audiens sedikit waktu agar mereka dapat mencerna kata-kata yang kita sampaikan sehingga audiens mendapatkan semua messagenya.

4. Menggunakan kata-kata yang mudah untuk dimengerti
Pada saat melakukan presentasi online, kita harus menghindari penggunaan kata-kata yang sulit dimengerti oleh audiens, dalam artian jika terdapat kata-kata yang sulit dimengerti oleh audiens, presentator harus bisa menyederhanakan kata-kata yang akan disampaikan kepada audiens agar audiens dapat memahami dengan baik apa yang disampaikan. Jadi, jikalau ada cara yang lebih mudah membuat audiens paham, so why not to do this?

5. Mute semua audiens pada saat presentasi berlangsung
(sumber gambar :  www.wired.com)


Mengapa kita harus mute semua audiens pada saat  presentasi online? Karena hal tersebut berbeda dengan presentasi face to face secara langsung, nah ketika kita melakukan presentasi online, sebelumnya kita menggunakan headset yang langsung menuju ke telinga kita jadi jika banyak suara dari audiens yang masuk akan menyebabkan konsentrasi kita pecah sehingga kita akan terganggu dan gagal fokus saat sedang melakukan presentasi.

6. Membuat sesi tanya jawab kepada audiens
Pada saat kita melakukan presentasi online, pasti ada banyak sekali pertanyaan yang menghampiri di dalam hati kita apakah audiens paham dengan apa yang kita presentasikan? Apakah audiens sama sekali tidak paham dengan yang kita presentasikan? Apakah ada sesuatu yang kurang atau tidak jelas pada saat kita menyampaikan presentasi?
(sumber gambar : medium.com)
Nahh..untuk mengetahui hal tersebut, kita harus membuat sesi tanya jawab agar memastikan bahwa apa yang kita presentasikan benar-benar jelas atau tidak, jikalau tidak jelas maka audiens dipersilahkan untuk menanyakan bagian yang tidak jelas tersebut dan kemudian presentator atau audiens yang lain menanggapi pertanyaannya guna memperjelas dan menghidupkan diskusi pada saat presentasi online semuanya aktif dan paham.

Nahh, itu adalah beberapa tips jitu yang bisa kita lakukan untuk membuat presentasi online kita menjadi lebih menarik dan ciamik. Jadi, silahkan teman-teman terapkan tips-tips tersebut agar presentasi yang teman-teman lakukan bisa sukses dan bermanfaat. (MEI)

Posting Komentar

0 Komentar