Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

Melalui PHP2D HIMAMIA FKIP UNIB Olah Pelepah Sawit Jadi Pupuk

 HIMAMIA FKIP UNIB Olah Pelepah Sawit menjadi Pupuk Organik Bersama Masyarakat Desa Arga Indah II melalui Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) 2020

            Halo sahabat Ilook.unib, gimana nih kabar kalian selama masih berlangsungnya masa bertapa dirumah alias pandemi? Semoga selalu sehat ya, agar nanti setelah pandemi selesai kita punya energi dan semangat baru untuk beraktivitas normal kembali. Ilook website juga masih semangat lho menyuguhkan artikel baru untuk kalian semua, jadi pantengin terus ya.

Ngomong-ngomong sobat ilook.unib sudah tau belum apa sih PHP2D itu??? pasti sudah ya sobat hehehe. Jadi PHP2D (Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa) merupakan suatu program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk Mahasiswa melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Himpunan Mahasiswa dan atau Badan Eksekutif Mahasiswa untuk menumbuhkan rasa peduli Mahasiswa dan berkontribusi kepada masyarakat desa agar terbangun desa binaan yang aktif, mandiri, berwirausaha, dan sejahtera. Nah tahun sebelumnya Kegiatan PHP2D ini disebut dengan PHBD (Program Hibah Bina Desa) Namanya aja yang berubah ya sobat ilook.unib, untuk kegiatannya sama kok hehehe.

Tahun ini dimasa Covid-19 ada 2 proposal dari Universitas Bengkulu yang berhasil didanai oleh Kemendikbud. Salah satu proposalnya berasal dari Himpunan Mahasiswa Pendidikan Kimia yang biasa kita kenal HIMAMIA. Nah pada proposalnya HIMAMIA mengangkat topik tentang pengentasan kemiskinan dimana objek kegiatannya adalah Desa Arga Indah II, Bengkulu Tengah. Proposal yang berhasil diupload oleh HIMAMIA berjudul POPS (Pupuk Organik Pelepah Sawit) Sebagai Upaya Pemberdayaan dan Peningkatan Ekonomi Masyarakat Desa Arga Indah II Kabupaten Bengkulu Tengah.

Sebelum kita bahas kegiatan yang dilakukan HIMAMIA lebih lanjut, kita kenalan dulu dengan para anggotanya ya, tak kenal maka ta’aruf. PHP2D ini memiliki 1 orang ketua tim dan 9 anggotanya serta didampingi oleh 1 orang dosen pembimbing. PHP2D HIMAMIA ini diketuai oleh Mbak Dwiani Ratna Sari dengan Anggotanya Mbak Nurmiana Suswanti, Mbak Intan Dwi Lestari, Mbak Sri Meliana Riduan, Mbak Uli Rosidah, Mbak Nuryulita Safnari, Mbak Ersa Agusti Nengsih, Kak Rio Sunardi, Kak Ahmad Mukhlasul Amri dan Kak January Prayogi serta didampingi oleh Dosen Pembimbing yang sangat hebat Ibu Nurhamidah, M.Si. Sudah pada kenal semua dengan para pengiatnya ya sobat ilook.unib. Yuk kita lanjut ke kegiatannya.

Gambar 1. Tim PHP2D Himamia

Kira-kira apasih yang melatarbelakangi HIMAMIA mengambil judul tersebut? Penasaran nggak sobat ilook.unib ? Nah ternyata ide awal HIMAMIA melakukan pengolahan POPS ini merujuk dari Indonesia yang merupakan Negara dengan penghasilan kelapa sawit terbesar di dunia dengan produksinya mencapai 48,68 juta ton pada tahun 2018. Hal ini juga menunjukkan kelapa sawit komoditas andalan di berbagai provinsi di Indonesia. Salah satunya adalah Provinsi Bengkulu. Menurut Direktorat Jenderal Perkebunan tahun 2020, Bengkulu memiliki luas area perkebunan kelapa sawit 319.027 Ha. Kabupaten Bengkulu Tengah merupakan salah satu daerah penghasil kelapa sawit terbesar keempat di Provinsi Bengkulu. Salah satu desa dengan luas perkebunan kelapa cukup luas, yaitu desa Arga Indah II, Kecamatan Merigi Sakti, dengan luas area perkebunan kelapa sawit sebesar 300 Ha. Lahan perkebunan kelapa sawit  di Desa Arga Indah  ini sangat dekat dengan pemukiman penduduk. Bahkan banyak perkebunan yang letaknya di samping rumah warga

Gambar 2. Kondisi Perkebunan Sawit warga Desa Arga Indah II

Ternyata HIMAMIA ini tidak hanya melihat berdasarkan data dari Direktorat Perkebunan tahun 2020, HIMAMIA juga melakukan survei dengan pemerintah desa setempat. Desa Arga Indah II sebagian masyarakatnya memilki mata pencarian sebagai buruh tani. Dimana data yang diperoleh, yaitu butuh tani 70%, buruh bangunan 10%, pedagang 10% dan PNS 10%. Pendapatan rata-rata masyarakat Desa Arga Indah II adalah Rp 1.500.000-2.000.000. Dalam pertanian kelapa sawit tentunya dibutuhkan pupuk guna menghasilkan hasil panen maksimal. Dimana selain memenuhi kebutuhan sehari-hari pada petani juga harus memenuhi kebutuhan perawatan tanaman di perkebunannya. Dengan demikian kegiatan ini memiliki dua tujuan yaitu untuk mengetahui tingkat pengetahuan dan keterampilan masyarakat Desa Arga Indah II dalam pengolahan limbah pelepah sawit menjadi pupuk organic dan mengetahui peningkatan ekonomi yang terjadi di Desa Arga Indah II setelah pelaksanaan Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa.

 Setelah melakukan suvei lapangan barulah tim HIMAMIA melakukan penyusunan proposal yang kemudian akan diupload pada laman yang tersedia yaitu php2d.kemdikbud.go.id.  Selanjutnya semua proposal akan dinilai melalui dua tahapan seleksi yaitu seleksi administrasi dan seleksi substansi. Apabila proposal dinyatakan lolos dari dua tahap tersebut, maka akan didanai oleh kementerian. Dana maksimal yang akan diterima setiap proposal yaitu sebesar 40 juta rupiah. Kemudian kelompok mahasiswa akan melaksanakan program yang telah dirancang. Saat pelaksanaan program akan dilakukan visitasi dan evaluasi rutin dan tahap akhirnya nanti setiap kelompok wajib melakukan pelaporan hasil kegiatan.

Gambar 3.  Diskusi bersama  warga Desa Arga Indah II

Alhamdulillah kegiatan yang diusulkan oleh HIMAMIA mendapat hibah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendekbud) RI sebesar Rp 25 juta. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan selama 4 bulan dimulai dari bulan Agustus hingga November 2020. Mau tau ngak apa aja yang sudah Tim PHP2D HIMAMIA lakukan sobat ? Kegiatan ini dibagi menjadi empat tahapan yaitu tahan awal, proses, akhir dan pasca program. Pada Tahapan awal dimulai dari rapat tim secara online dan pembagian tugas masing-masing anggota dengan jelas serta konfirmasi kegiatan selanjutnya kepada pihak desa. Selain itu, pada tahap ini tim pelaksana melakukan pembuatan pupuk organik pelepah sawit dalam skala kecil sebagai pendukung proses pemasaran. Berikut ini adalah dokumentasi kegiatannya sobat.

Gambar 4. Diskusi tim dan uji coba skala kecil pembuatan POPS

Kemudian kegiatan selanjutnya adalah tahap prosess, banyak sekali kegiatan yang dilakukan di tahap proses ini sobat, bahkan waktunya juga terbilang tidak singkat hehehe. Tahap Proses ini dimulai dengan pengadaan sosialisasi kepada masyarakat di desa Arga Indah II mengenai tujuan tim pelaksana PHP2D terkait program yang akan dijalankan. Kegiatan sosialisasi ini dilakukan pada minggu ketiga di bulan Agustus. Pada tahap ini, masyarakat dari memahami alur kegiatan yang akan dilaksanakan dan keuntungan yang akan diperoleh. Kegiatan ini diikuti dengan antusias warga Desa Arga Indah II, hal ini terlihat dari peserta yang aktif bertanya, berdiskusi dan memberikan saran kepada tim pelaksana.

Gambar 5. Kegiatan sosialisasi Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa

Tahap selanjutnya yaitu pembuatan. Pada tahap ini, tim pelaksana bersama masyarakat Desa Arga Indah II mulai melakukan proses pembuatan, dimulai dari pengumpulan limbah pelepah sawit, pencacahan, proses pengadukan dan dekomposisi, serta pengaplikasian. Pada tahap pembuatan ini dilaksanakan pada akhir Agustus hingga awal Oktober.


Gambar 6. Proses pembuatan Pupuk Organik Pelepah Sawit

Tahap selanjutnya yaitu pengemasan. Tahap ini merupakan bagian penting dalam kesuksesan pemasaran, dimana hal ini untuk menarik minat pembeli sehingga diharapkan produk ini dapat mudah dikenal oleh masyarakat. Tahap ini dilakukan pada awal Oktober saat pupuk organik telah siap untuk diaplikasikan.

Gambar 7. Tahap Pengemasan

Ternyata kegiatan yang dilakukan mulai dari akhir agustus ini tidak terasa sebentar lagi berakhir sobat. Setelah pupuk berhasil panen dan telah dikakukan proses pengemasan, selanjutnya pupuk-pupuk ini dilakukan pemasaran. Pemasaran dilakukan dengan mitra kerja yang telah menjalin kerja sama dengan tim pelaksana serta warga setempat. Gimana sobat keren ngak pelepah sawit bisa diubah jadi pupuk organik? Sobat ilook.unib tertarik ngak untuk cobain pupuk kita ??? Untuk Pemesanan sobat bisa pesan melalui Instagram kita @pops_php2d atau ke nomor 085363601025. Jangan lupa dipesan ya sobat hehehe.

Gambar 8. Pemasaran

Dengan adanya kegiatan yang dilakukan HIMAMIA FKIP UNIB ini diharapkan dapat mengedukasi masyarakat dalam pemanfaatan limbah pelepah sawit dan terciptanya lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat serta kegiatan PHP2D ini menjadi salah satu wadah bagi masyarakat untuk mengambangkan kreativitas berwirausaha, membantu memperbaiki kesejahteraan warga desa Arga Indah II, Kecamatan Merigi Sakti, Kabupaten Bengkulu tengah, mendorong masyarakat desa Arga Indah II untuk berpikir kreatif dan inovatif dalam memanfaatkan lingkungan sekitar. Dan bagi mahasiswa menjadi sebuah kebahagian dan pengalaman karena dapat membagikan ilmunya dengan masyarakat. Tak Lupa pula kami ucapkan terima kasih kepada dosen pendamping Dr. Nurhamidah, M.Si , kepala desa Arga Indah II, Firdaus, S.E, dan seluruh masysrakat Arga Indah II yang ikut membantu dalam kegiatan POPS ini. Sekian dulu cerita kegiatan kita ya sobat ilook.unib semoga menginspirasi, selamat beraktivitas dan selamat sore.

Posting Komentar

0 Komentar