Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

TIPS PRODUKTIF DI RUMAH AJA SELAMA WABAH COVID-19

Sumber: arryrahmawan.net

Hallo sobat Ilook, Sudah berapa lama nih dirumah aja. Hampir tiga minggu lebih ya, kita semua dihimbau oleh Presiden Joko Widodo, untuk stay at home dalam rangka mencegah dan menekan  penyebaran wabah COVID-19.

Tiga Minggunya sudah dihabiskan buat apa nih? Selain belajar dan kuliah online tentunya sobat semua pasti punya kegiatan lain. Tapi kira-kira kegiatanya produktif gak ya? Atau sobat Cuma rebahan dikosan? 

Walaupun keadaan tidak mendukung untuk beraktivitas seperti biasanya tapi sobat semua harus pintar dalam mengelola waktu dan memanfaatkanya dengan sebaik mungkin. Lalu bagaimana ya caranya untuk memanfaatkan waktu libur ditengah pandemi corona ini secara efektif? Tenang sobat, kali ini kita akan berbagi tips produktif dirumah aja selama wabah covid-19 . Biar kita dan sobat semua menjadi mahasiswa yang tetap produktif memanfaatkan waktu luang selama libur ini. Yuk simak tips nya satu-persatu.

1. Memperbanyak Ibadah
Sumber: datariau.com

“Karena Wabah ini Aku jadi Lebih Banyak Ibadah”

Sejak wabah corona mulai masuk ke Indonesia dan menjangkiti ribuan orang dengan kasus positif pada tanggal 10 April sebanyak 3.512 kasus postif, 282 kasus sembuh dan 306 kasus kematian menjadikan kegiatan keagamaan seperti beribadah dilakukan di rumah untuk mencegah penyebaran virus covid-19. Sembari melakukan program social distancing yang dicanangkan pemerintah, yuk kita isi waktu dengan memperbanyak ibadah dan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa supaya dijauhkan dari wabah covid-19. Seperti dilansir dari Tirto.id https://tirto.id/cegah-corona-5-lembaga-agama-imbau-umat-beribadah-dari-rumah-eGeN

Beribadah menjadi kunci utama bagi kita agar dikuatkan menghadapi wabah ini. Selain merupakan anjuran dari pemerintah dan para pemuka agama, menghabiskan waktu dengan beribadah ditengah pandemi ini dapat memperkuat spiritualitas sehingga sobat semua dapat menghadapi wabah pandemi ini dengan tenang.

2.Belajar Masak dan Mencoba Resep-Resep Baru
Sumber: tribunnews.com

“Selesai pandemic Korona, siap jadi istri idaman”

Sebagai anak kosan yang lebih sering makan makanan instant daripada masak sendiri dengan alasan tidak punya waktu untuk masak. Nah mungkin libur pandemi covid-19 ini menjadi waktu spesial untuk kalian belajar masak . Barangkali sobat punya segudang buku resep yang belum sempat dipraktekan karena sibuknya aktivitas di kampus atau bekerja, atau sobat memang berencana ingin belajar memasak namun selalu tertunda karena berbagai kesibukan. 

Libur pandemi ini adalah waktu yang tepat bagi sobat semua untuk mewujudkan resep-resep masakan itu menjadi nyata. Selain mendapatkan ilmunya, memasak juga menjadi alternatif bagi kebanyakan orang untuk mengatasi kebosanan selama dirumah aja. Sembari menghemat pengeluaran lebih baik sobat memasak sendiri makanan. Selain dalam rangka belajar, sobat juga dapat mencoba kreasi resep-resep baru yang tentunya juga terjamin kesehatannya. Jangan lupa makan makanan yang bergizi ya

3.Membaca Buku
Sumber: pixabay.com

Menghabiskan waktu dengan membaca buku adalah kegiatan yang sangat bermanfaat untuk dilakukan. Selain merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh mahasiswa sebagai alternatif kuliah yang dilakukan secara daring sehingga ilmu yang didapat dirasa kurang, membaca buku juga merupakan kegiatan yang sangat produktif yang bisa sobat lakukan. 

Eits sobat jangan salah paham dulu ya, buku yang dimaksud disini bisa berbagai jenis genre. Tidak hanya buku pelajaran atau buku referensi yang berkaitan dengan mata kuliah. Sobat dapat membaca buku yang sobat sukai, bisa buku novel, buku inspirasi, buku motivasi , dan berbagai jenis buku lainya, “ Mau baca tapi bukunya dapat darimana ?" 

Tenang sobat, Kalian bisa membaca buku dari media apa saja. Terkhususnya dari media elektonik. Dewasa ini sobat bisa membaca buku jenis e-book sehingga sobat dapat dengan mudah mengakses buku yang ingin dibaca. Namun jika sobat ingin menambah koleksi buku, kalian dapat membelinya di toko buku terdekat atau membaca di perpustakaan. Tapi mending dirumah aja ya baca bukunya.

“ Aku udah beli 3 buku inspirasi, dan satu buku novel buat dibaca selama libur pandemi ini”

4.Mengikuti lomba Online
Sumber: allthingsweb.co.uk

Jika sobat rajin pantengin sosial media buat cari-cari info lomba itu tandanya sobat adalah mahasiswa produktif plus berprestasi. Yups , tips yang satu ini punya banyak manfaat baik dari segi akademis maupun ekonomis. Saat ini banyak komunitas, instansi, maupun lembaga-lembaga dari berbagai bidang mengadakan kegiatan lomba yang dilakukan berbasis online. Mulai dari lomba menulis,design, editing, bahkan lomba game online dan berbagai bentuk lomba lainya. Biasanya lomba ini diadakan dengan mengangkat tema mengenai wabah covid-19 ini. Wah ini merupakan kesempatan emas bagi sobat yang berminat mengikuti lomba-lomba tersebut. Pastikan kalian mendapat informasi dari berbagai sosial media maupun platform yang memberikan informasi mengenai lomba tersebut. Jangan sampai ketinggalan ya sobat, Lumayan loh hadiahnya.

5.Mengikuti Acara Seminar dan Pelatihan Online
Sumber: Meeting photo created by pressfoto - www.freepik.com

Sejak ditetapkanya status darurat kesehatan masyarakat oleh pemerintah.Banyak kegiatan yang ditunda bahkan dibatalkan penyelenggaraanya. Hal tersebut mendorong pihak yang mengadakan kegiatan untuk mengalihkanya dengan cara online. Jadi sobat semua masih dapat mengikuti kegiatan-kegiatan tersebut secara online. Dan tentunya sobat masih bisa tetap produktif dirumah.

6.Mencoba Hal-Hal Baru
Sumber: kwikku.com

“ Daripada ngosong sama mikirin tugas terus, mending merefresh otak dengan belajar design, siapa tahu nanti bisa jadi designer ”

Siapa yang sampai hari ini masih banyak tugas? pasti sobat semua tunjuk tangan paling tinggi. Memang dalam kondisi yang serba susah saat ini kita diminta untuk bijak dalam menghadapinya. Sobat tidak perlu mengeluh terlalu banyak. Jika mengalami titik kejenuhan, sobat bisa mencoba hal-hal baru yang dapat membantu sobat sedikit melupakan tentang tugas yang menumpuk. Sobat bisa belajar banyak hal yang belum pernah dicoba sebelumnya. Misalnya belajar editing video, menulis naskah siapa tahu bisa dikirim ke media, belajar design gambar dengan aplikasi-apikasi editing, dan banyak hal yang bisa sobat semua pelajari.

7.Trying To Be a Life Saver 
Sumber: liputan6.com

Walaupun kita semua diminta untuk berdiam diri di rumah guna mengantisipasi penyebaran wabah covid-19 namun sobat bisa jadi pahlawan dengan melakukan hal-hal kecil yang dapat membantu mencegah penyebaran virus ini. Sobat bisa memulai dengan menjadi volunteer dengan membantu mengedukasi masyarakat dan orang terdekat mengenai virus covid-19. Atau sobat mau melakukan galang dana untuk disalurkan guna kepentingan kesehatan atau berinovasi dengan membuat APD dan peralatan lain untuk kepentingan tenaga medis seperti yang dilakukan oleh Mahasiswa-mahasiwa di berbagai universitas di Indonesia. Apapun itu, pasti sobat semua punya sesuatu untuk dilakukan. (ALA)

Posting Komentar

0 Komentar