Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

HOLIDAY IS OVER, LET'S BACK TO CAMPUS


Hai sobat Ilook! Lagi pada sibuk apa nih? Sibuk persiapan untuk balik lagi ke kampus ya? Ciye, yang udah masuk ke semester genap. Sudah siap belum dengan petualangan baru di semester genap mu? Pastinya dong, karena mahasiswa/i UNIB enggak mau melewatkan moment-moment terbaik di dunia perkuliahan. Oh iya, kali ini Ilook bakalan kasih beberapa saran untuk kalian semua tentang bagaimana menyambut semester baru, serta supaya kalian semakin bersemangat dan tidak menyesali aktivitas liburan yang sudah usai kemarin.

Sebagian dari mahasiswa/i akan menyambut semester baru ini dengan suka cita. Mereka akan lebih bersemangat untuk mengarungi tahap selanjutnya sebelum meraih gelar dan toga sebagai fiksasi sebagai sarjana. Eits! Bener nih hanya sebagian aja? hmm, harapannya sih semua mahasiswa bakal begitu. Tapi ternyata, masih ada lho yang belum melek dan belum bisa merelakan liburannya kemarin. Tadinya masih enak-enakan rebahan di kasur, masih traveling, masih ikutan project suka-suka sama temen, ehh sekarang malah harus kuliah lagi, jadwal masuk pagi pula. (ini nih, yang bikin pagi-pagi udah emosian. Soalnya kedapetan jadwal pagi sama dosen killer pula-waduh)

But, don’t worry! Ilook bakalan bikin kalian move on dari liburan kemarin dan menyambut petualangan baru di semester genap ini. Sekaligus, bikin perubahan untuk kegiatan kampusmu supaya jadi lebih baik yuk!


1. Persiapan Kuliah
Kalau ngomongin masalah persiapan, pasti yang dibayangkan bakalan ribet banget. Bagaimana dirimu mempersiapkan hal-hal yang dianggap perlu untuk kebutuhan perkuliahan. Bisa jadi persiapan alat tulis untuk kuliah, bahan untuk praktikum, materi-materi dari senior, atau bahkan persiapan mental. Persiapan mental sih yang paling penting, supaya nanti enggak gelagapan untuk menerima kenyataan kalau kalian sudah berada di semester atas, hehe.

Sebagian mahasiswa/i enggak akan sedetail itu kalau harus persiapin segala sesuatu hal, terkhusus untuk mas-mas nih, biasanya enggak terlalu mikirin persiapan kuliah, bawa buku 1, pena 1, sama pakai waist bag doang.

“jangan lupa, rokok sebatang dua batang, korek, handphone jangan ketinggalan”
“ohh jurusan apa bang?”
“jurusan tata boga, prodi BNN (bagian nyicip-nyicip)” – kuliah di kantin ini mah, mata kuliah mabar

Perlu digaris bawahi nih, yang namanya persiapan enggak semuanya harus baru. Biarpun memang memasuki semester baru, kalian enggak harus ribet beli ini itu buat kebutuhan kalian, cukup pakai yang ada, yang masih bagus, atau yang masih tahan. Jangan paksakan persiapan didominasi dengan segala hal yang baru.

“mentang-mentang semester baru, pacar juga baru”
“hehe, persiapan yudisium” kalo ini mimin enggak ikutan


2. Rencana dan Realisasi
Ngomongin realisasi, pasti kalian pada punya resolusi di tahun 2020 ini. Biasanya, punya resolusi buat perkuliahan kan? Rencana di tahun ini, harapannya bisa terealisasikan ya, ataupun rencana di tahun 2019 kemarin yang belum tercapai semoga bisa tercapai tahun ini juga. Semester baru ini menjadi bentuk naiknya tingkatan/level belajarmu di kampus. Tadinya dari semester 1 sekarang naik jadi 2 begitupun seterusnya.

Semakin tinggi tingkatan, mata kuliah yang didapat akan lebih banyak dari sebelumnya, sekaligus lebih ribet lagi. Tapi jangan khawatir, karena itu bukan hal yang harus ditakuti, semakin ribetnya mata kuliah akan semakin rajin juga kita mengasah otak untuk menyelesaikan setiap mata kuliah yang diajarkan. (mata kuliahnya ribet, dosennya lebih ribet—MANTAP GAN!)

Rencana semester ini, harus bisa lebih baik lagi dari kemarin. Nilai yang tadinya anjlok harus berubah jadi lebih bagus di portal. Nilai yang anjlok itu jangan dipikirin terus deh, tapi diperbaiki dengan cara belajar atau kedispilinan kalian di dunia perkuliahan ini. Enggak harus belajar setiap saat sih, cukup giat, usaha, fokus, dan doa mudah-mudahan semua bisa teratasi.

“titip absen ya, lagi ga mood nih”
“berubah dong lur, lu mau jadi apa kalau kuliah cuma titip absen doang?”
“gue mau jadi orang baik lur, jadi orang kaya, mati masuk surga”
“gue bantu doain dah yak, semoga elu selamat dunia dan akhirat, BYE!”

Buat perubahan di kegiatan kampusmu, kalau kemarin rasanya kurang chaos, kali ini harus bikin hari-hari perkuliahanmu jadi lebih menarik. Tadinya belum bisa ikut organisasi, coba deh kali ini kalian menantang diri untuk bergabung dengan orang-orang baru, salah satu cara untuk menemukan banyak relasi ya gabung di suatu organisasi.

Kalau lagi bosen sama temen sejurusan, kalian masih bisa pergi ke temen jurusan lain sebagai tempat mengadu EAAK! Awalnya emang agak canggung, itu wajar karena enggak semua orang langsung deket apalagi bisa ketawa haha-hihi sama orang yang baru kenal. Setidaknya, hari-hari di kampus enggak monoton seperti tahun lalu.

“mau kemana lu?”
“mabar”
“kantin yuk!”
“gak ah, bosen gue ketemu ama elu. Gue mau ke PKM”
“ce-elah, baru sehari gabung di BEM. Gegayaan bangett luuurr”


3. Semester Baru Bagi Maba
Maba : Mahasiswa Bangkotan. Jika kalian berada di fase ini, tenang jangan terlalu pesimis. Jadikan semester baru ini, sebagai tantangan untukmu melewati setiap tahapannya. Kalau belum punya judul penelitian, coba deh mulai sekarang biasakan untuk kenali masalah, atau lirik perkembangan di sekitar, kalau belum nemu juga ajak dosen untuk konsultasi mudah-mudahan ketemu jalan keluarnya.

Jika kalian sudah di tahap pertengahan, alias tinggal selangkah menuju gelar terus semangat ya! Fokus dan terus berjuang demi kebanggan orang-orang yang kita sayangi. Biasanya sih, di tahap seperti ini banyak yang kalang kabut, mikirin jadwal, mikirin data, mikirin penguji, mikirin duit untuk ini-itu, pokoknya semuanya dipikirin. Tapi intinya, semua dijalani dengan ikhlas semoga kalian diberikan kemudahan untuk setiap proses yang dilalui.

“udah nemu judul lur?”
“belum”
“ya gimana mau nemu, orang lu cuma duduk diem disini sambil stalking IG mantan”—yang masih sering begini, move on yak


4. Kita mulai dari 0
Memang pertamina doang yang bisa mulai dari 0? Kita juga bisa! Maksudnya disini, hentikan semua kebiasaan lama mu yang memang hanya membuang waktu sia-sia dan yang dianggap tidak menguntungkan dirimu. Kali ini coba ubah pola pikirmu, tunjukkan bahwa kamu benar-benar layaknya orang dewasa yang lebih mementingkan urusan masa depanmu.

Mulai sekarang, lakukan hal yang kamu inginkan tanpa harus dengar omongan orang lain. Jangan batasi dirimu dengan segala keahlian dan keterampilan yang kamu punya, hanya dengan orang-orang yang sering men- judge dari sisi luar. Tunjukkan pada mereka, jika kamu bukan sosok di masa lalu, tapi kamu adalah orang yang siap berpetualang untuk di masa depan.

Kalian bisa cari banyak pengalaman, mulai dari bertemu relasi baru, sharing dengan senior, belajar bersama teman, atau mengikuti berbagai kegiatan yang bermanfaat, karena dunia perkuliahan tidak sebatas hanya duduk di kelas, dengarkan kemudian kembali pulang. Gunakan waktu yang kamu miliki untuk menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain.

“lur, gue pengen berubah nih. Gue pengen berhenti ngopi, gue pengen berhenti ngerokok, gue pengen berhenti begadang, gue pengen ikutan UKM *****”
“kesambet apaan lu! Lu kemasukan Jin Tomang nih kayaknya, perlu di rukiyah lu”
“tuh kan, temennya mau berbuat baik dan berubah malah dikata-katain”—temen yang baik, adalah temen yang mendukung temennya untuk jadi lebih baik (azik)


Nah, itu tadi beberapa wejangan untuk kalian semua yang bakalan kembali ke kampus. Tetap semangat ya, karena akan ada hal baik untuk orang-orang terbaik seperti kalian. (Akf)

Posting Komentar

0 Komentar